Page 2 of 3

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 10:22
by johansipp
ikut nyimak yah pakde...
heli boleh elektrik
pesawat cita-citanya musti engine... :pis

pakde, saya belum mudeng nih utk CG. saya kutip "1/3 wing chord diukur dari leading edge dan titik penimbangannya sedekat mungkin dengan fuselage"

terus cara timbangnya gimana yah??

mohon gambarnya pakde :thx

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 10:36
by iwan21
johansipp wrote:ikut nyimak yah pakde...
heli boleh elektrik
pesawat cita-citanya musti engine... :pis

pakde, saya belum mudeng nih utk CG. saya kutip "1/3 wing chord diukur dari leading edge dan titik penimbangannya sedekat mungkin dengan fuselage"

terus cara timbangnya gimana yah??

mohon gambarnya pakde :thx



saya bantu ya,
ini ada buatan om Phyque dari pipa PVC, sederhana tapi sangat bermanfaat

Image

Image

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 10:58
by ipin17
om agus, ayolah di terbangin plane engine nya, nanti saya sm pak eric bantuin deh, kita keroyok rame2, niscaya aman deh, daripada berdebu hehe, ayo minggu sore take off dari idec

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 11:07
by johansipp
iwan21 wrote:saya bantu ya,
ini ada buatan om Phyque dari pipa PVC, sederhana tapi sangat bermanfaat

Image



trus oom, yg kita ukur apabila sudah balance gini apanya nya yah??
apakah tampak samping sayapnya horizontal?

di pict pswtnya mendongak ke atas..

ya iyalah masa mendongak kebawah :flu

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 11:32
by ipin17
Karena yg di timbang itu pesawat 3d, jadi biasanya dibuat agak tail heavy dikit supaya lebih mudah masuk ke stall area kayak hover dan harrier, kalau pesawat trainer ya baiknya ditimbang sampai posisinya lurus horizontal

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 11:58
by toto
ipin17 wrote:Karena yg di timbang itu pesawat 3d, jadi biasanya dibuat agak tail heavy dikit supaya lebih mudah masuk ke stall area kayak hover dan harrier, kalau pesawat trainer ya baiknya ditimbang sampai posisinya lurus horizontal


suhu ipin17 .................... :ok

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 12:18
by johansipp
ipin17 wrote:Karena yg di timbang itu pesawat 3d, jadi biasanya dibuat agak tail heavy dikit supaya lebih mudah masuk ke stall area kayak hover dan harrier, kalau pesawat trainer ya baiknya ditimbang sampai posisinya lurus horizontal


Makasih oom :thx

Kalo high wing selalu d sebut pswt trainer :tlt

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 12:48
by Syafik
ada juga low wing yang disebut trainer om... kalau hiwing memang berkarakter sengat stabil terutama yang pesawat ada dihedral, makanya sering disebut pesawat trainer karena lbh mudah diterbangkan

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 15:05
by toto
tapi inget loh tidak semua highwing itu kategorinya trainer kecuali apabila wingnya seperti yang di sebutkan oleh suhu pa'de Syafik di penjelasannya di atas ... kata kuncinya dihedral ............ makanya pesawat2 penumpang kenapa kok terbangnya bisa pecicilan alias lemot banget walaupun bentuk sayapnya swept back kuncinya karena lihat saja tuh sayapnya njengat dari mulai yg nempel di fusulage ke arah wing tip alias punya dihedral lumayan

salam

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 20:04
by sulistio
waduh ilmu dri pakde toto sangat berguna banget.
apa melanggar hak cipta utk menjiplak alat timbangnya :thx
uda ada rencana nih pak ipin nerbangin plane enjin nya.ini pak erik yg akan bantu carikan cg nya.