pengelaman keawetan glow plug

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
iwanfitrawan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 54
Joined: 15 Jun 2010, 09:08

pengelaman keawetan glow plug

Post by iwanfitrawan »

Permisi, mau buka trit baru, semoga gak salah tempat...
setelah sekian lama sempat rehat akhirnya belakangan saya kembali menerbangkan pesawat engine..setelah beberapa kali sempat terbang munculah masalah yang menggelitik yang dulunya tidak saya alami sebelum rehat, yaitu keawetan glow plug menjadi sangat singkat, mungkin hanya mengabiskan 2 tangki (@200cc) egine ASP.021 dengan fuel nitro 5%..dulunya bahkan hanya memakai oplosan busi awet.. jadi pertanyaannya adala:

1. Apakah ada pengaruhnya penggantian bbm dari oplosan ke nitro?atau sebaliknya dari nitro ke oplosan pada keawetan busi?
2. menurut mengalaman para suhu ganti busi itu umur berapa?
3. mohon info, kalau busi asli keluaran produs OS setahu saya selain tertulis nomer busi tertulis juga merek OS di badan busi, namun ketika saya belanja di sebuah hobby shop secara online kemasannya OS, tapi pada badan busi hanya tertulis nomernya, sedangkan mereknya tidak apakah ini palsu apa saya yang sudah ketinggalan jaman?

demikian pertanyaan saya...mohon info dari para suhu...
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: pengelaman keawetan glow plug

Post by antokrose »

ikut menyimak om, engine saya juga boros businya
User avatar
sutavijaya
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 385
Joined: 28 Jul 2012, 21:34
Location: Subang - Cirebon, Jawa Barat

Re: pengelaman keawetan glow plug

Post by sutavijaya »

ikut duduk rapi nunggu pencerahan para suhu
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: pengelaman keawetan glow plug

Post by toto »

ikutan menyimak tapi juga sedikit pandangan tapi sebelumnya mohon maaf apabila tidak tepat apalagi salah ... :

1. keawetan suatu busi menurut saya lebih banyak terkait pada setting engine dibandingkan akibat gonta ganti fuel tapi bukan berarti gonta ganti fuel tidak mempengaruhi keawetan busi;

2. usia busi sampai saat ini sangat relatif tapi ada juga yang berpatokan dengan jumlah penerbangan yang dianggap sesudah itu bukannya busi rusak tapi unjuk kerjanya sudah menurun seperti halnya seperti yg ditulis dalam manual mobil yg direkomendasikan setiap sekian ribu km;

3. umumnya merk produsen busi tertulis pada keramik busi tapi kalau cuman jenis dan box nya aja tidak tertutup kemungkinan dalam rangka menekan biaya produksi ... ini kalau berfikir positif loh ya, gampang nya sandingkan saja tuh busi antara yg ada tulisan merk dgn yg tidak ada tulisan merk nya entar bisa keliatan kok yg udah2 seperti di busi kendaraan bermotor asli atay enggaknya



salam
Post Reply