Page 2 of 3
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Jun 2012, 10:40
by unding
Coba pake ini :
http://personal.osi.hu/fuzesisz/strc_eng/index.htmcoba masukkan nilai :
Propeller Diameter = 6
Pitch = 4
Propeller type = Standard
RPM = 15579 (Kv motor= 2845, Rpm = 2845 x 7.4 volt = 21.053 put/mnt, RPM Actual = 21053 x 74% =
15579)
Air Temperature = 32 Fahrenheit
Calculate:
Static Thrust = 410 gram (0.41 Kg)
Power = 97 Watt (0.097 Kw)
Speed = 59 mph (94.4 km/jam)
* Pemakaian Arus = 97 watt/7.4volt = 13 Ampere *
Dengan cara yg sama, masukkan ukuran propeller serta RPM (dgn menggunakan batt. 3 sel) maka hasil pendekatan bisa diketahui..

Tambahan :
Recomended motor 14.4 Ampere pada 7.4 Volt artinya daya motor = 14.4 x 7.4 = 106,56 Watt,
jadi batas maks arus yg digunakan untuk batt. 3 sel = 106.56/11.1 = 9.6 Ampere
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 11 Jun 2012, 10:48
by Bodyguard
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 18 Oct 2012, 08:41
by lukman

......info yg sangat berharga
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 09:43
by wisnumurti
Perhitungan rpm bagaimana ya ? Apakah dengan propler terpasang dan di ukur ppakai tachometer?
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 10:34
by iwan21
wisnumurti wrote:Perhitungan rpm bagaimana ya ? Apakah dengan propler terpasang dan di ukur ppakai tachometer?
rpm = Kv motor x tegangan batere x faktor efisiensi
di contoh diatas suhu Unding pake faktor efisiensi 74%
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 11:48
by wisnumurti
Trim pak iwan' saya pikir diukut dengan prop terpasang baru dimasukn ke rumus
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 12:43
by antokrose
ikut share om sama dengan pengalaman saya, saya pernah main jet edf dengan spec motor 3s esc 40 a, karena saya merasa dengan batteray 3s power kurang dan gak seperti karakter jet pada umumnya, akhirnya saya ganti pakai bateray 4s dan esc 50 A edf tetap dengan bawaan pesawat, akhirnya ketemula karakter pesawat jet pada umumnya yang ngebut dan take off pun gak terlalu jauh larinya, tapi setelah terbang 2 kali putaran pesawat mengeluarkan asap dan loss control dan crash, setelah di chek ternyata esc kebakar tak tersisa sampai foamnya ikut meleleh juga tapi motor nya baik baik aja hangus pun tidak, dan menurut pengamatan saya karena dengan bateray 4s rpmnya bertambah kenceng jadi ampernya ikut naik juga, berarti motor masih bisa di pakai bateray 4s asal escnya ditambah amper nya atau di sesuaikan , nah dari itulah amper meter perlu sekali digunakan bagi yang seneng modifikasi atau ngebut biar ngak salah itung amper dan korban esc
salam
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 13:56
by iwan21
antokrose wrote:ikut share om sama dengan pengalaman saya, saya pernah main jet edf dengan spec motor 3s esc 40 a, karena saya merasa dengan batteray 3s power kurang dan gak seperti karakter jet pada umumnya, akhirnya saya ganti pakai bateray 4s dan esc 50 A edf tetap dengan bawaan pesawat, akhirnya ketemula karakter pesawat jet pada umumnya yang ngebut dan take off pun gak terlalu jauh larinya, tapi setelah terbang 2 kali putaran pesawat mengeluarkan asap dan loss control dan crash, setelah di chek ternyata esc kebakar tak tersisa sampai foamnya ikut meleleh juga tapi motor nya baik baik aja hangus pun tidak, dan menurut pengamatan saya karena dengan bateray 4s rpmnya bertambah kenceng jadi ampernya ikut naik juga, berarti motor masih bisa di pakai bateray 4s asal escnya ditambah amper nya atau di sesuaikan , nah dari itulah amper meter perlu sekali digunakan bagi yang seneng modifikasi atau ngebut biar ngak salah itung amper dan korban esc
salam
lah sebelum dipake om cek dulu gak itu ESC bisa dipake buat 4sel apa enggak?, kalo ESC 3 sel om pake di 4sel ya hangus pasti
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 14:39
by antokrose
iwan21 wrote:antokrose wrote:ikut share om sama dengan pengalaman saya, saya pernah main jet edf dengan spec motor 3s esc 40 a, karena saya merasa dengan batteray 3s power kurang dan gak seperti karakter jet pada umumnya, akhirnya saya ganti pakai bateray 4s dan esc 50 A edf tetap dengan bawaan pesawat, akhirnya ketemula karakter pesawat jet pada umumnya yang ngebut dan take off pun gak terlalu jauh larinya, tapi setelah terbang 2 kali putaran pesawat mengeluarkan asap dan loss control dan crash, setelah di chek ternyata esc kebakar tak tersisa sampai foamnya ikut meleleh juga tapi motor nya baik baik aja hangus pun tidak, dan menurut pengamatan saya karena dengan bateray 4s rpmnya bertambah kenceng jadi ampernya ikut naik juga, berarti motor masih bisa di pakai bateray 4s asal escnya ditambah amper nya atau di sesuaikan , nah dari itulah amper meter perlu sekali digunakan bagi yang seneng modifikasi atau ngebut biar ngak salah itung amper dan korban esc
salam
lah sebelum dipake om cek dulu gak itu ESC bisa dipake buat 4sel apa enggak?, kalo ESC 3 sel om pake di 4sel ya hangus pasti
esc 50 A 2- 4 s lipoly om
ini specnya
Weight: 44g
Size: 54x36x15mm
Cells: 2-4S
Max Current: 40A
Burst Current: 50A
BEC: 3A / 5v
Timing: 1º/7º/15º/30º programmable
PWM: 8/16K
Programming Options
Cell Type: NiMH/NiCD/Lipoly
Cell Count: 2s~6S
Throttle Setting: Auto/Hard/Soft
Brake: No Brake/Soft/Medium/Hard
Direction: Clockwise/Counter Clockwise
Cut off: Soft/Hard
Timing: 1º/7º/15º/30º
PWM: 8Khz/16khz
Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s
Posted: 10 Apr 2013, 16:45
by wisnumurti
Kalo pengalaman saya motor dgn spek batt 2 cell dikasih 3 cell pada kondisi full throt motot lgs nyendat nyendat menderit habis itu kebakar