Permisi Om benny ikut nimbrung juga biar tambah pengetahuan soal engine Engine nya pakai regulator atau gak om? Kalo asumsi saya sama dengan om Budi, engine terlalu rich. Kalo2 regulator fuel nya bermasalah sehingga fuel menyembur lebih kencang kedalam karburator, yang mengakibatkan setting main needle jadi berubah.
ayung_bjm wrote:Permisi Om benny ikut nimbrung juga biar tambah pengetahuan soal engine Engine nya pakai regulator atau gak om? Kalo asumsi saya sama dengan om Budi, engine terlalu rich. Kalo2 regulator fuel nya bermasalah sehingga fuel menyembur lebih kencang kedalam karburator, yang mengakibatkan setting main needle jadi berubah.
Engine masih standar bawaan suhu,gak pake regulator....... ada saran lain gk nih dari para suhu di gaero....
ahmadbenny wrote: Hem.. kalo seperti tsb diatas, kyknya engine terlalu rich om bukaan spuyernya. Makanya RPM-nya rendah, dan efeknya heli jd manggut-manggut. Sebaiknya ditutup 2-2klik sj sampe enak hovernya(tp jgn sampe over heat).
Yang sekarang bukaan needlenya saya kasih 1 putaran+4klik,itu berembun om.....sampe saya buka cuma 1 putaran masih berembun om,back platenya juga cuma anget ajh gk seperti biasa'y,udah gtu dari mufler juga banyak keluar cairan,kalo saya tutup lagi 2 klik kira2 gmn ya om... ap ada solusi laen om...
secara fisik itu memang heli terlalu rich..., carbu berembun coba ditutup lagi Mas..DGN CATT...ketika diterbangkan lagi eng tidak sampai over heating. Tapi kalo dari ket bukaan needle Cuman 1 putaran...kayaknya perlu dicermati lagi yg berhub dg pembakaran ini....kondisi nyala busi, kualitas bbm nya, tendangan balik udara dari mufler ke tanki bbm
ahmadbenny wrote: Hem.. kalo seperti tsb diatas, kyknya engine terlalu rich om bukaan spuyernya. Makanya RPM-nya rendah, dan efeknya heli jd manggut-manggut. Sebaiknya ditutup 2-2klik sj sampe enak hovernya(tp jgn sampe over heat).
Yang sekarang bukaan needlenya saya kasih 1 putaran+4klik,itu berembun om.....sampe saya buka cuma 1 putaran masih berembun om,back platenya juga cuma anget ajh gk seperti biasa'y,udah gtu dari mufler juga banyak keluar cairan,kalo saya tutup lagi 2 klik kira2 gmn ya om... ap ada solusi laen om...
secara fisik itu memang heli terlalu rich..., carbu berembun coba ditutup lagi Mas..DGN CATT...ketika diterbangkan lagi eng tidak sampai over heating. Tapi kalo dari ket bukaan needle Cuman 1 putaran...kayaknya perlu dicermati lagi yg berhub dg pembakaran ini....kondisi nyala busi, kualitas bbm nya, tendangan balik udara dari mufler ke tanki bbm
Nah...yang saya tebalin,ap mungkin ya suhu...emang slang yang menghubungkan k muffler agak ketat/pas2an....
Duduk di pojokan ah,...menyimak... Main heli engine emang betul2 kudu ngerti engine, selain heli itu sendiri. Makanya untuk fixed wing aja saya blm minat main engine.
KBSantoso wrote:Duduk di pojokan ah,...menyimak... Main heli engine emang betul2 kudu ngerti engine, selain heli itu sendiri. Makanya untuk fixed wing aja saya blm minat main engine.
Jangan duduk di pojokan om,geser dikit k tengah,ntar gk kbagian jatah konsumsinya loh......
Rumit juga yah ternyata, engine padahal sepertinya sederhana ternyata rumit juga, kompresi ok, busi ok, BBm Ok, karbu Ok, tau deh ikut nyimak aja .........
Engine standart bawaan ini engine apa ya???... Asumsi saya, ini engine sekelas OS 50 ato OS 55 ato sejenisnya ...indikasi yang disebutkan sangat jelas menunjukkan engine terlalu rich...jika engine lama "tidur"nya, maka kalo saya sih, saya balikkin semua needle setting ke standart agak rich dikit, trus heli hover sekian menit, ini bertujuan sekedar melumasi internal part engine serta mengembalikan temperatur kerja normal engine secara perlahan. Mixing needle akan saya perhatikan juga berdasarkan kualitas engine saat "idle" ato "langsam". Intinya, hover dulu secara manual tanpa governor... Setelah temperatur engine mulai terasa, dan kemudian baru memperhatikan akselerasi heli, mulai saat take off hingga pitch paling maksimal. Jika dirasa akselerasi kurang "sreg", baru di tutup needle " klik" per "klik", namun jangan sampe kebablasan. Yang pasti, temperatur engine tetap diperhatikan setiap saat.Jika kita tidak mampu menyentuh back plate engine selama 6 detik, berarti engine over heat dengan sangat sukses. Ini semua berdasarkan pengamatan dari engine sendiri, namun tidak ada salahnya juga sebelum melakukan yg di atas , perlu untuk memeriksa throttle serta pitch curve,bagaimana kerja servo throttle, serta kualitas kompresi engine sebelum di "nyala"kan..
Setelah beberapa x melakukan experiment sesuai anjuran para suhu di gaero,ahirnya heli saya kembali normal,... cuma ada satu ke kwatiran dengan setingan karburator saya saat ini,karena engine baru terasa enak dan normal dengan posisi needle di buka satu putaran dan di tutup lgi 6klik,trus posisi mixture valve nya di buka kekanan skitar sudut 45 derajat,di coba hover beberapa menit cek back plate dah panas normal,... karena menurut pendapat beberapa orang teman bukaan needle jangan kurang dari satu putaran dan posisi mixture valve jangan di rubah2 atau tetap lurus,jadi bingung nih..... mohon pencerahan'y dari para suhu heli di gaero,karena kondisi seperti ini membuat saya gak nyaman klo nerbangin heli saya....
mixture needle dianjurkan oleh pabrik tetap pada posisi " default" alias tegak lurus...kalo sampe tutup 6 klik dari satu putaran buka...ya mungkin saja, engine se-olah2 balik ke kondisi semula, karena mixture Anda buka 45 derajat...kalo saya sih, jujur tidak nyaman dg kondisi needle yang demikian...