minta pendapat soal mesin GMS 50 dan 61

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
seasickers
Airman
Airman
Posts: 33
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Mas, kalo menurut saya pribadi mendingan beli OS aja, alsannya dismping kualitasnya emang lebih bagus dari GMS, juga break in nya gak sussah2 amat kok, umur hidupnya pun lebih lama.
Saya pake OS 61 ABC sama yang baru OS. 46 LA silver,
malahan kata si Ronald Yong, bos nya Singahobby.com.sg (tmpt saya biasa beli equipment) OS bisa tanpa di break in asal udah paham settingan standartnya.
kalo GMS no comment..... =; gak ada referensi

O ya harga OS di kota singa ok banget kok, malah lebih murah dari GMS ukuran yang sama di Indonesia...... :-$ :-$ :-$

sms me at 08179504147 for any question.... 8-[
User avatar
seasickers
Airman
Airman
Posts: 33
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

[-o< Sori om admin gak maksud banding-bandingin harga .......
cmn kasih masukan tentang kualitas mesin diatas........
User avatar
wa2n
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 341
Joined: 17 Feb 2007, 13:23
Location: Banjarbaru (KalSel)
Contact:

Post by wa2n »

Om, gimana caranya supaya kita jg dapet kebagian mesin OS tapi harga GMS....tp pengalaman pake GMS memang lumayan tp yg penting banget adalah settingnya, soale pas idle kerap mati di udara, wah kalo sudah begitu siap2 emergency landing deh......
User avatar
Franky
Airman
Airman
Posts: 28
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Kalau menurut saya GMS layak dipertimbangkan, karena dari sisi harga GMS jauh lebih murah (setengah harga OS untuk ukuran yg sama), dengan asumsi jika prosedur break in dan penggunaan yg benar, perbedaan O/S dan GMS itu saya rasa tipis2 aja...

Katakanlah O/S memang lebih awet ketimbang GMS, tapi jika kita lihat dari sisi harga, apakah 1 mesin O/S baru lifetimenya bisa lebih lama dari 2 engine GMS baru?

O/S lebih mahal karena buatan JPN, dan mrk butuh dana yg lebih besar utk research, engine O/S sendiri sudah ada dari tahun 1936, jadi mrk udah benar2 established dalam bidangnya dan menjual namanya, sedangkan GMS yg notabene buatan China, memiliki predikat sbg plagiator yg kasarnya cuma tinggal meniru aja...

Saya punya engine Thunder Tiger, O/S dan GMS, selama ini semuanya tokcer... saya juga pilih GMS krn awalnya rekan2 dari BOAC rata2 merekomendasikan merk ini...

Kalau untuk power dengan ukuran yg sama, sepertinya daya GMS lebih kecil daripada O/S, kelihatan dari prop yg di rekomendasikan di buku manualnya.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

teman teman,
thanks untuk masukannya. saya lagi ngincar engine diatas >60 untuk pesawat P-39 AirCobra.

saat ini saya pake engine ASP 52. proses breakin waktu itu ga sampe setengah tangki. tapi enginenya mantap tenan, bahkan untuk nyalain cukup diputar pake jari aja udah bisa nyala tanpa perlu keringatan. saking mantapnya nih engine, pesawat trainer gw sampe bisa hover dengan gampang
Post Reply