Pesawat Botol Oli (PBO)
- fikri
- Airman First Class
- Posts: 99
- Joined: 18 Jun 2007, 15:24
- Location: Manado
- Contact:
- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
- DeVIN
- Senior Airman
- Posts: 162
- Joined: 22 May 2007, 05:55
- Location: Tasbi MEDAN
- Contact:
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
terima kasih teman-teman, kemarin sore PBO sudah maiden di lapangan Merdeka, saya terbang sendiri kemarin karena teman2 yang lain berhalangan datang.. pesawat dengan prop 7x6, batere 2 sel.. handlaunch.. dan pesawat meluncur glide bagus ke depan. throttle dinaikan hampir 1/2 tuh pesawat dah mabur.. awalnya masih tidak stabil karena terpaan angin cross wind yang cukup besar. pesawat oleng kiri dan kanan. saya coba pertahankan ke ketinggian pohon pinang... pswt saya arahkan menghadap angin.. ternyata tidak oleh kiri atau kanan lagi.. pesawat bisa terbang, mungkin karena wing yang lebih pendek daripada WD pesawat ini sepertinya terbang lebih cepat daripada WD. Masalah timbul ketika throttle saya turunkan .. posisi idle tidak sampai 1/2 throttle.. masih tampak tail heavy.. jika throttle naik.. masalah ini tidak ada..
Berat AUW = 520 dgn batere 2 sel, BL2408 ..
Saya minta saran teman2 gimana cara ngatasi tail heavy ini? apakah saya harus menambah berat di nose? posisi batere sudah saya letakkan di nose.. atau tailboom saya terlalu panjang?
atau stabilo dan fin saya terlalu besar? karena ini saya buat lebih besar dari pada standar WD.
Tail boom dari ujung keluarnya fuselage 53cm, sekarang sudah saya potong 5 cm menjadi 48cm,
stabilo dan fin sudah saya ganti dengan ukuran WD..
Dalam kondisi ini, saya coba cari CGnya.. masih tetap tail heavy.. saya coba tambahkan lagi batere nimh 7sel bersamaan dengan 2sel saya.. baru dapat CGnya..
Menurut saya jika harus ditambah pemberat seberat batere nimh itu jadinya AUW pswt saya menjadi bertambah... sedangkan WD saya AUW =600gr (batere 3 sel 1200)
Mohon masukkannya..
terima kasih
@Mr.Doms
yup, karena belum ada botol oli lagi.. untuk sementara saya modifikasi dengan coro dan kanopi coro dengan tutup dari mika bekas gelas plastik minuman Naicha itu..
@iwan21 dan pak Ade
terima kasih pak.. yang pasti bukan hanya Medan saja pak.. teman-teman lain juga punya ide yang lebih hebat lagi.. ayooo teman-teman yang lain.. posting pesawat uniknya
@Boeng Fikri, Boeng Yudha, Boeng Shaify,pak Coyo, pak Jai, pak NF
Terima kasih... barang2 bekas bisa dipakai untuk pesawat... mudah-mudahan inovasi tiada henti-hentinya
@Blur
yup blur ini tipe pusher... tapi setelah membaca saran Mr Dom.. tuh pesawat masih bisa di modif untuk tipe traktor.. dengan tambahan satu botol oli di depan dengan nose dibawah.. jadinya motor bisa dipasang di tutup botolnya.. jadi tipe traktor deh.. atau bisa juga dengan 2 BL ya?(mirip punya pak Bima)...
Sabar Blur.. ntar gua modif lagi deh.. tuh coro juga dari sisa2 Alley Cat...
@Devin
Yup bang Devin, sebagai pemberi ide... terima kasih... nanti sore terbang gak?
AKU MASIH PENASARAN KENAPA TAIL HEAVY? GIMANA ATASINYA????(mode bingung=ON)
Btw foto maidennya gak bisa dibuat karena saya terbang sendiri, ntar sore deh.. Yudha, Tono dan bang Devin hadir ya.. bantui foto..
Berat AUW = 520 dgn batere 2 sel, BL2408 ..
Saya minta saran teman2 gimana cara ngatasi tail heavy ini? apakah saya harus menambah berat di nose? posisi batere sudah saya letakkan di nose.. atau tailboom saya terlalu panjang?
atau stabilo dan fin saya terlalu besar? karena ini saya buat lebih besar dari pada standar WD.
Tail boom dari ujung keluarnya fuselage 53cm, sekarang sudah saya potong 5 cm menjadi 48cm,
stabilo dan fin sudah saya ganti dengan ukuran WD..
Dalam kondisi ini, saya coba cari CGnya.. masih tetap tail heavy.. saya coba tambahkan lagi batere nimh 7sel bersamaan dengan 2sel saya.. baru dapat CGnya..
Menurut saya jika harus ditambah pemberat seberat batere nimh itu jadinya AUW pswt saya menjadi bertambah... sedangkan WD saya AUW =600gr (batere 3 sel 1200)
Mohon masukkannya..
terima kasih
@Mr.Doms
yup, karena belum ada botol oli lagi.. untuk sementara saya modifikasi dengan coro dan kanopi coro dengan tutup dari mika bekas gelas plastik minuman Naicha itu..
@iwan21 dan pak Ade
terima kasih pak.. yang pasti bukan hanya Medan saja pak.. teman-teman lain juga punya ide yang lebih hebat lagi.. ayooo teman-teman yang lain.. posting pesawat uniknya
@Boeng Fikri, Boeng Yudha, Boeng Shaify,pak Coyo, pak Jai, pak NF
Terima kasih... barang2 bekas bisa dipakai untuk pesawat... mudah-mudahan inovasi tiada henti-hentinya
@Blur
yup blur ini tipe pusher... tapi setelah membaca saran Mr Dom.. tuh pesawat masih bisa di modif untuk tipe traktor.. dengan tambahan satu botol oli di depan dengan nose dibawah.. jadinya motor bisa dipasang di tutup botolnya.. jadi tipe traktor deh.. atau bisa juga dengan 2 BL ya?(mirip punya pak Bima)...
Sabar Blur.. ntar gua modif lagi deh.. tuh coro juga dari sisa2 Alley Cat...
@Devin
Yup bang Devin, sebagai pemberi ide... terima kasih... nanti sore terbang gak?
AKU MASIH PENASARAN KENAPA TAIL HEAVY? GIMANA ATASINYA????(mode bingung=ON)
Btw foto maidennya gak bisa dibuat karena saya terbang sendiri, ntar sore deh.. Yudha, Tono dan bang Devin hadir ya.. bantui foto..
- DeVIN
- Senior Airman
- Posts: 162
- Joined: 22 May 2007, 05:55
- Location: Tasbi MEDAN
- Contact:
CG yang tail heavy, bisa dikompensasikan dengan memberi pemberat lebih pada nose, namun selain AUW total bertambah (yang dapat di atasi dengan pake 3 sel), efek yang terjadi saat berbelok dan rolling akan semakin tidak stabil, karena gaya kesamping yang dibuang pesawat lebih besar (akibat beban tambahan tadi).
Maafkan kalo istilah yang dipake ndeso bener. maksudnya ada kecendrungan tuk tidak stabil lebih besar saat bermanuver, akibat berat/beban terdistribusi dengan titik berat pada ujung2 pesawat.
Cara lain adalah pendekkan sedikit demi sedikit (try&error) juga sih tailboom (sehingga posisi tail wing dan rudder wing) lebih kedepan.
Tapi ingat kembali, pemakaian 3 sel 1800mAH Art-tech, udah cukup berat, (mo pake ini kan??), mudahan2an kondisi tail heavy sudah dapat dikompensasikan (berhubung batere ini posisinya masih sama abang, he3x)
Ok. Maafkan segala kesalahan narasi. Dapat dikoreksi dan ditambahkan yang lain.
Salam.
Update: 9 Agustus 2007, dengan disaksikan ribuan penonton, PBO ini terbangnya OK banget tuk kriteria minimalis realistis, lihat viewtopic.php?p=18719#18719.
Maafkan kalo istilah yang dipake ndeso bener. maksudnya ada kecendrungan tuk tidak stabil lebih besar saat bermanuver, akibat berat/beban terdistribusi dengan titik berat pada ujung2 pesawat.
Cara lain adalah pendekkan sedikit demi sedikit (try&error) juga sih tailboom (sehingga posisi tail wing dan rudder wing) lebih kedepan.
Tapi ingat kembali, pemakaian 3 sel 1800mAH Art-tech, udah cukup berat, (mo pake ini kan??), mudahan2an kondisi tail heavy sudah dapat dikompensasikan (berhubung batere ini posisinya masih sama abang, he3x)
Ok. Maafkan segala kesalahan narasi. Dapat dikoreksi dan ditambahkan yang lain.
Salam.
Update: 9 Agustus 2007, dengan disaksikan ribuan penonton, PBO ini terbangnya OK banget tuk kriteria minimalis realistis, lihat viewtopic.php?p=18719#18719.
- rizasuseno
- Airman
- Posts: 28
- Joined: 22 Feb 2009, 15:23
- Location: DKI Jakarta
- Contact:
Re: Pesawat Botol Oli (PBO)
salut om raven, ada foto pas terbang tidak?
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
Re: Pesawat Botol Oli (PBO)
^ salam kenal bang riza, untuk foto terbangnya sudah dipostingkan ke thread Medan ini linknya viewtopic.php?p=18719#18719 tinggal klik saja.
Btw silahkan lengkapi foto avatar dengan mengirimkan ke roji_w@yahoo.com supaya lebih akrab lagi untuk sharing dan diskusi dalam forum ini.
Terima kasih
Btw silahkan lengkapi foto avatar dengan mengirimkan ke roji_w@yahoo.com supaya lebih akrab lagi untuk sharing dan diskusi dalam forum ini.
Terima kasih
- ciptaS
- Staff Sergeant
- Posts: 291
- Joined: 05 Apr 2009, 00:42
- Location: Rt. Prapat pekan baru
- Contact:
Re: Pesawat Botol Oli (PBO)
Bang Raven awas Nyasar Nyari lapangan PN2 hi hi hi hikkkkkk keseleg