Page 2 of 2
Posted: 10 Aug 2007, 07:37
by sudjai sarmo
Betul sekali Bung Arief, makin cepat suatu benda berputar akan semakin besar gaya sentrifugal benda tersebut yang arahnya menjauhi poros. Kalau mainblade diputar melebihi kemampuanya maka biasanya blade holder akan berantakan duluan bila itu bahannya dari plastik keras.
Posted: 10 Aug 2007, 09:01
by andre77
amang bener ada teman yang jago 3D dia menyarankan kalo mau 3D dengan TREX dan menggunakan lipo FP 25C alangakah baiknya menggunakan blade carbon karena rawan pecah di udara.Jadi kalo mau rpm di atas 2000 alias mau 3D exstrem ya blade carbon dan metal rotor head set adalah suatu konsekwensi.
Tapi kemarin saya coba di trex saya dengan throtle curve 100 100 100 100 100 sesuai saran pak Tedjo magic dan Agung magic waktu berkunjung ke Banjarmasin saya idle up trex saya untk continous fliping dan inverted hover trus lop dengan blade kayu kok gak masalah.
Posted: 10 Aug 2007, 13:08
by arief
menggunakan blade kayu justru akan menurunkan headspeed karena airfoil lebih tebal dari carbon.
Posted: 10 Aug 2007, 14:43
by andre77
maklum modal cekak jadi pake blade kayu pun jadi ibarat tiada rotan akarpun jadi hehehe.tapi blade kayu lumayan lah dari pada pake balde carbon fiber bawaan TREX S,kalo beli blade carbon merk SAB waduh kok sayang dompet ya.
Posted: 10 Aug 2007, 15:35
by Syafik
andre77 wrote:
...... idle up trex saya untk continous fliping dan inverted hover trus lop dengan blade kayu kok gak masalah.
Kan sebelum pecah di udara kan aman... ukurannya gitu kan p.Arif
Semboyannya tetep minimalis realistis, selama masih bs digunakan kenapa tidak

Posted: 12 Aug 2007, 22:49
by rindra
HEhe back to basic... sebelum pecah, tambah lagi sebelum motor dan esc kebakar
kan tujuannya dibahas supaya gak kejadian, meskipun nggak pake rpm meter paling tidak secara matematis untuk antisipasi, justru supaya gak kena kanker

hal yang bisa diantisipasi bukannya harus diperhatikan??
sebetulnya kalo trex gak masalah karena banyak referensi dari pengguna laen (meski mungkin masih bisa dioptimalkan lagi), tapi jenis heli sekarang dah banyak, motor banyak, pinion banyak

mungkin perlu dibikin buku panduan untuk konfigurasi heli-blade-esc-motor-pinion dll (mirip brushless motor user manual ALIGN, gak semua jenis motor/esc nyediain)