Page 2 of 4

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 15:38
by emilhp
Katanya sih . .Chargernya harus lebih besar [V/A] dari yg di charge, kalau tidak chargernya yg malah jadi blussshhh . . (sotaw = on)

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 16:58
by justinus
Saya kalau ngecas aki ya pakai charger RC yang ada menu Pb, dan colokan listrik. Nanti akinya dibuat ngecas batere dilapangan dengan charger yang sama.

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 17:30
by bhuton
Mau tanya donk om klo utk charger aki motor yg digunkan utk cash dilapangan bisa brapa kali nge cash? Kebetulan sya pnya imax b6ac dan aki motor yg udh lemah kira2 bsa di pake gk suhu..

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 18:07
by novianwf
bhuton wrote:Mau tanya donk om klo utk charger aki motor yg digunkan utk cash dilapangan bisa brapa kali nge cash? Kebetulan sya pnya imax b6ac dan aki motor yg udh lemah kira2 bsa di pake gk suhu..


menrut pengalaman ane seh bisa om tapi nanti bakalan cepet habis aki motornya kan udah lemah tuh cepet low voltage setau saya minim buat power supply imax b6a 11v ya ..?

ane pernah nyoba gitu
tapi biasanya ane charge di aki motor yang sehat nanti langsung panasin motor setelah dipakai charge biar ga ngedrop heheh

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 18:34
by fly123
Kalau buat cas aki kering bisa nggk ya,(pb kan yang pakai air aki).

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 19:37
by black_knight
fly123 wrote:Kalau buat cas aki kering bisa nggk ya,(pb kan yang pakai air aki).

Aki "Kering" itu hanya istilah om...
Bedanya adalah pada aki "kering" lubang untuk pengisian ulang air aki pada aki "basah" ditutup rapet oleh pabrikan..
Kalo di tempat jual aki "bekas" biasanya di congkel dan di buka oleh si yg punya usaha.. Kemudian di isi ulang dengan Accu Zuur lalu ditutup kembali (biasanya dengan memakai lem besi warna hitam dex*one) da kemudian di jual kembali...
Jadi Aki "kering" pun ttp ada cairan asamnya...

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 19:44
by bhuton
Kali pada aki motor
Normal seteLah di charge full visa brava Kali pemakain ?

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 18 Dec 2012, 19:48
by black_knight
bhuton wrote:Kali pada aki motor
Normal seteLah di charge full visa brava Kali pemakain ?


Aki motor saya udah 3 tahun belum pernah habis listriknya... :dc3 :hi3

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 19 Dec 2012, 00:06
by fahmi43
iwan21 wrote:Pb = plumbum alias timbal alias timah hitam, itu bahan utk plat sel dari aki
makanya aki kadang disebut juga batere timah asam, karena platnya dari timah hitam dan diantara plat2 tersebut diisi cairan asam sulfat
tapi gak tau kalo batere generasi jaman sekarang ( jenis MF), masih sama apa enggak bahannya


Aki MF atau Aki kering, sama2 pakai bahan PB, yang beda hanya zat asam nya saja, aki konvensional, pakai air zuur, sedangkan pada aki MF/Kering, zat asam nya bukan cair, melainkan Gel. karena bentuk GEL ini, ketika sedang bereaksi tidak berubah menjadi uap seperti air zuur, makanya ga perlu isi2 air aki (Maintenance Free / MF)

yang perlu diperhatikan ketika charge aki adalah besar arusnya, maksimum adalah 0,1C alias 1/10 dari kapasitas AKI nya,misal aki dengan kapasitas 7A, maka charge dengan arus 0.7A (Penuh dalam waktu 10jam), lebih aman lagi charge dengan arus 0.5A. Charge dengan arus lebih dari 0.1C bisa bikin aki panas, lebih bahaya lagi bisa meledak.

Re: Charge AKI > charge RC

Posted: 19 Dec 2012, 06:17
by fly123
black_knight wrote:
fly123 wrote:Kalau buat cas aki kering bisa nggk ya,(pb kan yang pakai air aki).

Aki "Kering" itu hanya istilah om...
Bedanya adalah pada aki "kering" lubang untuk pengisian ulang air aki pada aki "basah" ditutup rapet oleh pabrikan..
Kalo di tempat jual aki "bekas" biasanya di congkel dan di buka oleh si yg punya usaha.. Kemudian di isi ulang dengan Accu Zuur lalu ditutup kembali (biasanya dengan memakai lem besi warna hitam dex*one) da kemudian di jual kembali...
Jadi Aki "kering" pun ttp ada cairan asamnya...

aki kering cuma namanya aja ya,baru tau, :thx
tambah ilmu nih