dimana ya letak CG nya ..???

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by iwan21 »

itwilly wrote:garis yang biru itu untuk apa ya pak ?
yang horisontal brp cm dan vertikal berapa cm ?



tks
welly



gak usah liat garis biru, yg penting posisi CG sesuai ukuran2 sayap dari foto diatas
beda ukuran akan beda lagi angkanya
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by unding »

Berdasarkan pengalaman membuat/menerbangkan pswt dgn sayap delta, untuk selera saya pribadi posisi CG akan sy tempatkan seperti gambar berikut :
Image
Pada posisi tersebut elevator/aileron biasanya tidak perlu ditrim up/down lagi (drag berkurang), demikian juga dgn posisi motor tidak perlu di up/down thrust lagi (gaya dorong motor/thrust tidak dlm bentuk gaya vektor).
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by iwan21 »

unding wrote:Berdasarkan pengalaman membuat/menerbangkan pswt dgn sayap delta, untuk selera saya pribadi posisi CG akan sy tempatkan seperti gambar berikut :
Pada posisi tersebut elevator/aileron biasanya tidak perlu ditrim up/down lagi (drag berkurang), demikian juga dgn posisi motor tidak perlu di up/down thrust lagi (gaya dorong motor/thrust tidak dlm bentuk gaya vektor).


Kalo saya, utk test pertama atau baru pertama nerbangin pesawat tsb, CG dimajuin agak kedepan ( dibikin nose heavy dikit)
nah kalo karakter terbangnya nya udah ketemu , baru geser2 kebelakang dikit2

Tapi tentu tiap orang akan beda2 nentuinnya , seperti suhu Unding yg bisa langsung terbang dg CG mundur kebelakang, kalo saya langsung pake ini posisi pasti akan banyak trim down elevator di udara :shy
User avatar
anakpahuluan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 73
Joined: 22 Oct 2011, 10:53
Location: Banjarbaru-KALSEL

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by anakpahuluan »

...sambil perhatikan dan coba belajar dari suhu-suhu aero, ..trim's banyak atas ilmunya :D :D
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by unding »

iwan21 wrote:
unding wrote:Berdasarkan pengalaman membuat/menerbangkan pswt dgn sayap delta, untuk selera saya pribadi posisi CG akan sy tempatkan seperti gambar berikut :
Pada posisi tersebut elevator/aileron biasanya tidak perlu ditrim up/down lagi (drag berkurang), demikian juga dgn posisi motor tidak perlu di up/down thrust lagi (gaya dorong motor/thrust tidak dlm bentuk gaya vektor).


Kalo saya, utk test pertama atau baru pertama nerbangin pesawat tsb, CG dimajuin agak kedepan ( dibikin nose heavy dikit)
nah kalo karakter terbangnya nya udah ketemu , baru geser2 kebelakang dikit2

Tapi tentu tiap orang akan beda2 nentuinnya , seperti suhu Unding yg bisa langsung terbang dg CG mundur kebelakang, kalo saya langsung pake ini posisi pasti akan banyak trim down elevator di udara :shy

Saya juga heran suhu Iwan, setiap kali buat sayap delta karakter terbang terbaik saya dapatkan kalau posisi CG di angka 29 - 30 % pada rumusan http://fwcg.3dzone.dk/
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by iwan21 »

unding wrote:Saya juga heran suhu Iwan, setiap kali buat sayap delta karakter terbang terbaik saya dapatkan kalau posisi CG di angka 29 - 30 % pada rumusan http://fwcg.3dzone.dk/


yg jelas karena beda jempolnya suhu hehehehehehe, jempol saya lelet/lemot, gak bisa respon cepet, kurang sinkron antara mata, otak, jari2
User avatar
anakpahuluan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 73
Joined: 22 Oct 2011, 10:53
Location: Banjarbaru-KALSEL

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by anakpahuluan »

iwan21 wrote:
unding wrote:Saya juga heran suhu Iwan, setiap kali buat sayap delta karakter terbang terbaik saya dapatkan kalau posisi CG di angka 29 - 30 % pada rumusan http://fwcg.3dzone.dk/


yg jelas karena beda jempolnya suhu hehehehehehe, jempol saya lelet/lemot, gak bisa respon cepet, kurang sinkron antara mata, otak, jari2

om iwan .... untuk CG positionnya pada http://fwcg.3dzone.dk/, pake 20% - allround, ya..??
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by iwan21 »

anakpahuluan wrote:om iwan .... untuk CG positionnya pada http://fwcg.3dzone.dk/, pake 20% - allround, ya..??


Iya om, utk awalan kita pake yg itu
Nanti kalo udah ketemu karakter terbangnya, bisa pake patokan suhu Unding yg 30 %
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by AgoesAurelz »

kalo saya juga suka agak nose heavy dikit....
btw.... karakter sayap delta ini asik manuvernya... kalo di roll bisa 1as, seperti gangsing....
yang jelas ringan karena cuma pake 2 servo aja (elevon)..... ini pswt khusus buat yg doyan nge-race... kalo dipake pelan2 kurang asik.... saya punya pengalaman buruk nerbagin sayap delta EDF system bawaan pabrik yaitu: Mirage 2000 dari Rics hanya batt lipo 3s.... kena angin yg sedikit kenceng aja uda pecicilan terbangnya....Pswtku langsung crash penerbangan perdana.... Pesawat Mirage yg kedua ganti pake pusher dgn lipo 4s barulah keluar karakter jetnya... angin kenceng 10-15knot masih berani dilawan...
User avatar
anakpahuluan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 73
Joined: 22 Oct 2011, 10:53
Location: Banjarbaru-KALSEL

Re: dimana ya letak CG nya ..???

Post by anakpahuluan »

AgoesAurelz wrote:kalo saya juga suka agak nose heavy dikit....
btw.... karakter sayap delta ini asik manuvernya... kalo di roll bisa 1as, seperti gangsing....
yang jelas ringan karena cuma pake 2 servo aja (elevon)..... ini pswt khusus buat yg doyan nge-race... kalo dipake pelan2 kurang asik.... saya punya pengalaman buruk nerbagin sayap delta EDF system bawaan pabrik yaitu: Mirage 2000 dari Rics hanya batt lipo 3s.... kena angin yg sedikit kenceng aja uda pecicilan terbangnya....Pswtku langsung crash penerbangan perdana.... Pesawat Mirage yg kedua ganti pake pusher dgn lipo 4s barulah keluar karakter jetnya... angin kenceng 10-15knot masih berani dilawan...

om Agoes..!
spec untuk pesawat itu yang saya siapin (sesuai budgetnya) adalah :
1. ESC Hk 25/30A
2. Brushless TOWERPRO 2408-21T BLACK 1400KV
3. Lipo 3S 1500Mah
4. Propeller 8x6
Kira-kira sesuai gak ya...???
Post Reply