Page 2 of 3
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 18:52
by unding
zaki wrote:KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal
SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas
Awalnya kan normal2 saja, motor + propeller , esc dan batterei sudah oke bahkan menghabiskan 4 batterei tidak ada masalah. Sekarang baru 2 batterei sudah terbakar motornya, jadi kemungkinan penyebabnya adalah adanya kerusakan fisik terutama pada motor ; misalnya shaft bengkok atau beringnya jebol sehingga beban motor dan esc bertambah.
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 19:34
by Budiman
unding wrote:zaki wrote:KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal
SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas
Awalnya kan normal2 saja, motor + propeller , esc dan batterei sudah oke bahkan menghabiskan 4 batterei tidak ada masalah. Sekarang baru 2 batterei sudah terbakar motornya, jadi kemungkinan penyebabnya adalah adanya kerusakan fisik terutama pada motor ; misalnya shaft bengkok atau beringnya jebol sehingga beban motor dan esc bertambah.
Sependapat,Suhu..sepertinya telah terjadi short-circuited pada motor, ditandai dg hangusnya kumparan..saya perna mengalami, ditambah ESC saya ikutan hangus..
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 21:04
by zaki
unding wrote:zaki wrote:KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal
SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas
Awalnya kan normal2 saja, motor + propeller , esc dan batterei sudah oke bahkan menghabiskan 4 batterei tidak ada masalah. Sekarang baru 2 batterei sudah terbakar motornya, jadi kemungkinan penyebabnya adalah adanya kerusakan fisik terutama pada motor ; misalnya shaft bengkok atau beringnya jebol sehingga beban motor dan esc bertambah.
Budiman wrote:unding wrote:zaki wrote:KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal
SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas
Awalnya kan normal2 saja, motor + propeller , esc dan batterei sudah oke bahkan menghabiskan 4 batterei tidak ada masalah. Sekarang baru 2 batterei sudah terbakar motornya, jadi kemungkinan penyebabnya adalah adanya kerusakan fisik terutama pada motor ; misalnya shaft bengkok atau beringnya jebol sehingga beban motor dan esc bertambah.
Sependapat,Suhu..sepertinya telah terjadi short-circuited pada motor, ditandai dg hangusnya kumparan..saya perna mengalami, ditambah ESC saya ikutan hangus..
asik deh
nambah kemungkinan .. dan semua sangat mencerahkan dan menambah pengetahuan pd permasalah pada TRIO KOMPONEN ini
alhamdulillah ESC dan Batre selamat dan sudah sy lilit ulang kumparannya dan sehat lagi ....
tengkyu pak unding n pak budiman
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 21:14
by Budiman
Nambah lagi, Om Zaki
Pastikan koneksi antara motor dgn ESC jangan mengalami kendor.Karena koneksi yg kendor, cepat atopun lambat dapat menyebabkan kondisi panas yg tidak wajar juga..
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 21:22
by zaki
Budiman wrote:Nambah lagi, Om Zaki
Pastikan koneksi antara motor dgn ESC jangan mengalami kendor.Karena koneksi yg kendor, cepat atopun lambat dapat menyebabkan kondisi panas yg tidak wajar juga..
iya bener om ..apalagi saya pakai terminal KABEL

Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 21:27
by iwan21
zaki wrote:iya bener om ..apalagi saya pakai terminal KABEL

Pake terminal kabel gak masalah, asal ujung kabelnya disolder dulu, jadi yg ke jepit sekrup bukan berbentuk masih serabut , tapi udah bendolan serabut bertimah
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 21:35
by zaki
iwan21 wrote:zaki wrote:iya bener om ..apalagi saya pakai terminal KABEL

Pake terminal kabel gak masalah, asal ujung kabelnya disolder dulu, jadi yg ke jepit sekrup bukan berbentuk masih serabut , tapi udah bendolan serabut bertimah
siap ..sudah di lakukan

Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 30 Jul 2012, 21:42
by rumboko
Ikut nyimak... Om cris... Tapi kok mumet aku hehehe
Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 11 Aug 2012, 15:31
by adityabizz
numpang tanya disini boleh yah, daripada bikin trit, bingung mau tanya dimana,
kalo spek motor BL seperti ini:
RPM/v: 3600kv
Shaft: 3mm
Voltage: 7.4v~11.1v
No-load current: 1.5A @ 7.4v
Max Current: 30A
Max Watts: 300W
baiknya pakai esc yg ukuran brp ya? biar motor aman, esc aman, jadi awet dua2nya.
makasi sebelumnya

Re: Motor-ESC-Batre HOT
Posted: 11 Aug 2012, 18:13
by unding
adityabizz wrote:numpang tanya disini boleh yah, daripada bikin trit, bingung mau tanya dimana,
kalo spek motor BL seperti ini:
RPM/v: 3600kv
Shaft: 3mm
Voltage: 7.4v~11.1v
No-load current: 1.5A @ 7.4v
Max Current: 30A
Max Watts: 300W
baiknya pakai esc yg ukuran brp ya? biar motor aman, esc aman, jadi awet dua2nya.
makasi sebelumnya

Baiknya pake esc minimal 40 A, kalau motor digunakan untuk pesawat sebaiknya diameter max. propeller 5 inch.