Page 2 of 4
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 20 Dec 2011, 20:54
by alibaba17
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 07:28
by barubisaterbang
om,...saya copy pesawatnya boleh?...
Rencana mau pakai motor 5gr saja,..biar lebih mikro,..
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 08:15
by itwilly
andriansah wrote:permisi numpang preview karya kecil (dalam arti yang sesungguhnya

),
pesawat mikro dengan spesifikasi :
Material: balsa dan polyfoam
Wingspan: 60cm
Weight: ~150gr (ditimbang dengan timbangan kue yang tidak presisi

)
Motor: Micro 9gr Brushless 2290rpm/v
Servo: 2x HK micro 3.5gr & 1x skyartech (bekas pesawat cessna skyartech)
Batre: lipo 2 cell 450mAh
Kontrol: 4ch -> throttle, 2x aileron & elevator
lama terbang lumayan sekitar 16menit
beberapa foto dalam keadaan siap diterbangkan:


o iya mau tanya sekalian biasanya seperti apa teknik mewarnai di atas polyfoam?
trims.
motornya lurus aja atau up right thrust ?
tks.
welly - purwakarta
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 08:51
by asoenhauw
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 09:27
by NF
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 09:38
by ombhie
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 10:07
by purwanu
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 10:34
by andriansah
@barubisaterbang: silakan om dengan senang hati
@itwilly: motor/arah thrustnya lurus sejajar dengan sayap dan elevator
@purwanu:

mikro -> kecil, 3D -> saya rasa ini istilah lain untuk pesawat aerobatik atau mungkin om purwanu ada saran ?
Thank's all ...
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 14:25
by itwilly
Re: mikro 3d pertama dengan foamy+balsa
Posted: 21 Dec 2011, 14:56
by andriansah

ini memang posisi favorit saya dengan menempatkan motor di atas karena berbagai pertimbangan, menurut pengalaman dan pengamatan saya selama ini:
1. aman bagi propeller dan motor (dan motor shaft)
2. bila motor diletakan didepan (nose) ada kemungkinan aliran thrustnya terhambat oleh body yang tidak aerodinamis atau komponen lain yang diletakan diluar body, sebaliknya bila di letakan di atas sayap thrust mengalir ke belakang mulus tanpa hambatan
3. ada gaya semacam thrust vectoring (walaupun porsinya tidak sebesar thrust vectoring betulan

), bila propeller ditempatkan tidak jauh didepan rudder dan elevator thrust akan arahkan sesuai posisi rudder dan elevator, keuntungannya adalah pada kecepatan rendah pun pesawat masih bisa berbelok atau naik-turun dengan sempurna
(correct me if i'm wrong!)
mohon maaf bila analisa saya menyalahi
