Terbang Sore di Joko Dolog

Moderators: Syafik, ferry, medy, thom45

Post Reply
User avatar
Joker
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 100
Joined: 24 Jul 2007, 11:56
Location: Surabaya
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by Joker »

:lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by ferry »

Coba perhatikan ini sama gak dgn punyaku....murah mariah!! :lol:
User avatar
medy
Posts: 9
Joined: 30 Jul 2008, 10:34
Location: Jakarta
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by medy »

cucu JD tambah pinter kreatif sekarang \:D/ good...good...good
User avatar
suprayitno
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 723
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by suprayitno »

ferry wrote:Coba perhatikan ini sama gak dgn punyaku....murah mariah!! :lol:

Kok Pada smilesnya pada ketawa semua jadi bingung nih.
Ketawa juga ah,... :lmao: :lmao: :lmao:
Itu idenya begini. Karena trush vectoring kebanyakan sumbuh untuk membelokkan motor tidak pada center gravity motor itu sendiri, maka saat terjadi benturan, beban motor akan di transmisikan melalui push link yang pada akhirnya di tahan oleh servo. Jika servonya yang murahan pasti akan rompal. Apalagi kalau sumbu tidak center dengan sumbu motor, maka servo akan terbebani saat kita saat throtle kita naikkan. Dengan konstruksi diatas harapanya, thrus dan momen akibat impact Nol. Jadi servo praktis tidak menyangga apa-apa. Kecuali saat servo kita beri input untuk membelokkan motor.
Mungkin lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini.

Image

Gambar no 1. Sumbu lurus dengan sumbu motor. Saat ada trush beban tetap pada sumbu. Tapi servo tetap menyangga berat motor.
Gambar no 2. Sumbu tidak center dengan sumbu motor. Disamping menahan trush servo juga menahan motor.
Gambar no 3. Sumbu berada ditengah atau CG motor + Propnya. Maka semua beban akan terpusat pada sumbu tersebut.
Impact terjadi saat hard landing, maupun crash, besarnya impact adalah berat motor dikalikan percepatan, serta jarak sumbu terhadap sumbu arm servo. Betul nggak ya. Kalau keliru mohon koreksi. :D
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by ferry »

Paparan yg menarik nih pake rumusan fisika segala......matur suwun Om jd tambah jelas satu bukti kalo rajin sowan ke mbah JD.....yg punya saya mirip point 2 tanpa pertimbangan rumusan fisikanya cuma cari praktis saja makanya servo yg digunakan dgn torsi yg lumayan besar.....dgn cara om Prayit ini dimungkinkan pake servo dgn torsi lebih ringan krn gaya yg terjadi dititik tersebut paling kecil dan kemungkinan terjadi impact yg berpengaruh terhadap sevo jg kecil begitu ya Om?,....... =D> =D> =D>
User avatar
Joker
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 100
Joined: 24 Jul 2007, 11:56
Location: Surabaya
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by Joker »

betul om ferry , ini om prayit dapet wangsit pas sore kemarin di MBah JD
User avatar
suprayitno
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 723
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by suprayitno »

Bukti kalau di JD nggak hanya kiss bye saja. :lol: :lol: :lol:
User avatar
sevenslidegrills
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 372
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by sevenslidegrills »

Juga membuktikan kalo bakar menyannya lebih banyak!
:lol: :lol: :lol:
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by Syafik »

suprayitno wrote:
sevenslidegrills wrote:
suprayitno wrote:Ternyata anginnya besar, dan nggak jadi mengudara. :D

Tapi tetep ngopi kan.....?

Tetap Om, sambil ngobrol ngalor ngidul seputar elektronik, pesawat dll.
Akhirnya dapat ide lagi kayak dibawah ini.
Image

Hasil diskusi dibawah pangkuan mbah JD menghasilkan pemikiran kolaborasi dg mbah fisika Einstein

Kalau lihat gambar diatas bisa jadi itu trust vectoring up down dan left right, mixing rudder dan elevator sekalian tinggal ngasih servo horn posisi sumbu verticalnya... bahannya buat mounting motor vectoringnya dapat om?

Memang akhir2 ini angin blm bisa ditoleransi untuk menyalurkan hasrat bermain aero, sementara coolong down dulu walaupun jempol udah gatal
User avatar
suprayitno
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 723
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Re: Terbang Sore di Joko Dolog

Post by suprayitno »

@ Om Syafik: Betul om, rencananya bisa di gerakkan ke segala arah (dua sumbu) vertikal dan horisontal. Bisa nggak ya dimixing dengan rudder. Soalnya sumbunya memang beda dengan Vtail.
Bahannya sudah dapat. PCB fiberglas 2 layer. Tinggal nggambar sumbu vertikal dan penempatan servonya yang belum.
Post Reply