Page 2 of 3
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 08:20
by anelah
toto wrote:kalau informasi tersebut merupakan rekomendasi pabrik umumnya ya tidak menjadikan motor jadi panas om ..............

...... nah kalau mau gaya terbang 3D umumnya memang menggunakan propeller dengan pitch kecil terus tambahan dikit ini yang saya perhatikan lagi kalau pakai prop dengan bilah lebar umumnya dipasangkan dengan motor ber KV rendah terus kalau KV nya tinggi bilahnya rada sempitan atau kecilan ................. kalau propeller untuk engine yang pernah saya lihat di buntut serinya ada tulisan misalnya 13x4W (wide) atau propeller dengan kode B kalau enggak salah (A untuk sport, B untuk 3D dan C untuk scale), kembali para suhu mohon koreksinya ya
salam
trimakasih...
Motor dengan 1700kv itu berarti memiliki KV rendah atau tinggi?
Tidak ada tulisab A, B atau C adanya tulisan PE: PE-7035, PE-7060
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 08:21
by iwan21
motor kv rendah itu 1000 kebawah, kalo antara 1000-2000 masuk kv sedang
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 09:15
by christoffel
@anelah: juga harus lihat / dikalikan tegangan / jumlah cell nya.
1000KV kalau batt nya 8 cell ya jadi rpm tingi juga lho (pitch mesti kecil) ... seperti pake 4000KV pada 2 cell
sebaliknya 1500KV kalau cuma pake 1 cell jadinya seperti 500kv pada 3 cell (mesti pake pitch besar)
nah lo ....
spec motor om anelah 1700KV @ 2 cell, memang cocoknya pitch di sekitar 4 inch
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 11:52
by topankaltim
permisi Om Om...
nunut belajar...numpang nanya sekalian...
kemarin ada teman ESC Cessna kebakar gara gara salah pilih jenis propeller..apa kah mungkin untuk bahan dasar propeller mempengaruhi tarikan amphere motor padahal sama sama ukurannya, misal 8X6 buat cessna.
sekedar informasi...sebelumnya itu cessna pake propeller bahan dari plastik, motor TP 2409-12T, batre poli 11,1V ESC 25A HW...dicoba pake yang jenis APC...gak lama (2 menitan) ESC gosong...mohon dibantu suhu suhu..
salam topan
samarinda
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 11:52
by antokrose
mohon maaf para suhu sekalian mau nanya nih, berhubung propeler bawaannya big cessna 11 x 4,7 pata pada waktu crazh, apakah propeler dengan ukuran 11 x 3,8 dan 11 x 5,5 bisa dipakai untuk big cessna dan apakah ada perbedaan putarannya demikian mungkin ada para suhu yang bisa kasih pencerahan terima kasih
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 12:30
by iwan21
topankaltim wrote::htg
permisi Om Om...
nunut belajar...numpang nanya sekalian...
kemarin ada teman ESC Cessna kebakar gara gara salah pilih jenis propeller..apa kah mungkin untuk bahan dasar propeller mempengaruhi tarikan amphere motor padahal sama sama ukurannya, misal 8X6 buat cessna.
sekedar informasi...sebelumnya itu cessna pake propeller bahan dari plastik, motor TP 2409-12T, batre poli 11,1V ESC 25A HW...dicoba pake yang jenis APC...gak lama (2 menitan) ESC gosong...mohon dibantu suhu suhu..
salam topan
samarinda
coba cek yg ini :
1. lebar bilah blade, sama gak yg lama dg yg baru
2. beratnya yg lama ama yg baru sama gak?
3. udah dibalance belom propnya?
karena :
1.- kalo ukuran picth sama, , makin lebar bilah blade makin besar perlu tenaga utk mutarnya, otomatis narik arus juga lebih besar)
2- makin berat prop tentu juga perlu tenaga besar utk mutarnya, ujung2nya ya narik arus besar juga
- jangan lupa juga, kalo bilah prop gak balance, bisa menyebabkan motor bekerja berat buat mutarnya, kembali lagi narik arusnya juga naik dari sebelumnya
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 12:32
by iwan21
antokrose wrote:mohon maaf para suhu sekalian mau nanya nih, berhubung propeler bawaannya big cessna 11 x 4,7 pata pada waktu crazh, apakah propeler dengan ukuran 11 x 3,8 dan 11 x 5,5 bisa dipakai untuk big cessna dan apakah ada perbedaan putarannya demikian mungkin ada para suhu yang bisa kasih pencerahan terima kasih
Putaran bisa beda, prop dg diameter sama dan pitch beda, kalo dipasang pada motor yg sama, prop dg pitch lebih kecil tentu akan berputar lebih kencang , beban motor lebih ringan, arus yg ditarik motor juga lebih rendah
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 12:51
by antokrose
om roji, berarti pakai propeler 11 x 3.8 beban motor lebih ringan dan kalau pakai 11 x 5.5 menjadi agak berat beban motornya, karena propeler aslinya 11 x 4.7, jadi pakai propeler 11 x 3.8 lebih aman dari pada pakai yang 11 x 5,5
Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 13:57
by christoffel
betul ... lebih aman pake 11x3.8
cuman ngomong2 ... kenapa punya nya prop yg ukuran langka begitu ?
prop 11x4.7 kan barang sejuta umat ? makin umum ukuran prop nya, biasanya makin murah harganya ...
coba di cek lagi di lhs ....
nb: TX turnigy 9 nya udah nyampe. hari minggu saya bawain ke lapangan. kalo nggak datang bahaya, udah banyak yg ngincer soalnya ...

Re: beda bentuk ulir pada propeller
Posted: 15 Sep 2011, 19:33
by anelah
Jadi kesimpulan bagaimana nih...
Semua komponen adem ayem kecuali motor yang panas, sedangkan propeller sudah pakai yang optimal GWS-7035. Selain wattmeter sepertinya masih harus beli alat pengukur temperatur? Berapa tinggi temperatur yang diperbolehkan pada sebuah motor kecil 16gr tsb? kalau baca2 di forum luar ada yang pernah mengukur temperatur motor sampai 185C. lapisan email pada kumparan motor apakah tahan temperatur tinggi.