pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by yoyonh »

Terima kasih para suhu.

Boleh numpang threadnya ya om Wisnu, tanya juga nih.
karena battere lagi susah.

Saya kebetulan punya battere 3S 2200mah 20C dan 2200mah 30C yang masing masing mati 1 sel.
Kalau saya cangkok 2sel 20C dan 1 sel 30C, atau kebalikan 2sel 30C dan 1 Sel 20C
Penggunaan hanya untuk armada dengan konsumsi max arus 20A.

Apakah ada masalah saat charging? atau justru masalah saat di gunakan?
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by wisnumurti »

Sepertinya yang bermasalah saat charging om yoyonh..karena ada perbedaan nilai C
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by KBSantoso »

Saya mau menambahkan sedikit, maaf kalo mungkin keliru.
Kenapa di batere tertulis 2200mAH 30C (misalnya), bukan 2200mAh 66A?
Faktor nilai C adalah konstan,...yang tidak konstan adalah besaran arus maks yang dikeluarkan oleh batere selama pemakaiannya.
Gampangnya begini : kapasitas batere akan berkurang selama digunakan. Pada menit pertama kapasitas masih full, keluaran arus masih bisa 66A. Ketika kapasitas tinggal separoh, maka keluaran arus maksimalnya tinggal 33A, dan seterusnya. Itulah sebabnya jika kapasitasnya mendekati habis, tenaganya berkurang jauh. Terasa banget waktu main heli dengan idle. Jika dipaksa batere akan panas dan cepat rusak. Maka saya selalu membatasi voltase akhir pemakaian ngga kurang dari 3.8V tiap sel, artinya masih ada cukup tenaga pada batere, agar batere lebih awet.

Jika batere tersebut digunakan untuk mensupply motor berdaya 20A, maka secara teori kapasitas batre akan habis dalam 6,6 menit. Tapi itu jika full throttle terus selama terbang. Kondisi yang jarang terjadi di lapangan, kecuali untuk ngebut. Biasanya terbang santai hanya butuh 40% power motor. Dengan pesawat seperti WD, durasi bisa lebih lama karena powernya lebih kecil lagi. Saya pernah pakai batere 2200mAH bisa mabur 10 menitan x 2 alias 20 menit baru batre menunjukkan voltase 3,7v tiap sel. Maaf jika melantur.
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by Faridfadlan »

Perasaan penjelasan suhu christofel udah sangat gamblang, lalu masalahnya dimana ya ? capee deh
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by iwan21 »

Faridfadlan wrote:Perasaan penjelasan suhu christofel udah sangat gamblang, lalu masalahnya dimana ya ? capee deh


Enggak apa2 om, namanya juga masih pada belajar jadi nanyanya kadang berulang2 :cling
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by Syafik »

sudah gamblang tapi bingung juga... maklum otak korosi...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by iwan21 »

Syafik wrote:sudah gamblang tapi bingung juga... maklum otak korosi...


Nah itu dia om, kan gak semua langsung bisa cerna apa yg ditulis, jadi mohon dimaklumin kalo ada yg tanya ber-ulang2
:cling
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by yoyonh »

Iya suhu,
Kalau penjelasannya sih sudah gamblang,
cuman saya belum bisa menghubungkan penjelasan suhu christ jika di applikasikan dengan mencangkok battere dengan mah yang sama tapi beda C.

Saya cari thread line kali ada ya.
Ah kenapa gak saya coba sendiri saja biar langsung ketahuan hasilnya :ktk
User avatar
BERTHIE FLYER
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 241
Joined: 22 Feb 2008, 22:37
Location: dulu Medan sekarang Depok

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by BERTHIE FLYER »

yoyonh wrote:Iya suhu,
Kalau penjelasannya sih sudah gamblang,
cuman saya belum bisa menghubungkan penjelasan suhu christ jika di applikasikan dengan mencangkok battere dengan mah yang sama tapi beda C.

Saya cari thread line kali ada ya.
Ah kenapa gak saya coba sendiri saja biar langsung ketahuan hasilnya :ktk



hati2 om yoyon,,,,,,,,,, meledak lho....... :duar :duar

:gg suhu batre ke abisan batre juga,,,,,, gimana nasib kita nih ........ :nw
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by christoffel »

yoyonh wrote:Terima kasih para suhu.

Boleh numpang threadnya ya om Wisnu, tanya juga nih.
karena battere lagi susah.

Saya kebetulan punya battere 3S 2200mah 20C dan 2200mah 30C yang masing masing mati 1 sel.
Kalau saya cangkok 2sel 20C dan 1 sel 30C, atau kebalikan 2sel 30C dan 1 Sel 20C
Penggunaan hanya untuk armada dengan konsumsi max arus 20A.

Apakah ada masalah saat charging? atau justru masalah saat di gunakan?

nggak apa2 om yoyon ... boleh aja ... cuman keseluruhan batt pack ini harus diperlakukan sebagai 3 cell 20C.
nggak bakal ada masalah, baik charge ataupun discharge ....
Post Reply