Page 2 of 3

Re: brushed motor maintenance

Posted: 16 Aug 2013, 13:31
by Faridfadlan
zaki wrote:klo masih serem..jgn lupa pasang training kit ..biar ga ngejungkel di lantai helinya :dc3


Mungkin bukan takut kejungkel pak guru... tapi nabrak pilotnya he he sorry bercanda.....

Re: brushed motor maintenance

Posted: 16 Aug 2013, 19:02
by anjar_srac
saran coba gulung ulang lilitannya
silahkan ikuti topik [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Re: brushed motor maintenance

Posted: 16 Aug 2013, 23:03
by eki_sianto
kelemahan dari motor brushed memang terletak pada sikat arangnya hal ini bisa terlihat semakin melamahnya putaran motor atau motor terlihat tidak bertenaga, dari pengalaman ane motor tidak bisa di ganti carbon brush nya kecuali motor ini design nya seperti motor gerinda atau motor hand drill yg carbon brushnya bisa di ganti bila sudah aus, solusinya adalah motor harus diganti dgn yg baru, atau kalau om mau bisa mengganti sendiri dgn carbon motor handrill tapi harus disesuaikan dgn holder carbonnya yg perlu di perhatikan carbon harus duduk mapan atau terikat mapan pada holder agar transfer arus bisa maksimal karena kalau tidak maka motor tidak akan maksimal :gg ane pernah nyoba tapi gagal :gg

Re: brushed motor maintenance

Posted: 17 Aug 2013, 01:10
by wisnumurti
Faridfadlan wrote:
zaki wrote:klo masih serem..jgn lupa pasang training kit ..biar ga ngejungkel di lantai helinya :dc3


Mungkin bukan takut kejungkel pak guru... tapi nabrak pilotnya he he sorry bercanda.....


Hahahaha..lhoo kok sudah tau kalo nabrak pilotnya..??

Re: brushed motor maintenance

Posted: 17 Aug 2013, 01:12
by wisnumurti
eki_sianto wrote:kelemahan dari motor brushed memang terletak pada sikat arangnya hal ini bisa terlihat semakin melamahnya putaran motor atau motor terlihat tidak bertenaga, dari pengalaman ane motor tidak bisa di ganti carbon brush nya kecuali motor ini design nya seperti motor gerinda atau motor hand drill yg carbon brushnya bisa di ganti bila sudah aus, solusinya adalah motor harus diganti dgn yg baru, atau kalau om mau bisa mengganti sendiri dgn carbon motor handrill tapi harus disesuaikan dgn holder carbonnya yg perlu di perhatikan carbon harus duduk mapan atau terikat mapan pada holder agar transfer arus bisa maksimal karena kalau tidak maka motor tidak akan maksimal :gg ane pernah nyoba tapi gagal :gg

Sipp matur nuwun sharing pengalamannya..

Re: brushed motor maintenance

Posted: 18 Aug 2013, 10:38
by iwan21
selain penyakit di brushednya ( motor murah malah gak pake carbon brushed, tapi langsung plat kuningan/tembaga, ini lebih susah lai karena kalu aus ya habis tembaganya), juga magnet melemah, kalu yg ini ya lebih susah lagi betulinnya selain ganti langsung aja motornysa

Re: brushed motor maintenance

Posted: 18 Aug 2013, 12:52
by Firman87
hampir sama nih problemnya kaya heli mainan" toys" gara-gara digeber tiap hari tembaganya habis karena tidak pakai arang,oleh motornya mini.
di coba diganti tembaganya berhasil namun tenaganya kurang kalo digas sedikit tidak mau bergerak motornya.nah klo digas full atau setengah baru mau gerak dan muter tu baling-balingnya heli namun tidak mau terbang tinggi paling-paling setinggi mata kaki.
alhasil gara-gara dipaksa terus-terusan,bukannya terbang malah :duar kebakar komponen elektriknya.bikin jera deh.
asepnya buanyak.
ternyata setelah diselidiki kaki tembaganya konslet,bersentuhan habis dipaksa buat terbang :nw :nw

Re: brushed motor maintenance

Posted: 18 Aug 2013, 23:30
by wisnumurti
iwan21 wrote:selain penyakit di brushednya ( motor murah malah gak pake carbon brushed, tapi langsung plat kuningan/tembaga, ini lebih susah lai karena kalu aus ya habis tembaganya), juga magnet melemah, kalu yg ini ya lebih susah lagi betulinnya selain ganti langsung aja motornysa


Hehehe Iya om Iwan kayaknya nih heli jadiin pajangan saja apa yaa..cari cari info gimana ngelepas komponen elektronik diganti dengan rx biasa tapi msh blm ada topik gimana carana gyro buat ngontrol esc buat tail rotor..dan kayaknya malah biayanya tambah gedhee hehehehe..cuma di anggurin sayang ini heli..teman di kamar tamu..trim masukannya om

Re: brushed motor maintenance

Posted: 18 Aug 2013, 23:34
by wisnumurti
Firman87 wrote:hampir sama nih problemnya kaya heli mainan" toys" gara-gara digeber tiap hari tembaganya habis karena tidak pakai arang,oleh motornya mini.
di coba diganti tembaganya berhasil namun tenaganya kurang kalo digas sedikit tidak mau bergerak motornya.nah klo digas full atau setengah baru mau gerak dan muter tu baling-balingnya heli namun tidak mau terbang tinggi paling-paling setinggi mata kaki.
alhasil gara-gara dipaksa terus-terusan,bukannya terbang malah :duar kebakar komponen elektriknya.bikin jera deh.
asepnya buanyak.
ternyata setelah diselidiki kaki tembaganya konslet,bersentuhan habis dipaksa buat terbang :nw :nw

Lumayan masih ada 2 servo yang bisa dipakai buat pesawat terbang om...hehhe..

Re: brushed motor maintenance

Posted: 19 Aug 2013, 10:22
by Maria Nindhya
wisnumurti wrote:
Maria Nindhya wrote:Ikutan nyimak ah... :gg
soalnya punya kasus yang sama dengan heli saya... mau di modif ke brushless, belum berhasil...

Kalo modif Ke brushless kayake hargane bisa sampe sejutaan deh..untuk yang hely coaxial..tadi mampir Ke lhs nanya barange sudah gak ada...kalo ada sih lumayan bisa di uji coba..yang satu bisa untuk stock..maklum heli mainan saya heli fq777 single blade..dgn motor 180 satu biji dan ada tail motornya mbak..

aku nemu ini
Image
blm aku coba... :hi3