My First Home Made Project Yak-54 Completed

Tampilkan karya pesawat balsa anda disini

Moderators: Ary, justinus

Post Reply
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by KBSantoso »

roykamal wrote:sudah sama dengan pabrikan ya om.....bole bagi plannya gak om :hi3 hebat om videonya :mtp :mtp


Saya PM aja ya Om Roy...
User avatar
checkvalve
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 24 May 2013, 07:42

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by checkvalve »

KBSantoso wrote:
roykamal wrote:sudah sama dengan pabrikan ya om.....bole bagi plannya gak om :hi3 hebat om videonya :mtp :mtp


Saya PM aja ya Om Roy...



Wwah ngiler juga pengen coba potong2 pake polyfoam... Ikutan om jika berkenan shre plan nya.
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by jerrysim »

:yes TOP MARKO-TOP :mtp

Wah senang ya, design sendiri, dan sudah maiden.
Tahan siksaan pula. :mtp

Hmm, kenapa akhirnya memutuskan untuk pakai servo Turnigy MG90S mas?
Kalau pakai voltase 5v, berarti torsi-nya antara 1,9kg s.d. 2kg tuh kan ya?
:hmm

Salam,
Jerry
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by KBSantoso »

jerrysim wrote::yes TOP MARKO-TOP :mtp

Wah senang ya, design sendiri, dan sudah maiden.
Tahan siksaan pula. :mtp

Hmm, kenapa akhirnya memutuskan untuk pakai servo Turnigy MG90S mas?
Kalau pakai voltase 5v, berarti torsi-nya antara 1,9kg s.d. 2kg tuh kan ya?
:hmm

Salam,
Jerry


Tadinya servo elevator dan rudder pakai Hitec HS-85MG dan HS-82MG, dengan torsi 3kg-an.
Namun karena agak tail heavy maka saya ganti Turnigy MG90S.
Selisih beratnya lumayan bisa sampai 15gr.
Tadinya agak ragu dengan torsinya yg pas-pasan. Tapi ternyata cukup kuat. Idealnya pengen diganti HS-65MG di aileron dan HS-82 di elevator dan rudder, atau alternatifnya servo digeser ke tengah pakai sistem pull-pull utk rudder sehingga masalah tail heavy bisa diatasi.

Salam
KBS
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by jerrysim »

KBSantoso wrote:
Tadinya servo elevator dan rudder pakai Hitec HS-85MG dan HS-82MG, dengan torsi 3kg-an.
Namun karena agak tail heavy maka saya ganti Turnigy MG90S.
Selisih beratnya lumayan bisa sampai 15gr.
Tadinya agak ragu dengan torsinya yg pas-pasan. Tapi ternyata cukup kuat. Idealnya pengen diganti HS-65MG di aileron dan HS-82 di elevator dan rudder, atau alternatifnya servo digeser ke tengah pakai sistem pull-pull utk rudder sehingga masalah tail heavy bisa diatasi.

Salam
KBS


Cuma diskusi aja nih mas ya, soalnya cukup menarik nih masalah CG.
Daripada mengganti servo nih (misalnya), ngga coba utk memajukan sedikit dudukan batere atau engine mounting-nya dipanjangin lagi pakai tambahan baut yg dimodifikasi?
Dan kalau itu dilakukan, apa saja pengaruhnya ke performa pesawat ya?
:hmm

Salam,
Jerry
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by KBSantoso »

jerrysim wrote:Cuma diskusi aja nih mas ya, soalnya cukup menarik nih masalah CG.
Daripada mengganti servo nih (misalnya), ngga coba utk memajukan sedikit dudukan batere atau engine mounting-nya dipanjangin lagi pakai tambahan baut yg dimodifikasi?
Dan kalau itu dilakukan, apa saja pengaruhnya ke performa pesawat ya?
:hmm

Salam,
Jerry


Kalo om kepengen diskusi, saya ceritain aja kronologinya kenapa sampai ganti servo, hehe.
Waktu masih ujud rangka belum dikasih skin balsa, say coba dry fit semua komponen termasuk servo, ternyata masih aman CG nya.
Lalu setelah semua jadi, servo dipasang, motor dipasang, batere dipasang saya timbang kok terlalu ke belakang. Seharusnya jarak dari LE root sayap adalah 9-10cm (dari perhitungan 30-33% MAC).
Nah, karena CG letaknya agak ke belakang (11cm)...secara teori kalo dipaksakan masih bisa terbang, tapi tidak akan stabil. Saya pernah baca artikel tentang pengaruh CG pesawat terhadap CP sayap). Kalau letak CG di depan CP maka peswat akan nose heavy namun lebih stabil terbangnya, sedangkan jika letak CG di belakang CP maka pesawat akan tail heavy namun terbangnya tidak stabil/lincah.
Jika CG letaknya sedikit di belakang CP, pesawat masih bisa terbang stabil, namun jika terlalu ke belakang pesawat akan cenderung tidak stabil.
Mau geser batere sudah mentok ke firewall motor.
Mau pindah servo ke tengah terlalu ribet bikin lubang pushrod dan dudukannya.
Akhirnya diputuskan ganti servo yg lebih ringan. Alternatif murmer dan cepat ya pakai Turnigy MG90S karena ada stok.

Setelah ganti servo ditimbang lagi, CG lumayan sdh agak maju, tapi masih di belakang CP.
Sewaktu maiden, memang terlihat sangat tail heavy sesuai prediksi.
Hal itu saya atasi dengan menambah pemberat 2 buah baut di bagian depan pada motor mount.
Hasilnya lumayan, imbang antara stabil dan lincahnya.
Letak CG sekitar 5mm dari CP sayap.

Saya ada rencana mau revisi airframe supaya CG bisa lebih ke depan dan bobot airframe lebih ringan.
Bobot kosong tanpa motor, ESC, servo, rx, landing gear adalah 654 gr.

Salam
KBS
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by jerrysim »

KBSantoso wrote:
jerrysim wrote:Cuma diskusi aja nih mas ya, soalnya cukup menarik nih masalah CG.
Daripada mengganti servo nih (misalnya), ngga coba utk memajukan sedikit dudukan batere atau engine mounting-nya dipanjangin lagi pakai tambahan baut yg dimodifikasi?
Dan kalau itu dilakukan, apa saja pengaruhnya ke performa pesawat ya?
:hmm

Salam,
Jerry


Kalo om kepengen diskusi, saya ceritain aja kronologinya kenapa sampai ganti servo, hehe.
Waktu masih ujud rangka belum dikasih skin balsa, say coba dry fit semua komponen termasuk servo, ternyata masih aman CG nya.
Lalu setelah semua jadi, servo dipasang, motor dipasang, batere dipasang saya timbang kok terlalu ke belakang. Seharusnya jarak dari LE root sayap adalah 9-10cm (dari perhitungan 30-33% MAC).
Nah, karena CG letaknya agak ke belakang (11cm)...secara teori kalo dipaksakan masih bisa terbang, tapi tidak akan stabil. Saya pernah baca artikel tentang pengaruh CG pesawat terhadap CP sayap). Kalau letak CG di depan CP maka peswat akan nose heavy namun lebih stabil terbangnya, sedangkan jika letak CG di belakang CP maka pesawat akan tail heavy namun terbangnya tidak stabil/lincah.
Jika CG letaknya sedikit di belakang CP, pesawat masih bisa terbang stabil, namun jika terlalu ke belakang pesawat akan cenderung tidak stabil.
Mau geser batere sudah mentok ke firewall motor.
Mau pindah servo ke tengah terlalu ribet bikin lubang pushrod dan dudukannya.
Akhirnya diputuskan ganti servo yg lebih ringan. Alternatif murmer dan cepat ya pakai Turnigy MG90S karena ada stok.

Setelah ganti servo ditimbang lagi, CG lumayan sdh agak maju, tapi masih di belakang CP.
Sewaktu maiden, memang terlihat sangat tail heavy sesuai prediksi.
Hal itu saya atasi dengan menambah pemberat 2 buah baut di bagian depan pada motor mount.
Hasilnya lumayan, imbang antara stabil dan lincahnya.
Letak CG sekitar 5mm dari CP sayap.

Saya ada rencana mau revisi airframe supaya CG bisa lebih ke depan dan bobot airframe lebih ringan.
Bobot kosong tanpa motor, ESC, servo, rx, landing gear adalah 654 gr.

Salam
KBS


:gg Seru juga rupanya ceritanya ya...
Mungkin nambah gara-gara lem dan covering material yah...
Kalau batere udah mentok, ga coba menambah panjang baut dudukan motor-nya ajah? dimodifikasi sedikit gitu biar motornya jadi lebih maju ke depan.
Bagaimanapun, mantap! :mtp
Jadi pelajaran juga nih... makasi yaaaa :yes
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by KBSantoso »

Bisa saja om.
Tapi harus nambahin panjang cowlnya sedikit supaya motornya nggak nongol di depan cowl.
Ide bagus itu, meski jadi agak mancung hidungnya...hehe
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by jerrysim »

KBSantoso wrote:Bisa saja om.
Tapi harus nambahin panjang cowlnya sedikit supaya motornya nggak nongol di depan cowl.
Ide bagus itu, meski jadi agak mancung hidungnya...hehe


Nah, itu dia saya kira juga itu bisa, tapi ga yakin 100%. :gg
Memang secara kosmetik kurang cakep, walau cowl bisa dipanjangin.

Saya penasarannya, apakah nantinya merusak performance ga ya? :hmm
Soalnya lagi ada rencana buat bikin dudukan motor yang bisa digeser-geser untuk ngatur CG sih mas... :ktk

Salam,
Jerry
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: My First Home Made Project Yak-54 Completed

Post by KBSantoso »

Kemaren sabtu terbang sudah enak itu. Jadi tinggal nge-trim dan setting remote supaya makin enak diajak manuver.
Saya malah punya ide lebih ekstrem, sayap bisa digeser2 maju mundur. Hehe.
Post Reply