Re: TENTANG GLOW PLUG
Posted: 13 Jul 2012, 13:33
makasih om unding,soalnya sempet ragu,tapi setelah ada pencerahan gini jadi lega.
dan tinggal nunggu hasil breakinnya.
salam



salam
unding wrote:jong66 wrote:Terimakasih om Chris atas pencerahannya..![]()
Supaya lebih gamblang lg nih om, dari tabel/skema OS glowplug di atas ada type glow plug yg spek nya hampir sama, spt plug no.6/A3 (for.10-.60 2stroke) dan plug no.8 (for most 2stroke engine), kalo misalkan sy punya ASP21, lebih bagus/optimal pakai yg no.6/A.3 atau yg no.8 ya, dan bgmn penjelasannya?
Satu lg om, klo utk pencegahan/jaga2 sj, bisa ngga umur plug kita perkirakan, mungkin dr jam terbang atau mungkin dr dipakai terbang berapa kali atau dr indikator lainnya yg praktis gampang diliat, spy sblm kejadian crash krn plug mati kita sdh bs menggantinya dg yg baru..
Penjelasan dari om Chris sudah lengkap, namun berdasarkan pengalaman saya ( kalimat yg di bold) pemakaian glow plug A3 dan #8 tergantung fuel yg digunakan, A3 kalau fuel pabrikan dan #8 kalau oplosan (non nitro), analisa saya penyebabnya "mungkin" karena adanya perbedaan panjang dan diameter filamen (kawat pijar) pada masing2 glow tsb, filamen A3 diameter lebih kecil dan lebih pendek sedangkan #8 sebaliknya. Sebagaimana fungsi glow adalah menyimpan panas untuk meledakkan/membakar fuel + O2 pada siklus kerja mesin berikutnya, akan tetapi panas yg tersimpan tidak sama besarnya, karena A3 mempunyai fisik (filamen) lebih kecil maka panas yg tersimpan untuk pembakaran berikutnya lebih kecil pula dibandingkan dgn #8, karena fuel yg mengandung nitro mempunyai titik nyala lebih rendah (lebih mudah terbakar) dari fuel oplosan (non nitro) maka panas yg tesimpan pada A3 masih mampu menyalakan fuel yg bernitro akan tetapi kewalahan untuk fuel oplosan, jadi untuk itu glow #8 yg lebih cocok (oplosan)
Dalam aplikasinya umur glow sulit diprediksi, yg jelas semakin lama pemakaiannya maka filamen akan mengalami perubahan fisik terutama diameternya akan mengecil (aus akibat pembakaran) maka kapasitas penyimpanan panasnya akan menurun, dan hal ini variabelnya banyak termasuk jenis fuel yg digunakan juga tergantung keadaan udara (kandungan O2, temperatur, tekanan , kelembaban..dll)
hidayat07 wrote:kesimpulan yg sy tarik adalah (ASP21):
- untuk fuel Oplosan disarankan menggunakan Glow plug #8
- Untuk fuel Pabrikan maka yg digunakan adalah glow plug A3
hal yg sy pertanyakan buat Suhu Unding adalah bagaimana dengan glow plug yg telah diorder di HK kemaren suhu,soalnya yg sy pesan adalah glow plug A3,sementara rencananya akan di minumkan pake Oplosan......
thanx
dino wrote::tlt klo pk glow usahakan yg asli... os ato ap.... kmarin sya dbikingara2 glow os bajakan....settingnya dikecilin mati ...diborosin brebet... dmikian smoga membantu :p
singkat cerita..... mesin ku akhirnya JEBOL...
unding wrote:hidayat07 wrote:kesimpulan yg sy tarik adalah (ASP21):
- untuk fuel Oplosan disarankan menggunakan Glow plug #8
- Untuk fuel Pabrikan maka yg digunakan adalah glow plug A3
hal yg sy pertanyakan buat Suhu Unding adalah bagaimana dengan glow plug yg telah diorder di HK kemaren suhu,soalnya yg sy pesan adalah glow plug A3,sementara rencananya akan di minumkan pake Oplosan......
thanx
Masa sih yg ini dipertanyakan..?, solusinya sangat mudah om
1. ganti glow plug
2. ganti fuel
3.![]()
![]()
hidayat07 wrote:wek...wek...wek... cemerlang juga ide nya suhu,tapi.....![]()
kenafa tdk dr awal ya di setting demikian karena cita2 nya kan memakai Oplosan......tp gapapa suhu,yg jelas enginenya akan segera tiba.........2 minggu lg...bar sabar.....
unding wrote:hidayat07 wrote:wek...wek...wek... cemerlang juga ide nya suhu,tapi.....![]()
kenafa tdk dr awal ya di setting demikian karena cita2 nya kan memakai Oplosan......tp gapapa suhu,yg jelas enginenya akan segera tiba.........2 minggu lg...bar sabar.....
Buatan Cina (engine & glow plug) susah diprediksi om (presisi kurang), serba relatif.. nantilah setelah barangnya tiba dan dicoba barulah ada kesimpulan.![]()
![]()
unding wrote:hidayat07 wrote:kesimpulan yg sy tarik adalah (ASP21):
- untuk fuel Oplosan disarankan menggunakan Glow plug #8
- Untuk fuel Pabrikan maka yg digunakan adalah glow plug A3
hal yg sy pertanyakan buat Suhu Unding adalah bagaimana dengan glow plug yg telah diorder di HK kemaren suhu,soalnya yg sy pesan adalah glow plug A3,sementara rencananya akan di minumkan pake Oplosan......
thanx
Masa sih yg ini dipertanyakan..?, solusinya sangat mudah om
1. ganti glow plug
2. ganti fuel
3.![]()
![]()
EchaBakti wrote:unding wrote:hidayat07 wrote:kesimpulan yg sy tarik adalah (ASP21):
- untuk fuel Oplosan disarankan menggunakan Glow plug #8
- Untuk fuel Pabrikan maka yg digunakan adalah glow plug A3
hal yg sy pertanyakan buat Suhu Unding adalah bagaimana dengan glow plug yg telah diorder di HK kemaren suhu,soalnya yg sy pesan adalah glow plug A3,sementara rencananya akan di minumkan pake Oplosan......
thanx
Masa sih yg ini dipertanyakan..?, solusinya sangat mudah om
1. ganti glow plug
2. ganti fuel
3.![]()
![]()
Solusinya:
1. ganti fuel nitro aja om dayat
2.![]()