(ASk) TOrquetube VS Belt
- eenoph
- Airman First Class
- Posts: 66
- Joined: 11 Jul 2011, 13:04
- Location: Jakarta - Pondok Cabe
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
salam kenal om...
pengalaman saya torque tube gear bisa awet jg kok walo hard landing berkali2 asal pemasangannya benar...
asal gearnya rapetnya pas, bisa bertahan beberapa kali crash...
saya trakhir ganti umbrella gear cuma spaya kliatan bersih lg aja heli nya, gear lama nya udah item2 kena grease krn udah lama ga ganti aja... gearnya si masih utuh ga ada masalah... itu gear udah hampir stahun pake dan udah crash berkali2...
saya malah lebih banyak tail blade nya yg patah ato pecah (carbon)...
trakhir justru batang torque tubenya yg KO, udh ganti 2 kali dalam dua bulan padahal ga ada crash...
ato om bisa coba pake landing skid kelas 500...
di forum2 luar banyak yg pake...
kliatan aneh sih tapi lumayan buat nambah ground clearance...
pengalaman saya torque tube gear bisa awet jg kok walo hard landing berkali2 asal pemasangannya benar...
asal gearnya rapetnya pas, bisa bertahan beberapa kali crash...
saya trakhir ganti umbrella gear cuma spaya kliatan bersih lg aja heli nya, gear lama nya udah item2 kena grease krn udah lama ga ganti aja... gearnya si masih utuh ga ada masalah... itu gear udah hampir stahun pake dan udah crash berkali2...
saya malah lebih banyak tail blade nya yg patah ato pecah (carbon)...
trakhir justru batang torque tubenya yg KO, udh ganti 2 kali dalam dua bulan padahal ga ada crash...
ato om bisa coba pake landing skid kelas 500...
di forum2 luar banyak yg pake...
kliatan aneh sih tapi lumayan buat nambah ground clearance...
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2314
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
agusfirmansyah wrote:Wah om WR masukannya boleh juga tuh om.....cuma yg jadi permasalahannya cara pemasangan dan cara kerja dari brushles itu sendiri bagaimana om.....??????
![]()
Saya pernah modif HK 450 pakai es hk ss 15 A dan motor 19 gram dari HK ( cari yg shaftnya 3mm ; KV sekitar 1000 - 1500 kv , 3 cell , dan mampu memutar baling2 5 - 6 inch )
Shaft motor diganti dengan shaft yang lebih panjang ( bisa diambil dari CD rom bekas )
Karena heli HK kan murah meriah , jadi kalau ada waktu iseng2 bisa bikin satu versi yg beltless

Caranya kurang lebih spt ini

illustrasi

illustrasi
Note : Kabel seharusnya dari dilewatkan melalui boom , jadi lebih rapi
Ini link lengkapnya :
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=852288
- suhaimihk
- Staff Sergeant
- Posts: 299
- Joined: 10 Jul 2012, 00:13
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Documentasi pribadi om agus waktu dulu




- hidayat07
- Chief Master Sergeant
- Posts: 946
- Joined: 14 Dec 2010, 11:19
- Location: makassar
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
wah bisa di coba neh...salah satu solusi buat ganti main gear BCP ke Main gear Trex (cloningan) karena sy pikit metode ini sdh tidak memakai tail gear lagi......namun masalah berat yg menjadi kendala.selain Motor nya tail sendiri ,juga kabel dan ESC nya memunculkan berat yg baru....kira2 Suhu WR pernah coba ngga ESC tail motornya di paralel sj dengan ESC Induknya....ya....misal pake 40 A di up ke 50 A.....thanx
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2314
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
hidayat07 wrote:wah bisa di coba neh...salah satu solusi buat ganti main gear BCP ke Main gear Trex (cloningan) karena sy pikit metode ini sdh tidak memakai tail gear lagi......namun masalah berat yg menjadi kendala.selain Motor nya tail sendiri ,juga kabel dan ESC nya memunculkan berat yg baru....kira2 Suhu WR pernah coba ngga ESC tail motornya di paralel sj dengan ESC Induknya....ya....misal pake 40 A di up ke 50 A.....thanx
Sudah pernah pak ; soalnya waktu itu rxnya cuman 6 channel ; mau ndak mau ya terpaksa kongsi dengan dengan channel throttle .
ESC pakai yg 30 Ampere utk main motor dan 15 ampere buat tail motor . (tail motornya kira 20 gram lah )
Esc utk tail motor jangan dipasang tail boom , kabel yg ke motornya yg dipanjangin ; masukkan ke dalam tail boom .
Memang agak berat di belakang , tapi saya pakai baterai 2650 mAH .. sehingga cg pas lagi .
Tambah berat , tapi helinya jadi lebih jinak ( soalnya berat sih hehehe ) .
Saya sudah pernah coba juga di heli Falcon Art Tech , pakai motor bl yg shaftnya 2 mm .
No problemo dengan locking tailnya ; yang masalah itu saya memang sering crash hahahaha ...
- hidayat07
- Chief Master Sergeant
- Posts: 946
- Joined: 14 Dec 2010, 11:19
- Location: makassar
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Wind Raider wrote:hidayat07 wrote:wah bisa di coba neh...salah satu solusi buat ganti main gear BCP ke Main gear Trex (cloningan) karena sy pikit metode ini sdh tidak memakai tail gear lagi......namun masalah berat yg menjadi kendala.selain Motor nya tail sendiri ,juga kabel dan ESC nya memunculkan berat yg baru....kira2 Suhu WR pernah coba ngga ESC tail motornya di paralel sj dengan ESC Induknya....ya....misal pake 40 A di up ke 50 A.....thanx
Sudah pernah pak ; soalnya waktu itu rxnya cuman 6 channel ; mau ndak mau ya terpaksa kongsi dengan dengan channel throttle .
ESC pakai yg 30 Ampere utk main motor dan 15 ampere buat tail motor . (tail motornya kira 20 gram lah )
Jadi agak berat di belakang , tapi saya pakai baterai 2650 mAH .. sehingga cg pas lagi .
Tambah berat , tapi helinya jadi lebih jinak ( soalnya berat sih hehehe ) .
Saya sudah pernah coba juga di heli Falcon Art Tech , pakai motor bl yg shaftnya 2 mm .
No problemo dengan locking tailnya ; yang masalah itu saya memang sering crash hahahaha ...




karena sy pengen banget ganti main gear bcp ke cloningan trex.hanya sj tail gear tdk bisa di ganti berhubung dudukan lahar tail belt nya sdh patent suhu....jadi tdk bisa ikut ke ganti.hanya main gear saja..sdh pernah seh sy tanyakan hal ini dan seorang rekan kita di Semarang sdh berhasil menggantinya....
sy tgg inovasinya Suhu WR.....mohon bantuannya
Salam Hangat selalu
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2314
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Tidak sesulit yang dibayangkan .
Modifnya sederhana saja kok .
Just do it ... beres dahh
Apalagi ....
Helinya sudah di test dengan crash berkali2 tapi tail motor tidak terkena ; palingan boom , main gear , feathering shaft , jeruji pedal , ...
Alamak ... males banget membetulinnya
Modifnya sederhana saja kok .
Just do it ... beres dahh
Apalagi ....
Spoiler: show
Helinya sudah di test dengan crash berkali2 tapi tail motor tidak terkena ; palingan boom , main gear , feathering shaft , jeruji pedal , ...
Alamak ... males banget membetulinnya

- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1457
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
doditsky wrote:betul om Agus yang di nasehatkan suhu suhu...
saya belajar pake TT juga...asal minta tolong setting hely super lemot dijamin landing bisa smoth.......hehehehe kalo saya hati sudah nggak sregg ya landing dulu.......walaupun hanya naik semeter turun lagi...lama2 kan tinggi juga....hihihihii yang penting tidak bikin kantong jebol walaupun main hely![]()
.....semangat semangat !!!!!!
![]()
![]()
Kapan Oom bisa mampir ke Cirebon untuk seting Helly saya supaya bisa lemot?
Ditunggu jawabanmu segera ......hahahahahaha
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
suhaimihk wrote:Documentasi pribadi om agus waktu dulu
![]()
![]()
Harus latihan hover dulu dengan tenang..pertahankan ketinggian heli kira2 sekitar uluhati dulu dan belajar untuk hover di satu point dulu...kalo heli kebanyakan terlalu rendah, apalagi jenis2 450 ini sangat susah diajak diem, karena selalu kena pantulan balik angin main blade dari tanah(ground effect)....
Prinsipnya, semakin tinggi heli di udara, semakin mudah untuk di-stabil-kan...
- agusfirmansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 335
- Joined: 14 Jun 2012, 16:31
- Location: Cipondoh-Tangerang
- Contact:
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Budiman wrote:suhaimihk wrote:Documentasi pribadi om agus waktu dulu
![]()
![]()
Harus latihan hover dulu dengan tenang..pertahankan ketinggian heli kira2 sekitar uluhati dulu dan belajar untuk hover di satu point dulu...kalo heli kebanyakan terlalu rendah, apalagi jenis2 450 ini sangat susah diajak diem, karena selalu kena pantulan balik angin main blade dari tanah(ground effect)....
Prinsipnya, semakin tinggi heli di udara, semakin mudah untuk di-stabil-kan...
Trimakasih Suhu Budiman atas masukannya, Hover nya sih bisa lembut om..... cuma mempertahankan posisi hellinya biar bisa diem di satu poin yg belum lancar dan kalo lg gerogi throtel suka kedorong kaget yg melambungkan heli dan saya lepas kendali..........
Salam sejahtera om Budiman............


