Charge AKI > charge RC

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

User avatar
emilhp
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 738
Joined: 27 Oct 2008, 15:22
Location: Pangkalan Kerinci-Pelalawan - Riau
Contact:

Re: Charge AKI > charge RC

Post by emilhp »

Katanya sih . .Chargernya harus lebih besar [V/A] dari yg di charge, kalau tidak chargernya yg malah jadi blussshhh . . (sotaw = on)
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Charge AKI > charge RC

Post by justinus »

Saya kalau ngecas aki ya pakai charger RC yang ada menu Pb, dan colokan listrik. Nanti akinya dibuat ngecas batere dilapangan dengan charger yang sama.
User avatar
bhuton
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 263
Joined: 19 Jun 2011, 18:45

Re: Charge AKI > charge RC

Post by bhuton »

Mau tanya donk om klo utk charger aki motor yg digunkan utk cash dilapangan bisa brapa kali nge cash? Kebetulan sya pnya imax b6ac dan aki motor yg udh lemah kira2 bsa di pake gk suhu..
User avatar
novianwf
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 185
Joined: 27 Apr 2012, 17:35
Location: yogyakarta(asline Malang)

Re: Charge AKI > charge RC

Post by novianwf »

bhuton wrote:Mau tanya donk om klo utk charger aki motor yg digunkan utk cash dilapangan bisa brapa kali nge cash? Kebetulan sya pnya imax b6ac dan aki motor yg udh lemah kira2 bsa di pake gk suhu..


menrut pengalaman ane seh bisa om tapi nanti bakalan cepet habis aki motornya kan udah lemah tuh cepet low voltage setau saya minim buat power supply imax b6a 11v ya ..?

ane pernah nyoba gitu
tapi biasanya ane charge di aki motor yang sehat nanti langsung panasin motor setelah dipakai charge biar ga ngedrop heheh
User avatar
fly123
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 228
Joined: 24 Nov 2010, 10:40
Location: Lampung Timur

Re: Charge AKI > charge RC

Post by fly123 »

Kalau buat cas aki kering bisa nggk ya,(pb kan yang pakai air aki).
User avatar
black_knight
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 135
Joined: 13 Feb 2008, 20:57
Location: Semarang
Contact:

Re: Charge AKI > charge RC

Post by black_knight »

fly123 wrote:Kalau buat cas aki kering bisa nggk ya,(pb kan yang pakai air aki).

Aki "Kering" itu hanya istilah om...
Bedanya adalah pada aki "kering" lubang untuk pengisian ulang air aki pada aki "basah" ditutup rapet oleh pabrikan..
Kalo di tempat jual aki "bekas" biasanya di congkel dan di buka oleh si yg punya usaha.. Kemudian di isi ulang dengan Accu Zuur lalu ditutup kembali (biasanya dengan memakai lem besi warna hitam dex*one) da kemudian di jual kembali...
Jadi Aki "kering" pun ttp ada cairan asamnya...
User avatar
bhuton
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 263
Joined: 19 Jun 2011, 18:45

Re: Charge AKI > charge RC

Post by bhuton »

Kali pada aki motor
Normal seteLah di charge full visa brava Kali pemakain ?
User avatar
black_knight
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 135
Joined: 13 Feb 2008, 20:57
Location: Semarang
Contact:

Re: Charge AKI > charge RC

Post by black_knight »

bhuton wrote:Kali pada aki motor
Normal seteLah di charge full visa brava Kali pemakain ?


Aki motor saya udah 3 tahun belum pernah habis listriknya... :dc3 :hi3
User avatar
fahmi43
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 308
Joined: 09 Apr 2012, 20:03
Location: Depok

Re: Charge AKI > charge RC

Post by fahmi43 »

iwan21 wrote:Pb = plumbum alias timbal alias timah hitam, itu bahan utk plat sel dari aki
makanya aki kadang disebut juga batere timah asam, karena platnya dari timah hitam dan diantara plat2 tersebut diisi cairan asam sulfat
tapi gak tau kalo batere generasi jaman sekarang ( jenis MF), masih sama apa enggak bahannya


Aki MF atau Aki kering, sama2 pakai bahan PB, yang beda hanya zat asam nya saja, aki konvensional, pakai air zuur, sedangkan pada aki MF/Kering, zat asam nya bukan cair, melainkan Gel. karena bentuk GEL ini, ketika sedang bereaksi tidak berubah menjadi uap seperti air zuur, makanya ga perlu isi2 air aki (Maintenance Free / MF)

yang perlu diperhatikan ketika charge aki adalah besar arusnya, maksimum adalah 0,1C alias 1/10 dari kapasitas AKI nya,misal aki dengan kapasitas 7A, maka charge dengan arus 0.7A (Penuh dalam waktu 10jam), lebih aman lagi charge dengan arus 0.5A. Charge dengan arus lebih dari 0.1C bisa bikin aki panas, lebih bahaya lagi bisa meledak.
User avatar
fly123
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 228
Joined: 24 Nov 2010, 10:40
Location: Lampung Timur

Re: Charge AKI > charge RC

Post by fly123 »

black_knight wrote:
fly123 wrote:Kalau buat cas aki kering bisa nggk ya,(pb kan yang pakai air aki).

Aki "Kering" itu hanya istilah om...
Bedanya adalah pada aki "kering" lubang untuk pengisian ulang air aki pada aki "basah" ditutup rapet oleh pabrikan..
Kalo di tempat jual aki "bekas" biasanya di congkel dan di buka oleh si yg punya usaha.. Kemudian di isi ulang dengan Accu Zuur lalu ditutup kembali (biasanya dengan memakai lem besi warna hitam dex*one) da kemudian di jual kembali...
Jadi Aki "kering" pun ttp ada cairan asamnya...

aki kering cuma namanya aja ya,baru tau, :thx
tambah ilmu nih
Post Reply