Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Moderators: thoha, beta_james, ekozxx
Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 671
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
ikut menyimak suhu..walaupun saya dihutan tapi ekstra hati hati juga kalo dengan FPV...lalu lintas hely tanpa rute (walaupun agak jarang)tetap justru membuat saya juga khawatir masalah safety FPV dengan jarak yang jauh...disamping juga turut senang perkembangan jangkauan FPV semakin jauh, siapa tahu semakin membawa perubahan dalam teknologi buatan negeri sendiri.
salam
salam
- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Menurut saya sebagai pengamat Perkembangan FPV dan khususnya wahana berkamera ini. Perlu tanggung jawab yg besar dan kedisiplinan yang tinggi. Seperti yang kami tahu aeromodelling bukan mainan, melainkan benda (berpotensi) berbahaya yang terbang. Karena perkembangan teknologi FPV yang pesat berkembang, akhir-akhir ini muncul tren Terbang Jauh2an atau Beyond Line Of Sight. Bahaya yang bisa muncul adalah :
1. Lost Control : Kita gak tau apakah Fail safe berkerja atau tidak, namun apabila main diatas Objek seperti Gedung,Perumahan. Kejadian Lost control bisa memiju Wahana menghujam ke objek2 tsb. yang bisa mengakibatkan kerugian material. ini gak terbatas sama FPV-er. sama Normal flyer juga bisa kena resiko sedemikian rupa kalo lost control . namun ini bisa di tanggulangi dengan Pre-Flight check per terbang. diantaranya Range check
2. Mechanical Failure : Bisa-bisa platform mengalami kerusakan di udara seperti motor rusak,servo rusak, dll . apabila terjadi suatu keanehan dalam platform anda, segeralah mendarat atau return to base. kalau tidak terburu, maka carilah tempat yang lapang . biasakan lah melakukan Pre-Flight check sebelum mengudara seperti ngecek koneksi ESC,Servo,dll
Maka oleh karena itu
Play Safe! : Bermain lah dengan aman, cari tempat yang aman. Hindari terbang di tempat (atas) keramaian,Perumahan,dll . karena bisa saja kejadian terburuk terjadi seperti menabrak atap rumah, wahana multicopter Mati mesin di atas kerumunan orang atau Mobil yg lewat,dll.
Hobi Aeromodelling ini bisa di katakan naik kelas dari R/C Plane biasa menjadi Drone atau Pesawat tanpa awak,yang menurut saya harus punya disiplin,dan jam terbang yang tinggi. maka saran saya dari posting yg muter2 ini untuk kawan2 FPV-er adalah
1.Selalu ada Pendamping di sebelah anda,beliau bisa memperhatikan kemana anda terbang dan bisa mengikatkan sisa batrai/fuel saat anda menggunakan Goggles atau melototin layar televisi.
2.Pre-Flight check itu haruss! ingat duit terbang,kalo hilang ya
3.Kenali area yang anda ingin terbang, anggepan nya seperti nyupir kalo gak tau area yang mau di lewatin pasti tersesat. kalo tersesat mau tanya siapa
. saran saya adalah sebelum terbang perhatikan peta di google map, bisa membantu banget Google Maps itu. apalagi kalo dubrak,tinggal masukin koordinasi gps aja
4.High discipline , ingat aeromodelling bukan mainan, bisa bahaya loh. jadi hindari terbang yang sembrono
5. Cek cuaca, dan Planning penerbangan dan jangan lupa Set timer
6. Terbang di tempat semestinya, jangan terbang di tempat vital seperti contohnya di atas rumah pak presiden,ataupun istana kepresidenan
. Menurut saya tempat yg cocok adalah ya lapangan luas bebas halangan aja cukup bagi yang mau terbang FPV jauh, dan remote area dimana traffic air nya jarang. namun apabila penerbang FPV Jarak dekat seperti multirotor,atau pesawat imut lain nya yang tidak mempunyai tujuan jauh-jauhan, lapangan Bola pun jadi
terus apa lagi ya?
jangan sampe ada kejadian yg tidak diinginkan di dunia aeromodelling ini
yang penting sih Disiplin sama Safety
cmiiw
1. Lost Control : Kita gak tau apakah Fail safe berkerja atau tidak, namun apabila main diatas Objek seperti Gedung,Perumahan. Kejadian Lost control bisa memiju Wahana menghujam ke objek2 tsb. yang bisa mengakibatkan kerugian material. ini gak terbatas sama FPV-er. sama Normal flyer juga bisa kena resiko sedemikian rupa kalo lost control . namun ini bisa di tanggulangi dengan Pre-Flight check per terbang. diantaranya Range check
2. Mechanical Failure : Bisa-bisa platform mengalami kerusakan di udara seperti motor rusak,servo rusak, dll . apabila terjadi suatu keanehan dalam platform anda, segeralah mendarat atau return to base. kalau tidak terburu, maka carilah tempat yang lapang . biasakan lah melakukan Pre-Flight check sebelum mengudara seperti ngecek koneksi ESC,Servo,dll
Maka oleh karena itu
Play Safe! : Bermain lah dengan aman, cari tempat yang aman. Hindari terbang di tempat (atas) keramaian,Perumahan,dll . karena bisa saja kejadian terburuk terjadi seperti menabrak atap rumah, wahana multicopter Mati mesin di atas kerumunan orang atau Mobil yg lewat,dll.
Hobi Aeromodelling ini bisa di katakan naik kelas dari R/C Plane biasa menjadi Drone atau Pesawat tanpa awak,yang menurut saya harus punya disiplin,dan jam terbang yang tinggi. maka saran saya dari posting yg muter2 ini untuk kawan2 FPV-er adalah
1.Selalu ada Pendamping di sebelah anda,beliau bisa memperhatikan kemana anda terbang dan bisa mengikatkan sisa batrai/fuel saat anda menggunakan Goggles atau melototin layar televisi.
2.Pre-Flight check itu haruss! ingat duit terbang,kalo hilang ya

3.Kenali area yang anda ingin terbang, anggepan nya seperti nyupir kalo gak tau area yang mau di lewatin pasti tersesat. kalo tersesat mau tanya siapa


4.High discipline , ingat aeromodelling bukan mainan, bisa bahaya loh. jadi hindari terbang yang sembrono
5. Cek cuaca, dan Planning penerbangan dan jangan lupa Set timer
6. Terbang di tempat semestinya, jangan terbang di tempat vital seperti contohnya di atas rumah pak presiden,ataupun istana kepresidenan

terus apa lagi ya?
jangan sampe ada kejadian yg tidak diinginkan di dunia aeromodelling ini

yang penting sih Disiplin sama Safety
cmiiw
- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 633
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)



- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
hahaha, enakan di pinggiran jakarta pemandangan nya bagus
Selain itu penambah alat keselamatan adalah RSSI indicator, sangat berguna. jadi bisa tau kekuatan sinyal berapa volt. selain itu FrSky memiliki modul yg bisa bunyi kalo udah mulai lemah RC link nya :
Safety can be fun

Selain itu penambah alat keselamatan adalah RSSI indicator, sangat berguna. jadi bisa tau kekuatan sinyal berapa volt. selain itu FrSky memiliki modul yg bisa bunyi kalo udah mulai lemah RC link nya :

Safety can be fun

Last edited by Redblur on 26 Sep 2012, 09:51, edited 1 time in total.
- iwanaza
- Airman First Class
- Posts: 65
- Joined: 25 Nov 2010, 10:00
- Location: Bandar Lampung
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
ikut nyimak... safety first...




- jakatawakalna
- Senior Airman
- Posts: 136
- Joined: 16 Jan 2010, 16:44
- Location: bekasi
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
walaupun belum pernah ber fpv an...tp perlu jg nich nyimak... 

- dedy_r450
- Captain
- Posts: 1626
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
topik ini yang saya tunggu2 sebenarnya dari 1-2 tahun yang lalu. Pada saat itu nafsu utk terbang jauh dgn bantuan telemetri sudah diubun2. Beberapa gear penunjang juga sudah dikoleksi tapi terbentur dengan pertanyaan mengenai soal keamanan buat org lain dan mungkin buat orang banyak.
Nah akhir2 ini fpvan mulai marak lagi dan bahkan ada yg bangga dan berlomba2 untuk bisa menempuh jarak beribu2 meter yang mungkin saja dia tidak sadar dibalik itu semua bisa menimbulkan ancaman serius bagi org lain.
setuju dengan sifu Eko soal pisau, yang akan bisa disalahgunakan oleh yg megang. tapi apakah kita layak membiarkan seorang anak kecil memegang dan bermain2 dengan pisau tsb.
semoga dengan adanya topik ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi siapa saja terutama yang tertarik dengan fpv ini
Nah akhir2 ini fpvan mulai marak lagi dan bahkan ada yg bangga dan berlomba2 untuk bisa menempuh jarak beribu2 meter yang mungkin saja dia tidak sadar dibalik itu semua bisa menimbulkan ancaman serius bagi org lain.
setuju dengan sifu Eko soal pisau, yang akan bisa disalahgunakan oleh yg megang. tapi apakah kita layak membiarkan seorang anak kecil memegang dan bermain2 dengan pisau tsb.
semoga dengan adanya topik ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi siapa saja terutama yang tertarik dengan fpv ini
- fahmi43
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 09 Apr 2012, 20:03
- Location: Depok
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Redblur wrote:hahaha, enakan di pinggiran jakarta pemandangan nya bagus![]()
Selain itu penambah alat keselamatan adalah RSSI indicator, sangat berguna. jadi bisa tau kekuatan sinyal berapa volt. selain itu FrSky memiliki modul yg bisa bunyi kalo udah mulai lemah RC link nya :
Safety can be fun
ekozxx wrote::mtp Setuju sekali om Redblur...dari yang lain klo ada masukan tambahan spy lengkap..utk di Jkt saya stop terbang jauh deh..![]()
Jadi kapan nih kita trip ke Bali, Lombok, Bromo, FPV-an di tempat yg sepi sambil menikmati pemandangan alam..
- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 633
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
dedy_r450 wrote:topik ini yang saya tunggu2 sebenarnya dari 1-2 tahun yang lalu. Pada saat itu nafsu utk terbang jauh dgn bantuan telemetri sudah diubun2. Beberapa gear penunjang juga sudah dikoleksi tapi terbentur dengan pertanyaan mengenai soal keamanan buat org lain dan mungkin buat orang banyak.
Nah akhir2 ini fpvan mulai marak lagi dan bahkan ada yg bangga dan berlomba2 untuk bisa menempuh jarak beribu2 meter yang mungkin saja dia tidak sadar dibalik itu semua bisa menimbulkan ancaman serius bagi org lain.
setuju dengan sifu Eko soal pisau, yang akan bisa disalahgunakan oleh yg megang. tapi apakah kita layak membiarkan seorang anak kecil memegang dan bermain2 dengan pisau tsb.
semoga dengan adanya topik ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi siapa saja terutama yang tertarik dengan fpv ini
Di Inggris FPV dilarang KECUALI bergabung dengan dengan klub/organisasi FPV . Saran saya meskipun disini belum diatur, minimal dari forum bisa menghubungkan para pecinta FPV agar dibuat konsesus bersama dibuat poin2 sebagai acuan bagaimana ber-FPV dengan aman dan nyaman. Spt OSD+RTH+Autolevel+RSSI, adalah mandatory item, dan WAJIB didampingi, berat, kecepatan pesawat juga masuk daftar.
fahmi43 wrote:Redblur wrote:hahaha, enakan di pinggiran jakarta pemandangan nya bagus![]()
Selain itu penambah alat keselamatan adalah RSSI indicator, sangat berguna. jadi bisa tau kekuatan sinyal berapa volt. selain itu FrSky memiliki modul yg bisa bunyi kalo udah mulai lemah RC link nya :
Safety can be funekozxx wrote::mtp Setuju sekali om Redblur...dari yang lain klo ada masukan tambahan spy lengkap..utk di Jkt saya stop terbang jauh deh..![]()
Jadi kapan nih kita trip ke Bali, Lombok, Bromo, FPV-an di tempat yg sepi sambil menikmati pemandangan alam..
Jauh amat ??? Hambalang aja om..
- rachmatjeny
- Captain
- Posts: 1670
- Joined: 19 Mar 2009, 21:55
- Location: Depok
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
pakein 2 kamera aja. depan dan blakang.
kamera blakang sebagai spion. bisa di swit, untuk liat keadaan belakang wahana.

kamera blakang sebagai spion. bisa di swit, untuk liat keadaan belakang wahana.
