Page 20 of 58

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Dec 2011, 18:47
by ekozxx
:plk :plk :plk , ajib.. terbang juga akhirnya..hebatt dan salut!...gimana rasanya om Crist? Total berat kotor berapa om? Tx

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Dec 2011, 20:30
by christoffel
unding wrote:Namun saya masih penasaran dgn hasil yg didapatkan dari....
christoffel wrote:sore ini test flight lagi.
pakai prop Fiala prop 28x10, RPM max bisa 6600, static thrust 25Kg. akhirnya tercapai juga 25Kg dengan prop standart.
Mr. Fiala memang top deh ...

D = 28 inch = 0,7112 mtr
Pitch = 10 inch = 0,254 mtr
Putaran = 6600 rpm = 110 put/detik
dari data diatas didapat :
Ve (kec udara) = pitch x putaran
= 0,254 x 110 = 27,94 m/det (teoritis)
A (area) = 1/4 x 3.14 x D^2
= 1/4 x 3,14 x (0.7112)^2
= 0.397 m2
r (density) = 1 kg/m2 (asumpsi)
dengan melihat persamaan dibawah ini

Image
Image

Thrust = F = 0.5 . r . A. (Ve^2 - Vo^2)
pada saat pengujian, pswt dlm keadaan diam maka Vo = 0
jadi persamaannya menjadi :
F = 0.5 . r . A. Ve^2
= 0.5 x 1 x 0.397 x 27.94^2
= 154.957 kg

Dengan membandingkan thrust teoritis (154.97 kg) dengan actual (25 kg) kelihatannya selisihnya sangat banyak, hingga effisiensinya cuma 16 %.
Hal ini terjadi disebabkan banyak faktor, antara lain
- kecepatan udara teoritis yg keluar dari propeller tidak sama dgn kecepatan yg sebenarnya, sebab terjadinya slip yg cukup besar antara udara dgn putaran propeller.
- bentuk airfoil propeller
- jenis material/ bahan yg digunakan propeller
- dll..

hehe ... itu sebabnya waktu saya nyari rumus thrust, saya nggak mau pakai yg ini om ...

persamaan diatas diturunkan dengan teorema bernoulli dan newton.
sedangkan yg saya pakai itu sudah dicampur dengan empiris, dan sudah ada variabel yg mewakili faktor pengaruh yg om unding sebutkan tersebut (airfoil, faktor bentuk, dll diwakili oleh nilai CF).
yg saya pilih ini yg banyak dipakai, saya cuman menyesuaikan konstanta2 dan satuan nya saja.

logika saya tentang rumus diatas begini :
untuk lebih jelasnya, saya mundur dikit ke latar belakang persamaan tersebut, langsung dari sumbernya seperti ini :
Image
yg ini sangat logis karena thrust memang timbul dari beda tekanan.
Beda tekanan yg dimaksud adalah tekanan udara persis di depan dan di belakang propeller.
Bidang prop nya sama2 A, tapi P nya kan berbeda, jadi menurut saya kerapatan udaranya (r) seharusnya juga berbeda, karena jumlah molekul udaranya sama (prop hanya memindahkan udara didepannya ke belakang nya, tidak menambahkan / mengurangi jumlah udara nya) dengan tekanan yg berbeda.
karena di gambar ditulis pe=p0 asumsi saya posisinya bukan tepat di sisi prop, jadi V0 memang = 0 tapi Ve bukan kecepatan udara pada prop, agak mundur-an lagi.
Saya nggak mempelajari lebih jauh lagi, tapi ini web site nya judulnya Beginers guide, jadi ada kemungkinan ini untuk memudahkan pemahaman saja, banyak dipakai asumsi2 supaya lebih sederhana dan nggak ruwet.
Dari rumus nya kan terlihat bahwa faktor2 seperti airfoil tidak ter-akomodasi ....

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Dec 2011, 20:37
by christoffel
NF wrote:selamat dan sukses sekali lagi..........dan fotonya itu ,.......banyak kenangan waktu terbang trike dan paralayng dasar.......... :whoaa

tenang om ... kalau beliau2nya bisa ngomong sekarang ini, pasti mereka bakal nyuruh om NF untuk meneruskan perjuangan mereka dulu ...
so, lets move on ...
mari kita lanjutkan perjuangan beliau2, biar nggak percuma pengorbanan nya ....
Indonesia punya banyak orang pintar, masa kalah terus sama bule sih ... hehehe ...

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Dec 2011, 20:39
by christoffel
MrDoms wrote:Selamat dan sukses suhu dengan...... ini baru benar-benar diterbangkan dengan karya sendiri.... salut abis saya om....

terimakasih om Doms, saya kan cuman menggabungkan produk2 yg sudah ada saja, semua juga bisa melakukan koq ....
jadi seperti kata om justinus, made in china tapi di rakit di indonesia .... hehehe ...

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Dec 2011, 20:43
by christoffel
ekozxx wrote:gimana rasanya om Crist? Total berat kotor berapa om? Tx

rasanya senang sekali om, bisa membuktikan hitungan saya diatas kertas ternyata cocok. ini juga berkat bantuan om Eko ...
:thx :thx :thx
total berat kotor hampir 100Kg om ...
trike+engine+bbm 32Kg, canopy sekitar 6Kg, saya sendiri 60Kg

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 14 Dec 2011, 10:24
by NF
:htg .........dry weight saya saja 91 kg ........ #-o

............. :pyg

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 14 Dec 2011, 10:41
by justinus
NF wrote: :htg .........dry weight saya saja 91 kg ........ #-o

............. :pyg


Makanya kalo difoto kelihatan tinggi dan besar. :pis

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 14 Dec 2011, 11:11
by iwan21
justinus wrote:
NF wrote: :htg .........dry weight saya saja 91 kg ........ #-o

............. :pyg


Makanya kalo difoto kelihatan tinggi dan besar. :pis


itu mungkin gabungan berat saya sama om Justinus.. :ha3 :ha3 :ha3

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 14 Dec 2011, 11:34
by NF
:pyg :whoaa :whoaa :whoaa

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 14 Dec 2011, 16:41
by christoffel
NF wrote::htg .........dry weight saya saja 91 kg ........ #-o

............. :pyg

lho ... emmm ... maksudnya om NF dry weight itu apa berat setelah di keringkan ???????
:pis :pis :pis :pis
:ha3 :ha3 :ha3 :ha3
nggak apa apa om ... bisa pake canopy yg size L koq ....
yg saya pakai sekarang ini size M, load 80 kg sampai 105 kg.
kalau mau, bisa saja dijadiin paramotor, nggak pake trike. berat jadi 91kg + 12kg = 103kg, masih masuk range nya ... hehehe