saya tahu dari pak Hadi ada korelasi antara berat , wing loading ke jenis/karakter pesawat menjadi glider , trainer, sport, atau aerobatik,... kemudian airfoil ke daya angkat yg telah dibahas di forum ini.
Nah pertanyaannya korelasi dehidral kemana.......
Iwan21 wrote :
Dihedral (not dehidral mas ya...), korelasinya ke stabilisasi lateral (Roll), jadinya intinya adalah untuk stabilisasi, gitu loh....
Rizal wrote :
Lagi....lagi......lagi......
Suhu Darwin :
Secara sederhana :
Dihedral adalah sudut yang dibentuk oleh wing dgn bidang horizontal ( lateral ) bila pesawat dilihat dari depan

Fungsinya : bila pesawat miring sedikit krn gangguan ; otomatis mekanisme sayap dihedral akan mengembalikan pesawat pada kondisi level .
Coba test pake WD . Pada kondisi pesawat level , mainkan / goyang stik rudder sedikit ( kemudian dkembalikan pada posisi netral ) . Pesawat akan miring sesaat , kemudian akan kembali level lagi .
Itu sebabnya pesawat trainer banyak memakai sayap dihedral krn efek stabilisasi nya .