Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by unding »

Coba pake ini :
http://personal.osi.hu/fuzesisz/strc_eng/index.htm
coba masukkan nilai :
Propeller Diameter = 6
Pitch = 4
Propeller type = Standard
RPM = 15579 (Kv motor= 2845, Rpm = 2845 x 7.4 volt = 21.053 put/mnt, RPM Actual = 21053 x 74% = 15579)
Air Temperature = 32 Fahrenheit
Calculate:
Static Thrust = 410 gram (0.41 Kg)
Power = 97 Watt (0.097 Kw)
Speed = 59 mph (94.4 km/jam)
* Pemakaian Arus = 97 watt/7.4volt = 13 Ampere *
Dengan cara yg sama, masukkan ukuran propeller serta RPM (dgn menggunakan batt. 3 sel) maka hasil pendekatan bisa diketahui.. :thx :thx :thx

Tambahan :
Recomended motor 14.4 Ampere pada 7.4 Volt artinya daya motor = 14.4 x 7.4 = 106,56 Watt,
jadi batas maks arus yg digunakan untuk batt. 3 sel = 106.56/11.1 = 9.6 Ampere
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by Bodyguard »

Terima kasih yang tak terhingga buat om unding...skarang sy jadi ngerti perhitungan mencari kecocokan power motor, arus ampere pada ESC maupun perbandingan kemampuan angkat pada sebuah propeller... :thx :thx :thx
User avatar
lukman
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 06 Sep 2012, 11:52

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by lukman »

:mtp......info yg sangat berharga
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by wisnumurti »

Perhitungan rpm bagaimana ya ? Apakah dengan propler terpasang dan di ukur ppakai tachometer?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by iwan21 »

wisnumurti wrote:Perhitungan rpm bagaimana ya ? Apakah dengan propler terpasang dan di ukur ppakai tachometer?



rpm = Kv motor x tegangan batere x faktor efisiensi
di contoh diatas suhu Unding pake faktor efisiensi 74%
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by wisnumurti »

Trim pak iwan' saya pikir diukut dengan prop terpasang baru dimasukn ke rumus
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by antokrose »

ikut share om sama dengan pengalaman saya, saya pernah main jet edf dengan spec motor 3s esc 40 a, karena saya merasa dengan batteray 3s power kurang dan gak seperti karakter jet pada umumnya, akhirnya saya ganti pakai bateray 4s dan esc 50 A edf tetap dengan bawaan pesawat, akhirnya ketemula karakter pesawat jet pada umumnya yang ngebut dan take off pun gak terlalu jauh larinya, tapi setelah terbang 2 kali putaran pesawat mengeluarkan asap dan loss control dan crash, setelah di chek ternyata esc kebakar tak tersisa sampai foamnya ikut meleleh juga tapi motor nya baik baik aja hangus pun tidak, dan menurut pengamatan saya karena dengan bateray 4s rpmnya bertambah kenceng jadi ampernya ikut naik juga, berarti motor masih bisa di pakai bateray 4s asal escnya ditambah amper nya atau di sesuaikan , nah dari itulah amper meter perlu sekali digunakan bagi yang seneng modifikasi atau ngebut biar ngak salah itung amper dan korban esc

salam
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by iwan21 »

antokrose wrote:ikut share om sama dengan pengalaman saya, saya pernah main jet edf dengan spec motor 3s esc 40 a, karena saya merasa dengan batteray 3s power kurang dan gak seperti karakter jet pada umumnya, akhirnya saya ganti pakai bateray 4s dan esc 50 A edf tetap dengan bawaan pesawat, akhirnya ketemula karakter pesawat jet pada umumnya yang ngebut dan take off pun gak terlalu jauh larinya, tapi setelah terbang 2 kali putaran pesawat mengeluarkan asap dan loss control dan crash, setelah di chek ternyata esc kebakar tak tersisa sampai foamnya ikut meleleh juga tapi motor nya baik baik aja hangus pun tidak, dan menurut pengamatan saya karena dengan bateray 4s rpmnya bertambah kenceng jadi ampernya ikut naik juga, berarti motor masih bisa di pakai bateray 4s asal escnya ditambah amper nya atau di sesuaikan , nah dari itulah amper meter perlu sekali digunakan bagi yang seneng modifikasi atau ngebut biar ngak salah itung amper dan korban esc

salam


lah sebelum dipake om cek dulu gak itu ESC bisa dipake buat 4sel apa enggak?, kalo ESC 3 sel om pake di 4sel ya hangus pasti
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by antokrose »

iwan21 wrote:
antokrose wrote:ikut share om sama dengan pengalaman saya, saya pernah main jet edf dengan spec motor 3s esc 40 a, karena saya merasa dengan batteray 3s power kurang dan gak seperti karakter jet pada umumnya, akhirnya saya ganti pakai bateray 4s dan esc 50 A edf tetap dengan bawaan pesawat, akhirnya ketemula karakter pesawat jet pada umumnya yang ngebut dan take off pun gak terlalu jauh larinya, tapi setelah terbang 2 kali putaran pesawat mengeluarkan asap dan loss control dan crash, setelah di chek ternyata esc kebakar tak tersisa sampai foamnya ikut meleleh juga tapi motor nya baik baik aja hangus pun tidak, dan menurut pengamatan saya karena dengan bateray 4s rpmnya bertambah kenceng jadi ampernya ikut naik juga, berarti motor masih bisa di pakai bateray 4s asal escnya ditambah amper nya atau di sesuaikan , nah dari itulah amper meter perlu sekali digunakan bagi yang seneng modifikasi atau ngebut biar ngak salah itung amper dan korban esc

salam


lah sebelum dipake om cek dulu gak itu ESC bisa dipake buat 4sel apa enggak?, kalo ESC 3 sel om pake di 4sel ya hangus pasti



esc 50 A 2- 4 s lipoly om
ini specnya
Weight: 44g
Size: 54x36x15mm
Cells: 2-4S
Max Current: 40A
Burst Current: 50A
BEC: 3A / 5v
Timing: 1º/7º/15º/30º programmable
PWM: 8/16K

Programming Options
Cell Type: NiMH/NiCD/Lipoly
Cell Count: 2s~6S
Throttle Setting: Auto/Hard/Soft
Brake: No Brake/Soft/Medium/Hard
Direction: Clockwise/Counter Clockwise
Cut off: Soft/Hard
Timing: 1º/7º/15º/30º
PWM: 8Khz/16khz
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Post by wisnumurti »

Kalo pengalaman saya motor dgn spek batt 2 cell dikasih 3 cell pada kondisi full throt motot lgs nyendat nyendat menderit habis itu kebakar
Post Reply