WTA: Penjabaran rumus LIFT
Moderator: NGL
- dulbehek
- Second Lieutenant
- Posts: 1050
- Joined: 17 Nov 2009, 08:49
- Location: banyuwangi - jember
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
sek bentar tak carikno buku sakti 4 sks mekflu he he he he;.
yang jelas p itu bacanya rho alias masa jenis v= kecepatan aliran lain nya menyusul
btw kok ga ada bilangan sakti mbah rynould nya yah
yang jelas p itu bacanya rho alias masa jenis v= kecepatan aliran lain nya menyusul
btw kok ga ada bilangan sakti mbah rynould nya yah
-
- GUEST
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
kurang faham kalau d mbah google...
kalau disini kan....
1. sekalian belajar
2. sekalian baca trit
3. sekalian quote trit
4. sekalian dapet ilmu mabur...


kalau disini kan....
1. sekalian belajar
2. sekalian baca trit
3. sekalian quote trit
4. sekalian dapet ilmu mabur...


-
- GUEST
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
dulbehek wrote:sek bentar tak carikno buku sakti 4 sks mekflu he he he he;.
yang jelas p itu bacanya rho alias masa jenis v= kecepatan aliran lain nya menyusul
btw kok ga ada bilangan sakti mbah rynould nya yah
nah... itu msh ngerti...
tapi kok bisa dpt rumus ini gimana? terus ngitungnya gimana?
antara P(rho),Cl, S
ini piye kih??
- dulbehek
- Second Lieutenant
- Posts: 1050
- Joined: 17 Nov 2009, 08:49
- Location: banyuwangi - jember
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
itu buat ngitung lift dari apa seh bingung aku. soale aku dari tek mesin yang diajari yo aliran2 unkompresibel banyaak aliran2 kompresibel nya dikit
setauku tiap rumus aliran mesti ada satu bilangan wajib yakni bil reynould yang nentuin aliran itu jenis apa. laminer atau turbulen besok pagi ae tak kirimi buku nya tapi yang versi inggris yah he he he .email kamu pm ndek aku. moga bisa bantuu
setauku tiap rumus aliran mesti ada satu bilangan wajib yakni bil reynould yang nentuin aliran itu jenis apa. laminer atau turbulen besok pagi ae tak kirimi buku nya tapi yang versi inggris yah he he he .email kamu pm ndek aku. moga bisa bantuu
-
- GUEST
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
rumus buat ngitung gaya angkat pada pswat...
kan berhubungan sama mekanika fluida, airfoil juga

kan berhubungan sama mekanika fluida, airfoil juga

- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
wah ilmu lagi nih....ikut belajar juga...kalau bikin pesawat biar bisa matematis.
kalau sudah matematis dan nggak bisa mabur...yo jempolku sing salah.
kalau sudah matematis dan nggak bisa mabur...yo jempolku sing salah.
-
- GUEST
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
panji76 wrote:wah ilmu lagi nih....ikut belajar juga...kalau bikin pesawat biar bisa matematis.
kalau sudah matematis dan nggak bisa mabur...yo jempolku sing salah.
bener suhu panji....
(jadi bisa merasakan buat pesawat layaknya pesawat betulan sing gede-gede)



- dulbehek
- Second Lieutenant
- Posts: 1050
- Joined: 17 Nov 2009, 08:49
- Location: banyuwangi - jember
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
tambahan CL itu center of lift atau bisa juga center of presure. lah ini tergantung jenis aerofoil dan faktor bentuk karena fluida itu ada sifat similarity dan unsimilaritiy biasanya lingkeran kecil dan lingkeran besar itu Cl nya sama. kira2 begitu.
-
- GUEST
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
dulbehek wrote:tambahan CL itu center of lift atau bisa juga center of presure. lah ini tergantung jenis aerofoil dan faktor bentuk karena fluida itu ada sifat similarity dan unsimilaritiy biasanya lingkeran kecil dan lingkeran besar itu Cl nya sama. kira2 begitu.
tuh kan ada hubungannya...
jadi gimana tuh??
berarti kalau kita mau cari LIFT sebuah pesawat terbang
kita mesti tau
CL nya dulu dong?? hikss

- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: WTA: Penjabaran rumus LIFT
terbalik om ... CL (coeffisien of lift, kalau saya menggunakan CoL untuk center of Lift) dicari dari lift nya.
step nya begini :
1 tentukan dulu airfoil nya.
2 bikin model nya (airfoil, bukan pesawat)
3 taruh di wind tunnel
4 ukur lift nya pada beberapa macam AoA dan wind speed
5 hitung CL nya, dan gambar kurva AoA vs CL
6 baru nilai CL nya di gunakan untuk merancang sayap pesawat
kalau airfoil nya pakai yg umum (misalnya untuk seri NACA 4 digit dan 5 digit, atau punya Zelig), step 2 sampai 5 bisa dilompatin karena data nya sudah ada, tinggal cari saja di internet.
lha ini kan sudah sering di bahas di banyak thread ...
step nya begini :
1 tentukan dulu airfoil nya.
2 bikin model nya (airfoil, bukan pesawat)
3 taruh di wind tunnel
4 ukur lift nya pada beberapa macam AoA dan wind speed
5 hitung CL nya, dan gambar kurva AoA vs CL
6 baru nilai CL nya di gunakan untuk merancang sayap pesawat
kalau airfoil nya pakai yg umum (misalnya untuk seri NACA 4 digit dan 5 digit, atau punya Zelig), step 2 sampai 5 bisa dilompatin karena data nya sudah ada, tinggal cari saja di internet.
lha ini kan sudah sering di bahas di banyak thread ...