Page 2 of 3

Re: f-15 gagal produk

Posted: 18 Nov 2010, 18:35
by iwan21
Wah iya , baru ketauna setelah liat gmabrnya posisi EDF , inlet duct serta outlet ductnya

Untuk EDF, inlet duct harus mulus halus dan luasannya memadai supaya udara yg disedot maksimal pada semua kecepatan ( penjelana sederhana om Fajar dg sedotan cukup meawkili apa yg sya maksud).
Luasan inlet disebut FSA ( Front/Forward Surface Area) besarnya adalah sebesar luasan depan EDF ( disebut 100% FSA), lihat foto dari om Fajar, kalau inlet nya ada dua, maka perlu s\dibuat halus transisi dari 2 ke satunya ( nanti saya akan udahakan ada gambarnya, lagi susah aplot foto ke PB)
Utk outlet sendiri, diperlukan yg namanya thrust duct, dimana ukuran thruast duct yg paling efisien adalah sebesar 80 ~ 85 % dari FSA, dan halus juga ( kalau ada dua outlet, juga diperlukan yg namanya spilet duct, yg memecah duct dari 1 menjadi 2, seperti yg dipake di F/A 18 Hornett EDF), dimana trnasisis dari 21 ke 2 duct juga kudu halus,.
Persayarataan transisi duct perlu halus gunanya utk menghilangkan turbulensi udara yg dapat menyebabkan EDF sepetrti tersedak dan outlet tidak maksimal ( ngempos istilah awamnya)

Re: f-15 gagal produk

Posted: 18 Nov 2010, 18:39
by fajar
iwan21 wrote:Wah iya , baru ketauna setelah liat gmabrnya posisi EDF , inlet duct serta outlet ductnya

Untuk EDF, inlet duct harus mulus halus dan luasannya memadai supaya udara yg disedot maksimal pada semua kecepatan ( penjelana sederhana om Fajar dg sedotan cukup meawkili apa yg sya maksud).
Luasan inlet disebut FSA ( Front/Forward Surface Area) besarnya adalah sebesar luasan depan EDF ( disebut 100% FSA), lihat foto dari om Fajar, kalau inlet nya ada dua, maka perlu s\dibuat halus transisi dari 2 ke satunya ( nanti saya akan udahakan ada gambarnya, lagi susah aplot foto ke PB)
Utk outlet sendiri, diperlukan yg namanya thrust duct, dimana ukuran thruast duct yg paling efisien adalah sebesar 80 ~ 85 % dari FSA, dan halus juga ( kalau ada dua outlet, juga diperlukan yg namanya spilet duct, yg memecah duct dari 1 menjadi 2, seperti yg dipake di F/A 18 Hornett EDF), dimana trnasisis dari 21 ke 2 duct juga kudu halus,.
Persayarataan transisi duct perlu halus gunanya utk menghilangkan turbulensi udara yg dapat menyebabkan EDF sepetrti tersedak dan outlet tidak maksimal ( ngempos istilah awamnya)

:ide :ide :ide ini dia niiich suhunya yang nongol...

Re: f-15 gagal produk

Posted: 18 Nov 2010, 21:24
by detcord
@suhu iwan: apa gaj terlalu berat juga pesawatnya 1,3 Kg?

Re: f-15 gagal produk

Posted: 19 Nov 2010, 08:52
by iwan21
detcord wrote:@suhu iwan: apa gaj terlalu berat juga pesawatnya 1,3 Kg?



dari data EDF-70 nya berthrust 1,2 kg om, jadi mestinya gak masalah dg berat total 1,3 kg ( bahkan dg thrust 900 sampe 1 kg udah cukup utk RoG 1,3 Kg
sebagai contoh, EDF-64 yg saya pake di Fan Trainer ber thrust 450 gr ( statik), sementara berat total pesawat 570 gr
selain itu kan
1.sayapnya punya lift, dimana kalo udah menggelinding dan ada kecepatan , otomatis sayapnya akan terhisap keatas
2. wingloading pas
3. power loading pas
4. wing incidence pas

Re: f-15 gagal produk

Posted: 19 Nov 2010, 09:06
by iwan21

Re: f-15 gagal produk

Posted: 19 Nov 2010, 09:41
by iwan21
Untuk tahap awal, coba betulin bagian outletnya dulu aja.
antara outlet EDF dg lubang keluaran yg 2, dihubungkan dg 2 thrust duct ( lihat garis2 merah yg saya tambahin)

Image

usahain transisi dari satu ke dua duct dibuat halus, coba aja dulu buat dari kertas karton tebel, di bikin tabung dg diameter yg sesuai terus dilem di situ

Re: f-15 gagal produk

Posted: 19 Nov 2010, 11:57
by detcord
iwan21 wrote:
detcord wrote:@suhu iwan: apa gaj terlalu berat juga pesawatnya 1,3 Kg?



dari data EDF-70 nya berthrust 1,2 kg om, jadi mestinya gak masalah dg berat total 1,3 kg ( bahkan dg thrust 900 sampe 1 kg udah cukup utk RoG 1,3 Kg
sebagai contoh, EDF-64 yg saya pake di Fan Trainer ber thrust 450 gr ( statik), sementara berat total pesawat 570 gr
selain itu kan
1.sayapnya punya lift, dimana kalo udah menggelinding dan ada kecepatan , otomatis sayapnya akan terhisap keatas
2. wingloading pas
3. power loading pas
4. wing incidence pas



OOO gitu ya suhu....??? saya pikir kalo berat pesawat gak boleh lebih dari kemampuan thrust nya motor... BTW makasih suhu atas pencerahannya

Re: f-15 gagal produk

Posted: 19 Nov 2010, 14:31
by iwan21
detcord wrote:OOO gitu ya suhu....??? saya pikir kalo berat pesawat gak boleh lebih dari kemampuan thrust nya motor... BTW makasih suhu atas pencerahannya



sama2 om,
yg om sebut itu hanya berlaku utk pesawatnya suhu Budi Formula satu, bahkan thrustnya 1,5 ~ 2 kali berat pesawatnya kalo yg itu ( itu supaya bisa beldiliiii)

Re: f-15 gagal produk

Posted: 19 Nov 2010, 22:39
by christoffel
melihat tempatnya cukup luas, apa nggak mending di beri 2 EDF tuh ... 1 edf di masing2 lubang ...
btw, dibilang nggak bisa terbang itu maksudnya gimana ? sudah dicoba dan gagal kah ?
kalau sudah dicoba, analisanya gimana ? kurang power ? atau kurang lift ? atau ... ?

Re: f-15 gagal produk

Posted: 20 Nov 2010, 08:04
by erfanjbr
:tlt :tlt :tlt :tlt ituutt menyimak..nunggu photo maburnya hehehehehehe