Page 11 of 18

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 25 Apr 2011, 16:16
by toto
Wind Raider wrote:Siap pakdhe ...
Mo gagal mo sukses ... tetep aye laporin ....
baidewei ... ini salah pakdhe toto juga ...
gara2 pakdhe toto , aye malah eksperimen dengan engine ....


Om suhu WR, mohon di ingat ya juga bagi seluruh rekan2 yang membaca kelakuan atau tulisan anak2 singkong dari cikempong mohon untuk tidak diikuti karena tulisan diluar tanggung jawab percetakan loh

Jadi kalau sampe suhu WR sampe jadi kaya begini ya mohon maaf kami tidak memiliki obat untuk pemulihannya dan memang tidak Ada rencana membuatnya

Salam

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 25 Apr 2011, 19:48
by Wind Raider
Hehehe pakdhe bener tuhh aye mau tobat saja ... :flu
Kata dokter mesti istirahat 2 minggu ... :pyg

Ini pakdhe saya mau laporan ...
Ini video percobaan buat nggantiin CDI , ehh salah, glow driver yang segede gaban .....





Hihihi , sekarang glow drivernya sudah lucu belum ???

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 25 Apr 2011, 21:58
by Wind Raider
Man teman .... ini video test engine .
Diintip pakai kamera 808 ( soalnya camera man nya lagi UN )



Sayangnya ...

masih ndak lucu karena ...

kalau bisa terbang dengan dudukan test engine itu baru lucu ...

:wk3

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 25 Apr 2011, 22:36
by NF
:tlt
..............engine yg pake "ring" , kliatanya cuma punya heli yg memang perlu tenaga xtra , engine pesawat rata rata "non ringed"........
...............so............., kalo mo coba pake pertacas (pertamax - castor oil) ,mungkin engine exs heli yg cocok krn dari 'sononya' sudah betul betul di design untuk temp dan streng tinggi , ga spt engine airplane.
mesin diesel (eter-kerosine-castor) 'nyala' krn kompresi yg tinggi yg menyebabkan detonasi
mesin glow (methanol-castor+nitro) 'nyala' krn kompresi dan panas/pijar dari elemen 'glow plug'
mesin "bensin" 'nyala' krn kompresi dan 'percikan api'

.... :hmm ................nyambung ga ya ?
:pyg

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 25 Apr 2011, 23:14
by Wind Raider
lah kalau engine heli bisa dipakai utk psw ndak pakdhe ?
btw kalau ada bekasan aye mau tuhh :ngl

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 25 Apr 2011, 23:18
by Wind Raider
ohh ya man teman ...
Aye barusan dapet sp1 ....
Selama anak UN ndak boleh ngetes engine ..
Kebetulan anak yg satu UN kelas 3 SMP , yang satu juga UN kelas 6 SD
Jadi mungkin cuti dulu sementara .. sambil nunggu komponen2 datang ...
Masak aye test engine di rumah OM Kula ??? :cling

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 26 Apr 2011, 06:49
by NF
Wind Raider wrote:......
...
.....Masak aye test engine di rumah OM Kula ??? :cling


..... :ide ....
.....di bengkel SUxxxI nya om kula kan bisa geber gaspool ?
................................ :kabur

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 26 Apr 2011, 10:30
by justinus
Wind Raider wrote:
christoffel wrote:saya belum pernah lihat sendiri mesin eter ini, karena waktu saya mulai main rc, mesin ini udah nggak ada yg make lagi ...
mestinya om justinus lebih familier karena beliau kan murid langsung dari salah satu senior yg pernah produksi mesin ini di indonesia.

gambarnya seperti ini :
Image
yg seperti huruf T itu yg namanya tuas kompresi. bila diputar akan menyebabkan perubahan volume ruang bakar ...


Yang ini malah ndak pakai glow plug ya ??? Wahhh mantep ini ....
Kalau engine glow , busi kita copot dan ganti pake tuas ... kira2 bisa berfungsi ndak sebagai engine diesel ??


Saya pernah sebentar lihat mesin ini dijalankan oleh pembuatnya. Waktu itu baru beberapa bulan saya ikut beliau, dengan menggunakan bahan bakar eter. Sifat dari bahan bakar ini sangat menarik, karena meledak bukan dengan percikan api, tapi akibat tekanan atau compresi. Jadi ada dua yang kita harus setel, yaitu spruyer bahan bakar dan tuas kompresi yang dibuat berbentuk huruf T. Tuas T ini diputar untuk mengatur kompresi dalam ruang bakar.

Saya katakan diatas hanya sebentar karena kemudian mesin2 yang lain sudah menggunakan glow plug. Saya tidak mengerti kenapa engine ini tidak digunakan lagi. Waktu itu saya baru SMP kelas 2 dan masih belum tahu apa2.

Jadi dengan menggunakan bahan bakar metanol, mesin ini tidak bisa menyala, seperti mesin pakai glowplug tapi businya mati.

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 26 Apr 2011, 11:33
by kula
pantesan kuping ku gatal melulu.. rupanya di omongin suhu WR disini :wk3

pre break in dulu daku biasa lakukan utk engine2 RC Car ABC yg memang di TDC nya ketat sekali ( bayangkan bhw engine rc car itu bisa sampe 44.000 rpm) makanya kalo lsg colok busi n pake starter box sering kali gak mampu utk muterin flywheel.

akhirnya daku pake cara spt ini : semua selang fuel terpasang, tanki terisi fuel, busi dilepas, lalu panaskan engine dgn heatgun sampe mendekati suhu kerja, stlh itu putar engine (tanpa busi) dgn menggunakan starter box atau cordless drill.. gak lama sich, cuma kira2 sdh agak lancar aja.

baru sesudah itu pasang busi n starter lagi.. gitu aja, sekedar pre break in supaya con rod aman.

soalnya kalo gak pre break in spt itu, tkt con rod nya yg kalah secara di TDC msh very tight fit.

mau test engine di rumah ane ? ampoonn suhu... bisa2 ditimpukin tetangga :wk3

tapi kalo mo break in di penggung sich ane bantuin dah..
biasanya juga temen2 KAC kalo break in di penggung aja kelar kok, kan cuma paling 1-2 tanki di darat, lalu lsg break in sambil terbang.

gak tau cara ini bener atau salah, tp itulah yg aku lakukan.... hehehe :pis

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 26 Apr 2011, 13:14
by Wind Raider
Siapppppp !!!
Aye lanjoottkennn laporannya ...


Ini video yg glow drivernya terlepas tapi engine masih nyala ... ( saya hentikan karena muffler mau copot )