Nemenin KAI-T50 om Julescrafter, EDF-64 Bekasi-21

Electric Speed turn you on ??

Moderators: hery_s, joko

User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Nemenin KAI-T50 om Julescrafter, EDF-64 Bekasi-21

Post by wisnumurti »

iwan21 wrote:
wisnumurti wrote:http://i1255.photobucket.com/albums/hh624/ojiewan/Mobile%20Uploads/Picture117Small_zps44eb636d.jpg

Om untuk cerobongnya diameter outputnya pathokannya berapa persen ya dari diameter edfnya?


kita pake patokan FSA dulu om, FSA = Forward Surface Area atau kadang Front Surface Area atau kadang juga Fan Surface Area ( tau lah ygmana aja, yg penting maksudnya luas permukaan didepan Fan )

FSA = A keseluruhan permukaan depan - A permukaan impeller hub/spinner

nah utk output bagusnya katanya di 85 % FSA


Kalo saya pake cara gampang aja, langsung pake diameter aja, ngitungya sbb :

diameter Fan depan = diameter casing edf - diameter impeller hub/spinner

diameter output = 85% diameter fan depan
Untuk panjangnya bisa antara 1 sampe 4 x diameter EDF, tapi makin panjang tentu loss di thrust makin banyak ( cuman jangan kuatir, EDF gak melulu berarti harus thrust gede kok, yg dipake justru speed yg dihasilkan dari 85% FSA tsb diatas)

sederhananya gini
100 % FSA, thrust gede tapi speed kecil
85% FSA thrust turun tapi speed bertambah
contohnya selang air, kalo selang terbuka aja flow air gede tapi tekanan kecil ( FSA selang 100%)
nah coba ujung selang kita pencet dikit, maka tekanan air akan naik dan air akan muncrat lebih jauh walau volumenya jadi turun ( FSA selang < 100%)

Wah iya analoginya bikin mudeng jelas..thank pak roji..segera dipraktekan di sabre pake edf 64 motor inrunner battery 3s tapi kok loyooo...coba dulu diakalin tambah cerobong..
Post Reply