Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- Franky
- Airman
- Posts: 28
- Joined: 13 Mar 2007, 11:13
- Location: Jakarta
- Contact:
Bos Sinto, bedanya AVCS aktif dan tidak aktif pada saat terbang tuh dimana ya?
trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?
kabel aux-2 tersambung... atau lebih baik Gyro sense di set 0% baik di mode-1 maupun di mode-2?
kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?
mohon pencerahannya nih...
trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?
kabel aux-2 tersambung... atau lebih baik Gyro sense di set 0% baik di mode-1 maupun di mode-2?
kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?
mohon pencerahannya nih...
rpramusinto wrote:Tambahan sedikit mas budi..
untuk menonaktifkan AVCS on/OFF pada bbrp gyro sedikit berbeda.. kalau pada FUTABA GY 240 ada dip switch kecil pada casing gyro yg mana memiliki posisi on/off. kita tinggal pilih saja mode yg kita mau.
Tetapi pada gyro yg memiliki remote gain (setting gain pada TX) AVCS mode dapat dipilih dgn cara sbb:
1. pada menu gyro sensitivity di TX apa bila nilainya 0% s/d 49% gyro pada posisi NORMAL MODE AVCS OFF.
2. nilai 50% Posisi Gyro off / bypass (pada mode ini kita melakukan setting rudder pitch yg diterangkan mas budi diatas)
3. nilai 51% s/d 100% gyro pada posisi AVCS (heading lock).
PS : AVCS = Angular Vector control system / Heading Lock
- Teguhes
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
saya pernah punya heli seperti punya pak teguh, walkera #36, sebetulnya heli ini secara konstruktif bagus, tapi powernya kurang karena waktu itu punya saya masih pake motor brush dan rx mixer dg escnya, dan gyronya kurang enak/kurang lock jadi kalau dipake buat forward agak takut2 karena gak bisa anteng... coba kalau ganti gyro dg yang Heading Hold pasti enak terbangnya.
Untuk blade coba cari blade punya esky yang dipake untuk BCP, ukurannya sama
Untuk blade coba cari blade punya esky yang dipake untuk BCP, ukurannya sama
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
kalau menurut saya, yang vital di heli itu kalau tailnya penurut gak tolah-toleh pasti enak terbangnya... itu harus dikontrol gyro yang bagus yang punya spek heading hold (HH) atau head lock, klau gyronya kurang bisa membuat heli lock (diam) pasti jadi gak enak terbangnya belum lagi kita harus menyeimbangkan ciclic heli supaya anteng... jadi perlu gyro HH
RX mixer itu di satu rangkaian rx sudah termasuk esc atau fungsi lainnya misal gyro dll, jadi kontrolnya harus ada mixing antara fungsi2 tersebut
Pitch itu sudut kemiringan dari blade, semakin miring sudut blade maka akan banyak manghasilkan hembusan udara sehingga heli akan semakin terbang tinggi, itu biasanya fungsi kebanyakan di heli 6 chanel
Demikian pak
RX mixer itu di satu rangkaian rx sudah termasuk esc atau fungsi lainnya misal gyro dll, jadi kontrolnya harus ada mixing antara fungsi2 tersebut
Pitch itu sudut kemiringan dari blade, semakin miring sudut blade maka akan banyak manghasilkan hembusan udara sehingga heli akan semakin terbang tinggi, itu biasanya fungsi kebanyakan di heli 6 chanel
Demikian pak
- Teguhes
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Teguhes wrote:Ok pak Syafik terima kasih banyak nich penjelasannya.... jadi agak MUDENG
Akan saya coba kira kira perlu biaya berapa pak biar Hely saya tidak terbuang cuma-cuma
Sekali lagi trimakasih infonya , oh ya pak boleh tahu bisa hub P syafik dimana ya
Salam
Alo Pak Teguhes,
Ini sekedar sharing dr pengalaman saya...krn saya juga perna punya heli walkera #36..tapi saya tidak berjodoh dgn heli ini..alias gagal total..

Sebenarnya heli ini kurang sesuai untuk pemula...krn tidak durable...setiap kali crashed hanya bikin cape memperbaiki daripada menerbangkan..
Modifikasi yg perna saya lakukan pd heli ini kebanyakan mengganti part elektroniknya sbb:
- gyro saya ganti dgn GY 240 Futaba...syukur2 Anda bisa mendapatkan GY 401
- tail servo, dulu saya menggunakan HS-55,lalu saya ganti dgn HS-81..kedua servo ini bisa digabungkan dgn GY 240...tetapi kalo Anda mendapatkan gyro 401...Anda harus mengganti dgn digital servo 9254
- Transmitter(Tx/radio) dan Receiver(Rx)...saya mengganti dgn Futaba 6EXHP utk Tx dan Futaba R146iP utk Rx.
- ESC dan motor...saya ganti dgn ESC 35A dan Brushless motor 3200kv punya Align
-servo cyclic...dulu saya menggunakan HS-55...servo standart dr walkera,saya copot..krn lemot banget...kemudian utk heli saya yg lain...saya pake HS-65
Walopun saya telah mengadakan modifikasi seperti di atas...saya tetap tidak berjodoh dgn heli ini...
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Modifikasi diatas, bole Anda tiru..saya harap Anda akan lebih beruntung dr pada saya...tapi jika Anda mengalami nasib yg sama dgn saya...ini kalo seumpamanya terjadi demikian lho ya,Pak...Anda jangan berputus asa dulu...part2 yg saya sebutkan tadi bisa dipindahkan ke heli Anda yang lain..
Demikian semoga bermanfaat
salam,
Budi
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Teguhes wrote:Ok pak Syafik terima kasih banyak nich penjelasannya.... jadi agak MUDENG
Akan saya coba kira kira perlu biaya berapa pak biar Hely saya tidak terbuang cuma-cuma
Sekali lagi trimakasih infonya , oh ya pak boleh tahu bisa hub P syafik dimana ya
Salam
Pak teguh... saran om budiman juga bisa dipertimbangkan, tapi bisa diambil minimalisnya juga, paling gampang pak teguh datang aja ke toko HS terdekat dan minta saran untuk modif dan sekaligus tes flight
Untuk ngobrol2 silahkan add YM saya dibawah ini
- Teguhes
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
Ok pak LURAH Budiman , terimakasih banget atas infonya.....mudah2 lebih beruntung ya pak .kan udah dilatih oleh suhu2 kan pak , oh ya pak tanya lagi nich, setelah saya lihat dan ukur teryata perbandingan RPM Main blade dan tail rotor sama terus ya pak ( pakai alat RPM meter ) walaupun trotle o% s/d max. jadi apa betul yang mengatur stabil heli gerakan servo yang menentukan angle picht di tail blade ( sy ngerti pitch dari p syafik) dan yang dimaksud gyro "ngelock apa ya pak" sorry kalau terlalu culon pertanyaan ini he he he
Untuk Pak Syafik terimakasih juga pak
salam
TES
Untuk Pak Syafik terimakasih juga pak
salam
TES