alternatif selain buka head, bisa dicoba dengan buka backplate. Disitu bisa terlihat semua jeroan minus carburator.
Tinggal semprot penetrant, kalo sudah bisa diputar tangan, sekalian semprot penetrant agak banyak untuk mencuci jeroannya
cmiiw
OS 55 AX blm selesai break-in...macet
- setyo antarikso
- Senior Airman
- Posts: 139
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
- Tralala
- Staff Sergeant
- Posts: 270
- Joined: 20 Jan 2007, 19:04
- Location: Timika-Papua
- Contact:
Re: OS 55 AX blm selesai break-in...macet
setyo antarikso wrote:alternatif selain buka head, bisa dicoba dengan buka backplate. Disitu bisa terlihat semua jeroan minus carburator.
Tinggal semprot penetrant, kalo sudah bisa diputar tangan, sekalian semprot penetrant agak banyak untuk mencuci jeroannya
cmiiw
Saya juga sering bersihin klo engine heli macet dikarenakan lama nggak idup......pasti saya buka head dan backplate....semprot wd...beres deh....
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: OS 55 AX blm selesai break-in...macet
Maaf boleh nanya gak, saya dulu pernah baca kalo bahan bakar methanol sebaiknya memang dihabisin dengan cara di pinch selangnya supaya tidak ada bahan bakar yang tersisa di carburetornya....ini mencegah supaya kerak dan karat tidak terjadi akibat methanol yang tersisa bereaksi (teroksidasi?) dengan udara luar. Oleh karena itulah run after oil digunakan untuk melindungi metal engine dari terpapar udara langsung...dan oleh karena itulah engine kill switch tidak terlalu direkomendasikan...Apakah yang saya utarakan ini benar? Mohon klarifikasi dari sifu2 semua
Salam
Salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: OS 55 AX blm selesai break-in...macet
betul om.
bukan hanya menghabiskan sisa methanol nya, tapi yg lebih penting lagi menghabiskan sisa oli nya karena ini yg akan jadi kerak nantinya.
dan ini juga saya terapkan pada gen-set saya di rumah, karena gen-set kan jarang hidup ...
Kalau saya, sebisa mungkin menghindari bongkar mesin, baik cylinder head maupun backplate, apalagi crank-shaft, kecuali sangat terpaksa.
bukan hanya menghabiskan sisa methanol nya, tapi yg lebih penting lagi menghabiskan sisa oli nya karena ini yg akan jadi kerak nantinya.
dan ini juga saya terapkan pada gen-set saya di rumah, karena gen-set kan jarang hidup ...
Kalau saya, sebisa mungkin menghindari bongkar mesin, baik cylinder head maupun backplate, apalagi crank-shaft, kecuali sangat terpaksa.
- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 109
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
Re: OS 55 AX blm selesai break-in...macet
maaf om krn br mengenal engine backplate, dn crank-shaft itu dibagian mana engine ya om. mksh
- ahmadbenny
- Chief Master Sergeant
- Posts: 926
- Joined: 06 Jul 2012, 20:58
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: OS 55 AX blm selesai break-in...macet
Irwan Bossanova wrote:maaf om krn br mengenal engine backplate, dn crank-shaft itu dibagian mana engine ya om. mksh
Setau saya back plate itu bagian bawah engine yg agak cekung k dalam om,dan crankshaft itu kruk as/poros engkol ada'y di dalam engin,dia yang menghubungkan conecting rod/stang piston dengan piston,dan bekerja merubah gerak translasi menjadi rotasi,...mohon maaf klo salh,mgkin ada suhu yg meluruskan....
