[Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Membahas brushless motor bikinan sendiri , rewinding motor BL , dll

Moderators: unding, coyo

Post Reply
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by unding »

ariebudi wrote:
iwan21 wrote:
rumboko wrote:ada yang aku tanyakan om, aku setiap kali lepasin shaft, trus pasang ke mbali ... selalu kehilangan pengunci shaft yang bentuknya seperti huruf C... trus kebingungan mencari penggantinya... belinya di mana ya... barangkali ada rekan rekan yang punya stok, aku boleh nempil (beli). thanks...



belom denger ada yg jual om, kalo saya cari di loakan, bekas kipas pendingin komputer, itu asnya sama2 3mm dan "C" klipnya bisa diambil



coba cari ditoko mur-baut om...biasanya ada tuh...namanya 'snap ring'...sy pernah dapet 600 perak sebiji... :ide :ide :htg :htg :htg

Di Makassar sangat banyak, belinya ditoko elektronik, untuk ukuran shaft 3mm harganya Rp. 75/biji
User avatar
HUTOMO123
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 159
Joined: 07 Mar 2012, 06:34
Location: Tegal ; pekanbaru (langgam, ukui, cerenti) ; S.Dareh ; Padanglawas..... skrg di Samarinda

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by HUTOMO123 »

:plk :plk .... berkat belajar di forum ini ,yg di bahas oleh suhu-suhu "Pelilitan Kawat" :pis ...telah berhasil digulung ulang motor yang rusak karena putus :
1. TP 2409-21T 9 Pole: dengan kawat 0.25 ,3 rangkap ,15 lilit (15 lilitan tempat di pole sudah penuh...)
2. TP 2408-12 12Pole : dengan kawat 0.25, 3 rangkap ,12 lilit

dites dg Batterai 11.2 V 1300mA , propeler 7x6 ,tercatat di Watt/Ampermeter no.1 = 12.4 A dan no.2=11.2A ESC dan motor lebih adem dari aslinya..

Tanya Suhu Unding.....kalau mau lilit motor helly mau diturunkan KVnya jadi 1500an Watt 200-300Watt untuk dipasang di pesawat gimana ya....
Spek asli motor:
-Turnigy 2836-3700 Kv 700 watt
-9 Pole, gulungan aslinya 11 Rangkap dengan 5 putaran
-Diameter kawat sepertinya 0.25

Kawat yg saya punya 0.25 dan 0.3....mohon pencerahannya... :thx

Trims....Salam
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by unding »

HUTOMO123 wrote:Tanya Suhu Unding.....kalau mau lilit motor helly mau diturunkan KVnya jadi 1500an Watt 200-300Watt untuk dipasang di pesawat gimana ya....
Spek asli motor:
-Turnigy 2836-3700 Kv 700 watt
-9 Pole, gulungan aslinya 11 Rangkap dengan 5 putaran
-Diameter kawat sepertinya 0.25

Kawat yg saya punya 0.25 dan 0.3....mohon pencerahannya... :thx

Trims....Salam


Jumlah lilitan = (3700 x 5)/1500
= 12 lilit
Jumlah kawat yg mengisi setiap pole = 11 x 5 = 55 helai (speck asli dgn kawat 0.25)
Jumlah rangkap gulungan baru = 55/12 = 4.58 = 5 rangkap (kawat 0.25)
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by unding »

Motor brushless D2826/6 2200 KV lagi terbakar jadinya digulung ulang lagi, gulungan asli : 6 lilit rangkap 2.
Image

Diameter kawat asli 0.475 mm
Image

Diameter kawat baru 0.45 mm
Image

Tambahkan lilitan 2 kali sehingga lilitan baru menjadi 8 turn, perhitungan KV yg baru = (2200 x 6)/8 = 1650 Kv
Image
Image
Image

Finish
Image
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by Bodyguard »

unding wrote:Motor brushless D2826/6 2200 KV lagi terbakar jadinya digulung ulang lagi, gulungan asli : 6 lilit rangkap 2.
Image

Diameter kawat asli 0.475 mm
Image

Diameter kawat baru 0.45 mm
Image

Tambahkan lilitan 2 kali sehingga lilitan baru menjadi 8 turn, perhitungan KV yg baru = (2200 x 6)/8 = 1650 Kv
Image
Image
Image

Finish
Image


Luar biasa....rapinya tak terkalahkan.... :mtp :mtp
User avatar
rumboko
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 123
Joined: 20 Dec 2011, 08:59
Location: Sidoarjo
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by rumboko »

satu lagi nih suhu...... mohon petunjuk, nah kalo yang rusak bukan gulungannya tapi rolernya ato disebut apa yah.... (laker)... gimana yah cara perbaiki? ato bisa diganti pake apa ya.....
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by iwan21 »

rumboko wrote:satu lagi nih suhu...... mohon petunjuk, nah kalo yang rusak bukan gulungannya tapi rolernya ato disebut apa yah.... (laker)... gimana yah cara perbaiki? ato bisa diganti pake apa ya.....



Maksudnya bearingnya om?, banyak kok yg jual kalo bearing
User avatar
rumboko
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 123
Joined: 20 Dec 2011, 08:59
Location: Sidoarjo
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by rumboko »

iwan21 wrote:
rumboko wrote:satu lagi nih suhu...... mohon petunjuk, nah kalo yang rusak bukan gulungannya tapi rolernya ato disebut apa yah.... (laker)... gimana yah cara perbaiki? ato bisa diganti pake apa ya.....



Maksudnya bearingnya om?, banyak kok yg jual kalo bearing


iya om bearingnya... hehehe... mungkin aku kurang telaten huntingnya :tlt :tlt ya om... thanks...
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by unding »

Ada beberapa jenis kipas angin kecil (brushless) memakai bearing untuk ukuran shaft 3 mm, cocok dgn motor 2409

Image
User avatar
rumboko
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 123
Joined: 20 Dec 2011, 08:59
Location: Sidoarjo
Contact:

Re: [Update] Gulung ulang Motor Emax CF2822 "Berhasiiil..."

Post by rumboko »

Thanks om unding, tapi kemaren dapet akal, aku punya plat ring 3mm, pas banget sama shaft. Lalu aku gergaji di satu sisinya. sehingga bisa aku tempatin di keratan shaftnya. Sayang banget aku belum bisa upload fotonya om. Cukup kuat juga sih... dan pemasangannya lebih gampang, gak suka "mencolot" "lompat"
Post Reply