Page 2 of 3
Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 22 Oct 2013, 10:45
by yoyonh
Terima kasih para suhu.
Boleh numpang threadnya ya om Wisnu, tanya juga nih.
karena battere lagi susah.
Saya kebetulan punya battere 3S 2200mah 20C dan 2200mah 30C yang masing masing mati 1 sel.
Kalau saya cangkok 2sel 20C dan 1 sel 30C, atau kebalikan 2sel 30C dan 1 Sel 20C
Penggunaan hanya untuk armada dengan konsumsi max arus 20A.
Apakah ada masalah saat charging? atau justru masalah saat di gunakan?
Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 22 Oct 2013, 11:27
by wisnumurti
Sepertinya yang bermasalah saat charging om yoyonh..karena ada perbedaan nilai C
Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 22 Oct 2013, 12:01
by KBSantoso
Saya mau menambahkan sedikit, maaf kalo mungkin keliru.
Kenapa di batere tertulis 2200mAH 30C (misalnya), bukan 2200mAh 66A?
Faktor nilai C adalah konstan,...yang tidak konstan adalah besaran arus maks yang dikeluarkan oleh batere selama pemakaiannya.
Gampangnya begini : kapasitas batere akan berkurang selama digunakan. Pada menit pertama kapasitas masih full, keluaran arus masih bisa 66A. Ketika kapasitas tinggal separoh, maka keluaran arus maksimalnya tinggal 33A, dan seterusnya. Itulah sebabnya jika kapasitasnya mendekati habis, tenaganya berkurang jauh. Terasa banget waktu main heli dengan idle. Jika dipaksa batere akan panas dan cepat rusak. Maka saya selalu membatasi voltase akhir pemakaian ngga kurang dari 3.8V tiap sel, artinya masih ada cukup tenaga pada batere, agar batere lebih awet.
Jika batere tersebut digunakan untuk mensupply motor berdaya 20A, maka secara teori kapasitas batre akan habis dalam 6,6 menit. Tapi itu jika full throttle terus selama terbang. Kondisi yang jarang terjadi di lapangan, kecuali untuk ngebut. Biasanya terbang santai hanya butuh 40% power motor. Dengan pesawat seperti WD, durasi bisa lebih lama karena powernya lebih kecil lagi. Saya pernah pakai batere 2200mAH bisa mabur 10 menitan x 2 alias 20 menit baru batre menunjukkan voltase 3,7v tiap sel. Maaf jika melantur.
Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 22 Oct 2013, 13:13
by Faridfadlan
Perasaan penjelasan suhu christofel udah sangat gamblang, lalu masalahnya dimana ya ? capee deh
Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 23 Oct 2013, 16:37
by iwan21
Faridfadlan wrote:Perasaan penjelasan suhu christofel udah sangat gamblang, lalu masalahnya dimana ya ? capee deh
Enggak apa2 om, namanya juga masih pada belajar jadi nanyanya kadang berulang2

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 24 Oct 2013, 09:35
by Syafik
sudah gamblang tapi bingung juga... maklum otak korosi...
Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 24 Oct 2013, 09:39
by iwan21
Syafik wrote:sudah gamblang tapi bingung juga... maklum otak korosi...
Nah itu dia om, kan gak semua langsung bisa cerna apa yg ditulis, jadi mohon dimaklumin kalo ada yg tanya ber-ulang2

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 24 Oct 2013, 10:52
by yoyonh
Iya suhu,
Kalau penjelasannya sih sudah gamblang,
cuman saya belum bisa menghubungkan penjelasan suhu christ jika di applikasikan dengan mencangkok battere dengan mah yang sama tapi beda C.
Saya cari thread line kali ada ya.
Ah kenapa gak saya coba sendiri saja biar langsung ketahuan hasilnya

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 24 Oct 2013, 11:53
by BERTHIE FLYER
yoyonh wrote:Iya suhu,
Kalau penjelasannya sih sudah gamblang,
cuman saya belum bisa menghubungkan penjelasan suhu christ jika di applikasikan dengan mencangkok battere dengan mah yang sama tapi beda C.
Saya cari thread line kali ada ya.
Ah kenapa gak saya coba sendiri saja biar langsung ketahuan hasilnya

hati2 om yoyon,,,,,,,,,, meledak lho.......

suhu batre ke abisan batre juga,,,,,, gimana nasib kita nih ........

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah
Posted: 24 Oct 2013, 12:23
by christoffel
yoyonh wrote:Terima kasih para suhu.
Boleh numpang threadnya ya om Wisnu, tanya juga nih.
karena battere lagi susah.
Saya kebetulan punya battere 3S 2200mah 20C dan 2200mah 30C yang masing masing mati 1 sel.
Kalau saya cangkok 2sel 20C dan 1 sel 30C, atau kebalikan 2sel 30C dan 1 Sel 20C
Penggunaan hanya untuk armada dengan konsumsi max arus 20A.
Apakah ada masalah saat charging? atau justru masalah saat di gunakan?
nggak apa2 om yoyon ... boleh aja ... cuman keseluruhan batt pack ini harus diperlakukan sebagai
3 cell 20C.
nggak bakal ada masalah, baik charge ataupun discharge ....