bermanfaat sekali rumusnya, tapi bingung juga bacanya seperti om fajar...
kalau ngukur sayang lebih dari satu gimana...??
ask rumus menentukan cg untuk beberapa type sayap
Moderator: NGL
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
fajar wrote:sekalian mau nanya juga nich apakah ini benar (menurut pendapat saya):
- wing 1 adalah sayap utama
- wing 2 adalah sayap belakang (elevator)
- wing 3 adalah fuselage atau body pesawat
dan untuk cg=geometric center?? dan kalo udah ketemu angkanya, penarikan titik cg dari sebelah mana ooom trims!
wing 1 = monoplane
wing 2 = biplane
wing 3 = triplane/triple decker
betul Geometric center = CG
utntuk penarikannya CG dimulai dari pertemuan garis X dan Y ke bawah
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 706
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
iwan21 wrote:wing 1 = monoplane
wing 2 = biplane
wing 3 = triplane/triple decker
betul Geometric center = CG
utntuk penarikannya CG dimulai dari pertemuan garis X dan Y ke bawah
lha tapi oom dari sample yang ada....dari ketiga wing tersebut kalo disatukan menjadi satu pesawat
misal pada contoh mig.29 yang saya pisahkan
wing 1 : fuselage
wing 2 : sayap utama
wing 3: sayap elevator gmana tuch oom??
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
fajar wrote:lha tapi oom dari sample yang ada....dari ketiga wing tersebut kalo disatukan menjadi satu pesawat
misal pada contoh mig.29 yang saya pisahkan
wing 1 : fuselage
wing 2 : sayap utama
wing 3: sayap elevator gmana tuch oom??
Utk model MiG 29, cukup pake Wing 1, dg 2 trapez om, sebab yg om Fajar maksud dg fuselage itu sebenernya adalah Leading Edge Root Extension ( LERX) yg merupakan bagian dari sayap utama juga.
Utk pesawat model, CG tail wing/stabilo (elevator)diabaikan , j adi gak perlu diitung om
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
fajar wrote:satu lagi oom hasil dari calculate khan ada seperti ini nich:
x_cg(16%):---mm
x_cg( 8% ):---mm
x_ac:---mm
yang dipake yang mana??
dan satuannya semua dalam milimeter ya oom??
Om, pake yg Wing aja, jangan yg aircraft, kalo yg wing kan langsung ketemu angka CG di Geometric centernya
Kalo yg di aircraft itu ada itungan Aerodynamic center/ AC yg dipengaruhi juga oleh posisi sayap terhadap sumbu Z (jarak sayap dari sumbu tengah body) dan sumbu X (jarak leading edga sayap dari hidung pesawat kayaknya)...hasilnya emang lebih akurat, cuman buat kita dg pesawat gabus malah jadi terlalu rumit
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 812
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
fajar wrote:satu lagi oom hasil dari calculate khan ada seperti ini nich:
x_cg(16%):---mm
x_cg( 8% ):---mm
x_ac:---mm
yang dipake yang mana??
dan satuannya semua dalam milimeter ya oom??
yg 16% dan 8% itu maksudnya "static stability" jadi CG idealnya di daerah situ tergantung karakteristik terbang yg diinginkan, tapi jgn sampe di titik x_ac karena disitu letak Aerodynamic Center