Page 109 of 176

Posted: 24 Dec 2007, 12:33
by blitsz
nyonk wrote:
blitsz wrote:Balsa.. oh.. balsa..

kapan yah punya keberanian nerbangin pesawat balsa ...

@yudha: venus nya bisa hover ga? hehe

kalo mikir doang, kaga bakal pernah berani om.....................(sudah rumusan nya begitu...)
terbangin aja, pasti ketagihan deh....di jamin nggak nyesel deh..........he he he he



mode ngasih PD : ON
=D> =D> =D>


hehe .. thx om Nyonk... cuman kayaknya masih belum bisa terima kalo liat pesawat balsa nya gubrak kekeke..
persis kayak kata si blur... ;) padahal pengen banget punya EXTRA 330 :-({|= ...

so jadinya pake coro dulu deh... "LESS MONEY. LESS WORK. LESS FEAR. MORE FLYING" :D

@yudha: give it a shot! hehe
@sinchan: engine SK .50 dah disikat lum? =P~

Posted: 24 Dec 2007, 12:34
by Ravenchan
iya nih... palembang posting dong.. biar rame ...

Posted: 24 Dec 2007, 12:42
by Yudha
DeVIN wrote:Mantaf, mantaf, mantaf,........................snaproll is the next manuver,........ya kan yudh??

Salam.


hehehehehehhee......lagi belajar 4 point roll yang bener2 lempeng

Posted: 24 Dec 2007, 13:19
by anjar_srac
oke boss sekarang lagi saya kirimkan
sementara yahoo sedang mengambil nya
kayanya agak lambat

Posted: 26 Dec 2007, 08:57
by Ravenchan
Tanggal 25 Des 2007
Hari ini latihannya di Lanud Polonia.. seperti biasa anggota tetap trio Medan bang Yudha, Fitra dan saya. Armada yang terbang hari ini Venus, Superstar, WD dan heli Sceadu..
lapangan terbang kosong dan sangat sepi.. kami terbang dengan bebas... cuacanya sangat mendukung.. cerah sekali...
penerbangan pertama langsung dibuka oleh Heli Sceadu... dengan manuver2 ringan..
Selanjutnya bang Yudha bermanuver liar dengan Venus.. yang satu ini makin enak diajak loop, invert dan knife edge.. serasa jempol bang Yudha sudah mahir... (hasil latihan simulator kekekke)
Selanjutnya giliran Superstar..
karena engine banjir maka busi segera dilepaskan.. setelah diobok2 akhirnya dipasang kembali.. nah.. karena kuncinya terlalu kuat akhirnya dol... ulir untuk busi menjadi aus... dan tidak bisa mengikat lagi.. akhirnya SS hari itu batal terbang.. nyesal banget.. soalnya lapangan begitu luas dan sepi..
Untung masih ada WD.. akhirnya saya main WD sampai habis 2 batere... pokoknya puas deh.. sambil belajar touch n go...
Jam 18:00 akhirnya kami beranjak pulang..
Apakah ulir yang sudah aus pada engine masih bisa dibubut kembali? hu hu hu... gak terbang deh SSku
sedikit foto2 ringan..
Image
Image

Foto2 lainnya akan ditambahkan bang Yudha...

Posted: 27 Dec 2007, 08:56
by Redblur
wah ada cessna caravan di belakang nya heheh.......

btw,Om raven di sana angin kencang2 tidak ??

disini Pesawat engine aja hover kena angin.......!

Posted: 27 Dec 2007, 10:44
by Ravenchan
blur... waktu kami main hari itu.. benar2 sepi.. lapangan udara itu serasa milik kami bertiga..
terbangnya pun santai.. anginnya nyaris gak ada... alias zero wind... makanya saya nyesal sekali gak bisa terbangkan engine.. saya terbangkan WD dengan manuver2 di sana.. enak sekali.. serasa gak puas2 walaupun hari sudah mulai gelap..
Bang Yudha yang terbang Venus 2 tanki saja dah puas sekali karena manuvernya invert knife edge semuanya cantik sekali..
WD saya terbangkan hampir 1/2 jam lebih ...
pokoknya seru deh...

Posted: 31 Dec 2007, 12:04
by su-31
Yudha wrote:.....lagian pesawat pattern apa bisa dipake hover ???


...bisa bang !.
ya tentu dengan setting2 khusus di pesawatnya..., apalagi Venus itu ndak pure F3A Pattern.
emang lebih susah, tapi bisa kok...

Posted: 31 Dec 2007, 12:12
by Yudha
su-31 wrote:...bisa bang !.
ya tentu dengan setting2 khusus di pesawatnya..., apalagi Venus itu ndak pure F3A Pattern.
emang lebih susah, tapi bisa kok...


Caranya gimana om, apa propeller diganti dengan wide atau ada trik lain ??

Posted: 31 Dec 2007, 12:39
by su-31
Yudha wrote:...apa propeller diganti dengan wide atau ada trik lain ??


Power to Weight ratio...
nah, kalo kombinasi Prop & Engine itu urusan Thrust...
Buat bisa hover, tentu Thrust to Weight rationya harus > 1:1.
Idealnya 2:1, tapi selama ini saya cukup dengan 1,5:1.
So..., cari kombinasi Engine & Prop yg hasilin maks Thrust.

Engine right thrust...
Ini mandatory !!!, dan extreme.., berlebihan dari pesawat biasa atau pattern...
Dalam hal Venus ini, lebih dari sekedar standard recommend manualnya.
A lot..., saya ulangin..., BANYAK BANGET... right thrust nya.
Bahkan sampai jelek dilihat ! (ada yg nanya..., kok mesinnya miring ya pak, jelek keliatannya).

Control Surface...
Ini defleksi/throw nya..., ya harus lebar diatas normal.
Maka kenapa kok yg pure 3D itu Aileron, Elev, Rudder nya gede2 semua.
Lha, yg ndak gede2 spt Venus gitu, gimana ngakalinnya..?, ya throw nya lah wak.
Diperlebar/jauh dari normalnya.

CG...
Kalo CG, ya seperti umumnya aerobatic.., agak tail heavy sikit lah pulak...

Selebihnya..., lagu lama lah bang...
Practice..., practice... dan yg lebih penting dari practice adalah..., Latihan ! O:)

ayo coba Bang..., jadi tantangan kan !.
Kalo cuma bisa hover 3D Edge profile..., itu biasa.
Kita tunggu anak Medan nge hover Venus... :-({|=