ask rumus menentukan cg untuk beberapa type sayap

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

bermanfaat sekali rumusnya, tapi bingung juga bacanya seperti om fajar...

kalau ngukur sayang lebih dari satu gimana...??
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

fajar wrote:sekalian mau nanya juga nich apakah ini benar (menurut pendapat saya):
- wing 1 adalah sayap utama
- wing 2 adalah sayap belakang (elevator)
- wing 3 adalah fuselage atau body pesawat
dan untuk cg=geometric center?? dan kalo udah ketemu angkanya, penarikan titik cg dari sebelah mana ooom trims!


wing 1 = monoplane
wing 2 = biplane
wing 3 = triplane/triple decker
betul Geometric center = CG
utntuk penarikannya CG dimulai dari pertemuan garis X dan Y ke bawah
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 706
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Post by fajar »

satu lagi oom hasil dari calculate khan ada seperti ini nich:
x_cg(16%):---mm
x_cg( 8% ):---mm
x_ac:---mm

yang dipake yang mana??
dan satuannya semua dalam milimeter ya oom??
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 706
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Post by fajar »

iwan21 wrote:wing 1 = monoplane
wing 2 = biplane
wing 3 = triplane/triple decker
betul Geometric center = CG
utntuk penarikannya CG dimulai dari pertemuan garis X dan Y ke bawah


lha tapi oom dari sample yang ada....dari ketiga wing tersebut kalo disatukan menjadi satu pesawat
misal pada contoh mig.29 yang saya pisahkan
wing 1 : fuselage
wing 2 : sayap utama
wing 3: sayap elevator gmana tuch oom??
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

fajar wrote:lha tapi oom dari sample yang ada....dari ketiga wing tersebut kalo disatukan menjadi satu pesawat
misal pada contoh mig.29 yang saya pisahkan
wing 1 : fuselage
wing 2 : sayap utama
wing 3: sayap elevator gmana tuch oom??


Utk model MiG 29, cukup pake Wing 1, dg 2 trapez om, sebab yg om Fajar maksud dg fuselage itu sebenernya adalah Leading Edge Root Extension ( LERX) yg merupakan bagian dari sayap utama juga.

Utk pesawat model, CG tail wing/stabilo (elevator)diabaikan , j adi gak perlu diitung om
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

fajar wrote:satu lagi oom hasil dari calculate khan ada seperti ini nich:
x_cg(16%):---mm
x_cg( 8% ):---mm
x_ac:---mm

yang dipake yang mana??
dan satuannya semua dalam milimeter ya oom??


Om, pake yg Wing aja, jangan yg aircraft, kalo yg wing kan langsung ketemu angka CG di Geometric centernya

Kalo yg di aircraft itu ada itungan Aerodynamic center/ AC yg dipengaruhi juga oleh posisi sayap terhadap sumbu Z (jarak sayap dari sumbu tengah body) dan sumbu X (jarak leading edga sayap dari hidung pesawat kayaknya)...hasilnya emang lebih akurat, cuman buat kita dg pesawat gabus malah jadi terlalu rumit
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 812
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

fajar wrote:satu lagi oom hasil dari calculate khan ada seperti ini nich:
x_cg(16%):---mm
x_cg( 8% ):---mm
x_ac:---mm

yang dipake yang mana??
dan satuannya semua dalam milimeter ya oom??


yg 16% dan 8% itu maksudnya "static stability" jadi CG idealnya di daerah situ tergantung karakteristik terbang yg diinginkan, tapi jgn sampe di titik x_ac karena disitu letak Aerodynamic Center
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 706
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Post by fajar »

tararengkyu...suhu... makasih a lot pisan ya!!!
Post Reply