andreas13 wrote:lipo nya di cek per cell nya pakai volt-meter gimana pak?
perhatikan om...apa saran om andreas ini...cek percell, kalau dicek menurut foto terlampir,salah satu jalur dari salah satu sel putus jelas bateray akan terbaca mati.
Om Andreas & Om Panji.... ... di cek per-cell ternyata ada 1 sell yg tidak hudup....... setelah saya buka yg putus plat 1 cell baterai kutub + (plat dari kutub positif baterai yg berhub ke tempat solderan kabel kutub + ) dicek juga cell yg putus ini ternyata masih hidup (volt 4,2....).... sepertinya waktu ESC short menyebabkan plat ini putus (saya sangka baterai mati total.....
Cuma kok ngak bisa ya plat baterai positif ini disolder langsung ke Kabel plusnya....?... kayaknya perlu "cairan solder" ajaibnya om unding nih.....
HUTOMO123 wrote:Cuma kok ngak bisa ya plat baterai positif ini disolder langsung ke Kabel plusnya....?... kayaknya perlu "cairan solder" ajaibnya om unding nih.....
Salam
Platnya memang gak bisa disolder om karena bahannya alumunium, itu biasanya disambung pake las titik dg plat seng, nah yg putus itu justru plat sengnya yg bisa dioslder. kalo udah gini, kalo saya sih, itu sel yg putus platnya saya keluarin, batere jadi tinggal 2 sel aja ( dirumah ada beberapa sel kayak gitu yg jadi ngangur hikss....)
HUTOMO123 wrote:Cuma kok ngak bisa ya plat baterai positif ini disolder langsung ke Kabel plusnya....?... kayaknya perlu "cairan solder" ajaibnya om unding nih.....
Salam
Platnya memang gak bisa disolder om karena bahannya alumunium, itu biasanya disambung pake las titik dg plat seng, nah yg putus itu justru plat sengnya yg bisa dioslder. kalo udah gini, kalo saya sih, itu sel yg putus platnya saya keluarin, batere jadi tinggal 2 sel aja ( dirumah ada beberapa sel kayak gitu yg jadi ngangur hikss....)
iya om iwan.... kemarin sdh saya jadikan 2 Cell baterainya.... ehhh tadi sore lagi terpikir... kenapa tidak dilubangi plat yg masih nongor 1mm dan dimasukkan kawat email 0,3mm yg sdh dikerok,... kayak menjahit diplat seng tersebut.... dan di solder & hasil solderan di press dikit pakai tang ...di tes pakai wattmeter...wah nyala.. 4,2 Volt dan barusan saya gabung lagi jadi 3 Cell..... dan di watt meter tertera 12,8 Volt.... sabtu pagi tes dulu ...solderan ini tahan atau tidak ... Baterai mudah2an selamat....... namun ESC kayaknya KO sudah.....
HUTOMO123 wrote:Cuma kok ngak bisa ya plat baterai positif ini disolder langsung ke Kabel plusnya....?... kayaknya perlu "cairan solder" ajaibnya om unding nih.....
Salam
Platnya memang gak bisa disolder om karena bahannya alumunium, itu biasanya disambung pake las titik dg plat seng, nah yg putus itu justru plat sengnya yg bisa dioslder. kalo udah gini, kalo saya sih, itu sel yg putus platnya saya keluarin, batere jadi tinggal 2 sel aja ( dirumah ada beberapa sel kayak gitu yg jadi ngangur hikss....)
iya om iwan.... kemarin sdh saya jadikan 2 Cell baterainya.... ehhh tadi sore lagi terpikir... kenapa tidak dilubangi plat yg masih nongor 1mm dan dimasukkan kawat email 0,3mm yg sdh dikerok,... kayak menjahit diplat seng tersebut.... dan di solder & hasil solderan di press dikit pakai tang ...di tes pakai wattmeter...wah nyala.. 4,2 Volt dan barusan saya gabung lagi jadi 3 Cell..... dan di watt meter tertera 12,8 Volt.... sabtu pagi tes dulu ...solderan ini tahan atau tidak ... Baterai mudah2an selamat....... namun ESC kayaknya KO sudah.....
Salam
om saya pernah melakukan langkah tersebut bahkan saya pakai tembaga yang biasa buat serap timah , saya lobang konduktornya dan saya seperti sulam dan saya pres pakai tang terus saya cor pakai timah... hasilnya saat dipakai terbang ... beberapakali akhirnya losss sambungannya mungkin awalnya panas dan timbul FONG disambungannya ... dan CRASSSH....
jadi sayang cuma gara gara hal seperti ini banyak part yang rusak... saran saya jangan dicoba om ...