Permisi, mau buka trit baru, semoga gak salah tempat...
setelah sekian lama sempat rehat akhirnya belakangan saya kembali menerbangkan pesawat engine..setelah beberapa kali sempat terbang munculah masalah yang menggelitik yang dulunya tidak saya alami sebelum rehat, yaitu keawetan glow plug menjadi sangat singkat, mungkin hanya mengabiskan 2 tangki (@200cc) egine ASP.021 dengan fuel nitro 5%..dulunya bahkan hanya memakai oplosan busi awet.. jadi pertanyaannya adala:
1. Apakah ada pengaruhnya penggantian bbm dari oplosan ke nitro?atau sebaliknya dari nitro ke oplosan pada keawetan busi?
2. menurut mengalaman para suhu ganti busi itu umur berapa?
3. mohon info, kalau busi asli keluaran produs OS setahu saya selain tertulis nomer busi tertulis juga merek OS di badan busi, namun ketika saya belanja di sebuah hobby shop secara online kemasannya OS, tapi pada badan busi hanya tertulis nomernya, sedangkan mereknya tidak apakah ini palsu apa saya yang sudah ketinggalan jaman?
demikian pertanyaan saya...mohon info dari para suhu...
pengelaman keawetan glow plug
Moderator: sudjai sarmo
- iwanfitrawan
- Airman First Class
- Posts: 54
- Joined: 15 Jun 2010, 09:08
- antokrose
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 15 Jun 2011, 14:18
- Location: candi - sidoarjo
Re: pengelaman keawetan glow plug
ikut menyimak om, engine saya juga boros businya
- sutavijaya
- Technical Sergeant
- Posts: 385
- Joined: 28 Jul 2012, 21:34
- Location: Subang - Cirebon, Jawa Barat
Re: pengelaman keawetan glow plug
ikut duduk rapi nunggu pencerahan para suhu
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: pengelaman keawetan glow plug
ikutan menyimak tapi juga sedikit pandangan tapi sebelumnya mohon maaf apabila tidak tepat apalagi salah ... :
1. keawetan suatu busi menurut saya lebih banyak terkait pada setting engine dibandingkan akibat gonta ganti fuel tapi bukan berarti gonta ganti fuel tidak mempengaruhi keawetan busi;
2. usia busi sampai saat ini sangat relatif tapi ada juga yang berpatokan dengan jumlah penerbangan yang dianggap sesudah itu bukannya busi rusak tapi unjuk kerjanya sudah menurun seperti halnya seperti yg ditulis dalam manual mobil yg direkomendasikan setiap sekian ribu km;
3. umumnya merk produsen busi tertulis pada keramik busi tapi kalau cuman jenis dan box nya aja tidak tertutup kemungkinan dalam rangka menekan biaya produksi ... ini kalau berfikir positif loh ya, gampang nya sandingkan saja tuh busi antara yg ada tulisan merk dgn yg tidak ada tulisan merk nya entar bisa keliatan kok yg udah2 seperti di busi kendaraan bermotor asli atay enggaknya
salam
1. keawetan suatu busi menurut saya lebih banyak terkait pada setting engine dibandingkan akibat gonta ganti fuel tapi bukan berarti gonta ganti fuel tidak mempengaruhi keawetan busi;
2. usia busi sampai saat ini sangat relatif tapi ada juga yang berpatokan dengan jumlah penerbangan yang dianggap sesudah itu bukannya busi rusak tapi unjuk kerjanya sudah menurun seperti halnya seperti yg ditulis dalam manual mobil yg direkomendasikan setiap sekian ribu km;
3. umumnya merk produsen busi tertulis pada keramik busi tapi kalau cuman jenis dan box nya aja tidak tertutup kemungkinan dalam rangka menekan biaya produksi ... ini kalau berfikir positif loh ya, gampang nya sandingkan saja tuh busi antara yg ada tulisan merk dgn yg tidak ada tulisan merk nya entar bisa keliatan kok yg udah2 seperti di busi kendaraan bermotor asli atay enggaknya
salam