Page 2 of 2
Re: KFM mana ?
Posted: 02 Apr 2012, 09:48
by itwilly
iwan21 wrote:itwilly wrote:Hari ini maiden pakai saya kfm1 malah nggak bisa terbang, trus pinjem bat 3 sel, masih nggak bisa. kayaknya harus ganti sayap pakai KFm2.
trus coba wd pakai saya KFm1 bat 3 sel, kayak kurang tenaga, penasaran, ganti sayap dengan bawaaanya. akhirnya terbang walau cuman 1/2 throtle.
Kfm1 memang stabil banget, tapi liftnya kurang banget. minggu depan coba ganti pakai sayap kfm2.

KFm 1 nya tebelnya berapa ?
chordnya saya bikin 24 cm
jadi tebalnya sesuai rumusan kfm1 7-9%
minimal tebal : 24 x 0.07 = 1.68 cm
mak tebal : 24 x 0.09 = 2.16 cm
saya bikin tebal 2 cm.
Terasa banget liftnya kurang ketika saya taruh di WD saya. malah WD saya nggak mau terbang meskipun pakai motor 2409 bat 3 sel 1650mah.
saya kira bat nya lemah, trus ganti bat 3 sel 1300 mah. masih nggak terbang.
akhirnya coba ganti sayap, langsung ngacir, setelah mengudara cukup main 1/2 throotle aja.

Re: KFM mana ?
Posted: 02 Apr 2012, 09:56
by iwan21
Saya belom pernah ngalamin "lift teras kurang " dg KFm 1

Re: KFM mana ?
Posted: 03 Apr 2012, 10:39
by itwilly
iwan21 wrote:Saya belom pernah ngalamin "lift teras kurang " dg KFm 1

terasa banget pak, rogging susah banget. padahal landasan pakai cor, bukan tanah.
sekarang udah di balik sayapnya jadi KFm2, ntar di tambahin step at chordnya jadi 50% yang sebelumnya 40%

Re: KFM mana ?
Posted: 03 Apr 2012, 10:44
by iwan21
mungkin gak wingloadingya kegedean ?
Re: KFM mana ?
Posted: 03 Apr 2012, 15:35
by NF
sudut serang sayap dan stab sudah sejajar ?.....,jika perlu , sayap positip dan stab negatip.
Re: KFM mana ?
Posted: 03 Apr 2012, 16:48
by itwilly
iwan21 wrote:mungkin gak wingloadingya kegedean ?
ws = 100 cm
chord = 24
AUW 600 gr
wingloadingnya = 600 / 2400 = 25
betul nggak pak hitungan saya ?
NF wrote:sudut serang sayap dan stab sudah sejajar ?.....,jika perlu , sayap positip dan stab negatip.
wah sudut serang dan stab nggak ngerti pak.....hehehehe
yang jelas saya bikin dehidral dan plan dari p iwan ( Tra-co )
viewtopic.php?f=14&t=6860tapi sayap nggak seperti plan p iwan saya bikin KFm1 tapi sekarang udah saya ganti jadi KFm2.
mohon petunjuk para suhu.
tks.
welly
Re: KFM mana ?
Posted: 04 Apr 2012, 08:49
by iwan21
itwilly wrote:ws = 100 cm
chord = 24
AUW 600 gr
wingloadingnya = 600 / 2400 = 25
betul nggak pak hitungan saya ?
iya udah betul, masih lumayan ringan wingloadingnya
itwilly wrote:yang jelas saya bikin dehidral dan plan dari p iwan ( Tra-co )
viewtopic.php?f=14&t=6860tapi sayap nggak seperti plan p iwan saya bikin KFm1 tapi sekarang udah saya ganti jadi KFm2.
mohon petunjuk para suhu.
tks.
welly
Lah sayap Tra-Co itu juga KFm1 kok, cuman utk menambah slow saya bikin under cambered dulu baru dikasih step bawah
Re: KFM mana ?
Posted: 05 Apr 2012, 08:28
by itwilly
iwan21 wrote:itwilly wrote:ws = 100 cm
chord = 24
AUW 600 gr
wingloadingnya = 600 / 2400 = 25
betul nggak pak hitungan saya ?
iya udah betul, masih lumayan ringan wingloadingnya
itwilly wrote:yang jelas saya bikin dehidral dan plan dari p iwan ( Tra-co )
viewtopic.php?f=14&t=6860tapi sayap nggak seperti plan p iwan saya bikin KFm1 tapi sekarang udah saya ganti jadi KFm2.
tapi tra-co sayap bagian atasnya nggak flat pak. kalau saya liat gambar kfm1 itu bagian atas flat.
kalau menurut saya, sayap tra-co p roji itu kfm3. tolong koreksinya kalau salah.
tks.
welly
mohon petunjuk para suhu.
tks.
welly
Lah sayap Tra-Co itu juga KFm1 kok, cuman utk menambah slow saya bikin under cambered dulu baru dikasih step bawah