Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Diskusi Produk Heli & Multirotor
Forum rules
Mohon perhatian !!
1. Ini room untuk mendiskusikan produk2 heli dan multi rotor , bukan promosi produk ..
2. HS ( pemilik , sales, makelar ) dilarang mempromosikan / mendiskusikan barang dagangannya di room ini .
3. Dilarang mengadakan transaksi jual beli disini
4. Admin/ Moderator berhak mengedit , menghapus postingan / thread yang dianggap tidak sesuai .
5. Member yang melanggar aturan main akan dibanned .

Peraturan akan direvisi sewaktu waktu bilamana perlu .
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by ipin17 »

terima kasih om christoffel, charger saya turnigy accucell 6, informasi internal resistansi di bagian mana ya ?, belum saya oprek2 sih info di charger, dan watt meter saya belum punya, ntar saya tanya sama temen2 di tarakan apa ada yg punya untuk bantu test

Untuk kemungkinan A belum bisa saya lakukan krn blm ada dana lebih untuk beli batt 50C keatas, temen2 di tarakan rata2 pakai batt zippy/rhino/turnigy dgn nilai C maksimal 30A, sudah sy tanya mereka tidak ada yg punya diatas itu, nah untuk kemungkinan B memang ada krn saya ada pakai konektor DEAN/T-Plug di sisi Voltage/current sensor selain XT60 di sambungan batt dan Power Distribution Board yang menghubungan ke ESC dan BEC. ntar dean connector nya akan saya coba lepas saja

Untuk kabel pararel batt saya pakai yang ukurannya sama dengan kabel batt dan kabel dari power dstribution board, apakah kabel pararel ini harus lebih besar?, sehingga disini timbul resistansi yang tinggi.

Nanti malam akan saya evaluasi lagi seluruh sambungan/connector dan pengkabelan quad saya, nanti akan saya foto sebelum di ganti dan sesudah nya, serta hasil nya juga, moga2 solved :doa
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by christoffel »

kabel paralel memang harus lebih besar dari kabel batt karena kabel batt kan hanya digunakan oleh batt itu sendiri sedangkan kabel paralel nya kan digunakan bersama oleh 2 batt. jadi luas penampang kabel paralel nya harus 2x lipat lebih besar (kalau paralel nya 3 batt, ya harus 3x lipat). karena luas lingkaran = pi . R^2 maka supaya luas penampang nya 2x lipat, kabelnya cukup dibesarin akar(2) kali lipat saja. akar(2)=kurang lebih 1.4 untuk gampang nya.

Dean connector memang kurang bagus pak, sebaiknya pake produk jaman sekarang aja ... hehehe ...
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by ipin17 »

Terima kasih om chris, ntar malam sy oprek lagi pengkabelan nya
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by panjitohaga »

ipin17 wrote:terima kasih om christoffel, charger saya turnigy accucell 6, informasi internal resistansi di bagian mana ya ?, belum saya oprek2 sih info di charger, dan watt meter saya belum punya, ntar saya tanya sama temen2 di tarakan apa ada yg punya untuk bantu test



Kalo ngga salah di Turnigy accucell 6 ada di bagian Type > Test LiXX Internal Resistance

Saya sarankan baca2 lagi mengenai cara mengukur IR (internal resistance) karena hasil ukurnya bisa berbeda2 (relative) tergantung dari banyak hal seperti temperature ruangan, kondisi batere saat di ukur (berisi penuh/setengah/hampir habis/baru selesai di charge dan lain2).
User avatar
asoenhauw
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 803
Joined: 18 May 2010, 14:28
Location: Bogor
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by asoenhauw »

christoffel wrote:kabel paralel memang harus lebih besar dari kabel batt karena kabel batt kan hanya digunakan oleh batt itu sendiri sedangkan kabel paralel nya kan digunakan bersama oleh 2 batt. jadi luas penampang kabel paralel nya harus 2x lipat lebih besar (kalau paralel nya 3 batt, ya harus 3x lipat). karena luas lingkaran = pi . R^2 maka supaya luas penampang nya 2x lipat, kabelnya cukup dibesarin akar(2) kali lipat saja. akar(2)=kurang lebih 1.4 untuk gampang nya.

Dean connector memang kurang bagus pak, sebaiknya pake produk jaman sekarang aja ... hehehe ...



kalau saya utk paralel batterynya tanpa kabel, Connector XT langsung disolder male ke female-nya
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by christoffel »

nilai IR pada charger adalah hasil pengukuran pada interval terakhir, jadi baca nilai nya waktu batt sudah penuh atau hampir penuh saja.
mengetahui nilai IR dari charger, hanya untuk mendapat gambaran mengenai kesehatan batt saja.
jadi nggak perlu harus teliti, kasar nya saja, karena ini adalah IR saat charging, sedang yg kita butuhkan sebenarnya adalah IR saat deep discharge.

kalau saya lebih cenderung pake cara cepat,
christoffel wrote:sebenarnya dari pengukuran watt meter bisa diketahui, kalau full throtle trus tiba2 di close tegangan batt ber-angsur2 kembali naik, berarti A. kalu kembali naik nya juga tiba2, berarti B.

cuma perlu voltmeter saja.
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by ipin17 »

asoenhauw wrote:kalau saya utk paralel batterynya tanpa kabel, Connector XT langsung disolder male ke female-nya


Wah om asoen, gimana cara nya?, bisa di kasih pic?
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by ipin17 »

panjitohaga wrote:
Kalo ngga salah di Turnigy accucell 6 ada di bagian Type > Test LiXX Internal Resistance

Saya sarankan baca2 lagi mengenai cara mengukur IR (internal resistance) karena hasil ukurnya bisa berbeda2 (relative) tergantung dari banyak hal seperti temperature ruangan, kondisi batere saat di ukur (berisi penuh/setengah/hampir habis/baru selesai di charge dan lain2).


Makasih ya om panji, ntar saya liat2 di charger, selama ini pas nge charge yg saya perhatikan cuman current dan volt yg masuk ke tiap cell aja
User avatar
ipin17
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 20 Dec 2008, 14:32
Location: Tarakan - Kaltim
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by ipin17 »

Sepertinya ini culprit nya :

Image

Kabel pararel dan kabel dari pdb ke current sensor lebih kecil dari kabel current sensor dan kabel lipo

kabel pararel lipo dan current sensor pake 14 AWG, sedang kabel baru yang mau saya pasang sebesar 12 AWG, apa cukup ya?, moga2 cukup, punyanya cuman itu soalnya, sementara proses solder blm kelar, ntar malam di lanjut lagi, nantinya, konektor dean yang merah dan xt60 yang ada di current sensor akan saya lepas dan langsung direct soldering ke pdb dan konektor pararel batt
Last edited by ipin17 on 20 Sep 2013, 11:10, edited 1 time in total.
User avatar
asoenhauw
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 803
Joined: 18 May 2010, 14:28
Location: Bogor
Contact:

Re: Ask : Tentang Kombinasi Motor dan Prop Quad saya

Post by asoenhauw »

ipin17 wrote:
asoenhauw wrote:kalau saya utk paralel batterynya tanpa kabel, Connector XT langsung disolder male ke female-nya


Wah om asoen, gimana cara nya?, bisa di kasih pic?


kayak gini om, tapi saya punya disolderin sama om Yuli Paspampres

Image
Post Reply