Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

membahas pesawat gepeng

Moderators: su-31, Budi

User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by ferry »

toto wrote:Pa'de ferry, lebih keren lagi kalo rudder nya di celupin ke semak-semak jadi backgroundnya full pepohonan ... kan sekalian mau bikin lagi ... =D> =D> =D>


Hahaha.....sy tipe gak tegaan Pak Toto mau dihajar abis bikinnya setahun belom tentu kelar [-(

@Pak Budi,...gak sengaja bikinnya salah pak gak sesuai model awal, kebetulan tail dgn wing sejajar sy sendiri belom tau bedanya, kalo gak sejajar karakternya gmn?

Image
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Budi »

ferry wrote:@Pak Budi,...gak sengaja bikinnya salah pak gak sesuai model awal, kebetulan tail dgn wing sejajar sy sendiri belom tau bedanya, kalo gak sejajar karakternya gmn?



hmm........... :-k :-k ini seharusnya pakar aerodinamika yang harus jawab.........tapi menurut pengetahuan saya yg terbatas ini, stab tempat Elevator nempel sudah menimbulkan Drag, disamping itu jika elevator terdefleksi, maka drag semakin besar

jadi jika tidak sejajar stab/elev dengan center line engine thrust dan main wing maka akan menimbulkan efek mengangguk atau sebaliknya............

Hal ini sangat mudah dirasakan pada saat KE, dimana bidang Canopy, Rudder Fin, ditambah Elev, membuat moment puntir kearah atas/canopy, sehingga koreksi pada saat KE, elev banyak kearah down atau umumnya disebut coupling....

mohon koreksi para suhu/senior......... mudah2an benar (bhs inggrisnya ya'e lho yo.......) ampuuunnn :ym77
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by ferry »

Budi wrote:
hmm........... :-k :-k ini seharusnya pakar aerodinamika yang harus jawab.........tapi menurut pengetahuan saya yg terbatas ini, stab tempat Elevator nempel sudah menimbulkan Drag, disamping itu jika elevator terdefleksi, maka drag semakin besar

jadi jika tidak sejajar stab/elev dengan center line engine thrust dan main wing maka akan menimbulkan efek mengangguk atau sebaliknya............

Hal ini sangat mudah dirasakan pada saat KE, dimana bidang Canopy, Rudder Fin, ditambah Elev, membuat moment puntir kearah atas/canopy, sehingga koreksi pada saat KE, elev banyak kearah down atau umumnya disebut coupling....

mohon koreksi para suhu/senior......... mudah2an benar (bhs inggrisnya ya'e lho yo.......) ampuuunnn :ym77



Thanks suhu atas pencerahannya,....sy tanpa sengaja buat stab/elev dan main wing sejajar gdn center line engine thrust cm krn terbangnya gak neko2 ya belom tau bedanya dgn kalo main wing tdk sejajar center line,....cm kalo sy perhatikan kebanyakan pesawat tergolong yg jenis ini (hanya stab/elev yg sejajar center line engine thrust)....asumsi sy kalo dragnya kecil maka stab/elev mempunyai otoritas yg lebih shg psw akan lebih sensitif dgn perubahan input elevator.....apa bener dimikian suhu?!!...... :ym77 :ym77 :ym77
User avatar
ASEN59
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 186
Joined: 23 Jul 2007, 17:43
Location: pondok tjandra-sidoarjo

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by ASEN59 »

rachmatjeny wrote:
toto wrote:
Budi wrote:saya pakai Phoenix 2.0n oom


Kalau saya simulator pakai BOEDI V9.4.3.1 ... ini simulator dijamin bener2 real banget dimana antara dilapangan maupun dilapangan enggak

@ASEN59 harga upgradenya tolong di PM ya om


nah tuh, sd ada yg minat ,
maksud sy di update ,bukan upgrade,
he.he,he ,skr sd ada versi yg lebih baru .BOEDI v9.8.30
harganya hanya suhu budi yg tau. :) :D :) :D
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Budi »

ferry wrote:
Budi wrote:
hmm........... :-k :-k ini seharusnya pakar aerodinamika yang harus jawab.........tapi menurut pengetahuan saya yg terbatas ini, stab tempat Elevator nempel sudah menimbulkan Drag, disamping itu jika elevator terdefleksi, maka drag semakin besar

jadi jika tidak sejajar stab/elev dengan center line engine thrust dan main wing maka akan menimbulkan efek mengangguk atau sebaliknya............

Hal ini sangat mudah dirasakan pada saat KE, dimana bidang Canopy, Rudder Fin, ditambah Elev, membuat moment puntir kearah atas/canopy, sehingga koreksi pada saat KE, elev banyak kearah down atau umumnya disebut coupling....

mohon koreksi para suhu/senior......... mudah2an benar (bhs inggrisnya ya'e lho yo.......) ampuuunnn :ym77



Thanks suhu atas pencerahannya,....sy tanpa sengaja buat stab/elev dan main wing sejajar gdn center line engine thrust cm krn terbangnya gak neko2 ya belom tau bedanya dgn kalo main wing tdk sejajar center line,....cm kalo sy perhatikan kebanyakan pesawat tergolong yg jenis ini (hanya stab/elev yg sejajar center line engine thrust)....asumsi sy kalo dragnya kecil maka stab/elev mempunyai otoritas yg lebih shg psw akan lebih sensitif dgn perubahan input elevator.....apa bener dimikian suhu?!!...... :ym77 :ym77 :ym77



Pada saat hover, Drag nggak pengaruh banyak pak......bagi pecinta terbang pattern dan lurus......drag menjadi perhatian besar

bagi pecinta 'beldili' yang mempunya pengaruh besar adalah besarnya bidang kontrol aileron, rudder dan elevator........semakin besar bidang kontrol maka semakin besar otoritas masing2 kontrol(rudder/ail/elev),

begitu juga dengan semakin dekat dengan propeler, maka semakin besar dan akurat kontrolnya......
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by ferry »

Budi wrote:Pada saat hover, Drag nggak pengaruh banyak pak......bagi pecinta terbang pattern dan lurus......drag menjadi perhatian besar

bagi pecinta 'beldili' yang mempunya pengaruh besar adalah besarnya bidang kontrol aileron, rudder dan elevator........semakin besar bidang kontrol maka semakin besar otoritas masing2 kontrol(rudder/ail/elev),

begitu juga dengan semakin dekat dengan propeler, maka semakin besar dan akurat kontrolnya......


Terimakasih Pak Budi atas pencerahannya,.....saatnya balik ngelem psw sdh kosong!! ](*,)
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 992
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by su-31 »

ferry wrote:Image


wadhaooow ampun pakDe Ferry.., ampun !
mbok tolong tampilin foto2 lain nya dong.

Model kayak gitu sedang di angan2 saya, yaitu versi Hybrid (gak full wayang/gepeng),
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by ferry »

su-31 wrote:
ferry wrote:Image


wadhaooow ampun pakDe Ferry.., ampun !
mbok tolong tampilin foto2 lain nya dong.

Model kayak gitu sedang di angan2 saya, yaitu versi Hybrid (gak full wayang/gepeng),


Waduh!!.... "the only one....my first homemade balsa" foto lain ada di room ini
viewtopic.php?f=13&t=4611

Versi hybrid waw :shock: ......ditunggu projectnya suhu....kami menanti turunnya ilmu dari Suhu Wisnu.....:ym77 :ym77 :ym77
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Budi »

Eyang 7 Jambullll.......... pupus sudah kedigdayan nya.............

putus sama Cap 232 midwing dari surabaya.......... [-( [-(

apalagi coba yang bisa dibanggakan dari padepokan Cikempong????


mending beli raket ah....ganti hobby..............
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by ferry »

Budi wrote:Eyang 7 Jambullll.......... pupus sudah kedigdayan nya.............

putus sama Cap 232 midwing dari surabaya.......... [-( [-(

apalagi coba yang bisa dibanggakan dari padepokan Cikempong????


mending beli raket ah....ganti hobby..............


Kok bisa?!!.... :ym24 :ym24 :ym24
Post Reply