Page 18 of 23
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 22 Jan 2010, 08:40
by suprayitno
wa2n wrote::smt022

terimakasih kembali, om2 ku semua, tadinya saya pikir foto2 ini udah gak punya arti, ternyata.......

masih ada 'hikmah' yang bisa didapat dibalik semua ini.

Saya juga pernah mengalami hal yang sama. Tapi masalah bukan pada arus di batteray yang habis. Tetapi jumper antar bateray yang putus. Jumper saya buat dari lembar kuningan setebal 0.2mm, kemudian saya gunting selebar 0.4mm untuk sambungan antar bateray. Begitu juga dengan ikatan bateray juga kurang kuat, sehingga getaran engine membuat kuningan putus.
Kejadiannya juga mendebarkan dan sangat membahayakan. Ketika bangking dari arah kanan kekiri pas di depan pilot. Pada saat tepat menghadap pilot pesawat ndak bisa di kontrol. Saat itu pas banyak teman yang lagi berdiri dilapangan. Spontan saya berteriak sekerasnya "loss control,......loss control......awas....awas.....". Beruntung semua teman tanggap dan segera ambil sikap menghindar...Pesawat ludes, semua pilot selamat.
Setelah itu saya nggak berani sembarangan terhadap bateray.

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 22 Jan 2010, 09:28
by toto
@om wa2n, ini namanya nikmat membawa derita tapi tetap ada positifnya untuk kita melakukan instropeksi kembali kepada diri kita masing2 khususnya pada diri saya pribadi yang pernah juga dapat pengalaman yang sama.
sejak kejadian itu maka saya batasi jumlah sortie untuk pesawat nitro maksimum 2 flight kemudian langsung masuk hangar untuk melakukan recharging tapi kalau untuk yang gasoline sop nya 1x charge hanya untuk 1x flight dan selalu melalukan cek tegangan sebelum dan sesudah flight sebagai bagian dari pre-flight cek yang tadinya hanya melakukan control surface, push rod, clevis cek dan range check, keliatannya paranoid atau rebyek atau ribet banget tapi ada juga yang mengomentari gaya banget tuh, tapi mengingat dari pada pesawat dan engine hancur belum lagi nanti berdampak pada pihak lain yang jauh lebih membutuhkan usaha untuk menyelesaikannya maka apa salahnya meluangkan waktu lebih 1 menit utk memeriksa kondisi baterai
tapi kalo enggak salah tipe swallow tuh lentur banget loh walau jatuh dari ketinggian berapa saja ... tapi itu kalo enggak salah yg sandal ya ......... mari di rakit lagi om dari merk/tipe lain, saya yakin
moto nya om wa2n jatuh 1 rakit 3 ...

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 22 Jan 2010, 13:36
by suprayitno
toto wrote:@om wa2n, ini namanya nikmat membawa derita tapi tetap ada positifnya......
.......... kalo enggak salah tipe
swallow tuh lentur banget loh walau jatuh dari ketinggian berapa saja ... tapi itu kalo enggak salah yg
sandal ya ......... mari di rakit lagi om dari merk/tipe lain, saya yakin
moto nya om wa2n jatuh 1 rakit 3 ...

Wakaka.......
Sudah terlanjur serius belakangnya sandal.
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 22 Jan 2010, 15:56
by dino
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 22 Jan 2010, 16:02
by AgoesAurelz
wa2n wrote:he..he..he, kronologis kejadiannya begini : malam hari sebelum terbang battere tx & rx saya charge, krn ditinggal bobo, baru pagi nya saya cabut dari charger. kemudian dibawa ke lapangan, sy gak cek lagi tegangan baterenya (karena berasumsi batere udah full)...btw terbanglah 1 sorti selama krg lebih 10 menit, kemudian refuel dan terbang lagi....masih keasikan, soalnya kalo nerbangin pesawat pattern kan jumpalitannya bisa unlimite

...terus landing, saking semangatnya langsung refuel yang ke-3 kalinya...dengan niat terbang untuk terakhir kali, karena udah 3 x 10 menit kan = 30 menit...take off mulus, pas kira-kira 3 menit pertama setelah airborne, pesawat lost control, climb sambil full throttle kemudian kira2 30 meter langsung menukik tajam dengan throttle penuh (kedengeran dari lengkingan engine) dan menghantam tanah dengan 'sempurna'....

, tadinya wingspan 1.9 meter jadi serpihan...
Pas dilakukan investigasi dari KNKT ala BAS, tegangan batere tinggal 2,4 volt, artinya semua servo dipastikan 'ngelock' karena gak ada arus lagi (padahal ada 8 servo)....yah itulah, kadang saking semangatnya jadi lupa untuk cek & preflight cek, hal sepele jadi berpele-pele....untung aja gak ada korban manusia, karena kejatuhan pesawat.....gitu ceritanya...koq panjang banget ya, padahal udah disingkat-singkat...

wah turut berdukacita om.... saya mengerti rasanya itu... seperti abis dirampok kan?
btw itu batt apa, capacity berapa mah? om kok terbang 30 menit udah KO?
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 22 Jan 2010, 19:56
by wa2n
@ om Prayit, suhu TOTO tuh emang cerdas untuk membuat suasana yang tadinya very sad story jadi happy ending....gara2 sandal swallow saya ditegur sama istri, koq cekikikan sendiri di depan komputer....
@ Suhu TOTO, mantaf, motonya 3 in 1 atau 1 in 3, ni lagi nyiapin gantinya Swallow, makanya pengen berguru dulu sama suhu, utk engine gasolinenya neeh.....

@ om AA, baterenya pake sanyo enelove, 2500 nimh kalo gak salah, abis baternya udah ilang gak tau kemana, waktu crash sampai roda dubro nya aja lepas dari velg nya..

servo hancur 2 bh, yang pasti emang rasanya perih banget, sampai-sampai kalo habis makan pedes, perut langsung mules....

, mungkin waktu ngecharge sy gak bener nyolok soket nya...
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 23 Jan 2010, 00:37
by kula
wedew...2x2 nya malah dah ngintip malu2 di belakang tiger tuh....
mantaaaapsss....
ayo dong Pakdhe Toto, buruan riset tgy 26 nya, supaya makin banyak yg bisa terbang pattern tanpa bikin kantong bolong..

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 23 Jan 2010, 05:17
by wa2n
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 23 Jan 2010, 08:17
by sukmana
kalo gak salah, batere sanyo eneloop cuman ada 2000mA, gak sampe 2500mA..
jangan2 ada eneloop palsu nih...
ikut takut juga, soalnya pake eneloop buat rimut...
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 25 Jan 2010, 10:04
by kula
ada yg punya ide how to landing Venus supaya smooth ?.. tiap kali landing aku selalu bounce..
pdhal ancang2 nya dah jauuuhhhh buanget..
ada yg bilang supaya pake flaps, tp kmrn coba2 malah berhasil mencukur propeler dgn aspal...hik..hik...