(ASk) TOrquetube VS Belt

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
eenoph
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 66
Joined: 11 Jul 2011, 13:04
Location: Jakarta - Pondok Cabe

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by eenoph »

salam kenal om...
pengalaman saya torque tube gear bisa awet jg kok walo hard landing berkali2 asal pemasangannya benar...
asal gearnya rapetnya pas, bisa bertahan beberapa kali crash...

saya trakhir ganti umbrella gear cuma spaya kliatan bersih lg aja heli nya, gear lama nya udah item2 kena grease krn udah lama ga ganti aja... gearnya si masih utuh ga ada masalah... itu gear udah hampir stahun pake dan udah crash berkali2...
saya malah lebih banyak tail blade nya yg patah ato pecah (carbon)...
trakhir justru batang torque tubenya yg KO, udh ganti 2 kali dalam dua bulan padahal ga ada crash...

ato om bisa coba pake landing skid kelas 500...
di forum2 luar banyak yg pake...
kliatan aneh sih tapi lumayan buat nambah ground clearance...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Wind Raider »

agusfirmansyah wrote:Wah om WR masukannya boleh juga tuh om.....cuma yg jadi permasalahannya cara pemasangan dan cara kerja dari brushles itu sendiri bagaimana om.....??????
:thx :thx


Saya pernah modif HK 450 pakai es hk ss 15 A dan motor 19 gram dari HK ( cari yg shaftnya 3mm ; KV sekitar 1000 - 1500 kv , 3 cell , dan mampu memutar baling2 5 - 6 inch )
Shaft motor diganti dengan shaft yang lebih panjang ( bisa diambil dari CD rom bekas )
Karena heli HK kan murah meriah , jadi kalau ada waktu iseng2 bisa bikin satu versi yg beltless :winkie:


Caranya kurang lebih spt ini

Image
illustrasi

Image
illustrasi

Note : Kabel seharusnya dari dilewatkan melalui boom , jadi lebih rapi

Ini link lengkapnya :
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=852288
User avatar
suhaimihk
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 299
Joined: 10 Jul 2012, 00:13

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by suhaimihk »

Documentasi pribadi om agus waktu dulu

:plk :plk :plk
User avatar
hidayat07
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 946
Joined: 14 Dec 2010, 11:19
Location: makassar

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by hidayat07 »

wah bisa di coba neh...salah satu solusi buat ganti main gear BCP ke Main gear Trex (cloningan) karena sy pikit metode ini sdh tidak memakai tail gear lagi......namun masalah berat yg menjadi kendala.selain Motor nya tail sendiri ,juga kabel dan ESC nya memunculkan berat yg baru....kira2 Suhu WR pernah coba ngga ESC tail motornya di paralel sj dengan ESC Induknya....ya....misal pake 40 A di up ke 50 A.....thanx
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Wind Raider »

hidayat07 wrote:wah bisa di coba neh...salah satu solusi buat ganti main gear BCP ke Main gear Trex (cloningan) karena sy pikit metode ini sdh tidak memakai tail gear lagi......namun masalah berat yg menjadi kendala.selain Motor nya tail sendiri ,juga kabel dan ESC nya memunculkan berat yg baru....kira2 Suhu WR pernah coba ngga ESC tail motornya di paralel sj dengan ESC Induknya....ya....misal pake 40 A di up ke 50 A.....thanx


Sudah pernah pak ; soalnya waktu itu rxnya cuman 6 channel ; mau ndak mau ya terpaksa kongsi dengan dengan channel throttle .
ESC pakai yg 30 Ampere utk main motor dan 15 ampere buat tail motor . (tail motornya kira 20 gram lah )
Esc utk tail motor jangan dipasang tail boom , kabel yg ke motornya yg dipanjangin ; masukkan ke dalam tail boom .
Memang agak berat di belakang , tapi saya pakai baterai 2650 mAH .. sehingga cg pas lagi .
Tambah berat , tapi helinya jadi lebih jinak ( soalnya berat sih hehehe ) .

Saya sudah pernah coba juga di heli Falcon Art Tech , pakai motor bl yg shaftnya 2 mm .
No problemo dengan locking tailnya ; yang masalah itu saya memang sering crash hahahaha ...
User avatar
hidayat07
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 946
Joined: 14 Dec 2010, 11:19
Location: makassar

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by hidayat07 »

Wind Raider wrote:
hidayat07 wrote:wah bisa di coba neh...salah satu solusi buat ganti main gear BCP ke Main gear Trex (cloningan) karena sy pikit metode ini sdh tidak memakai tail gear lagi......namun masalah berat yg menjadi kendala.selain Motor nya tail sendiri ,juga kabel dan ESC nya memunculkan berat yg baru....kira2 Suhu WR pernah coba ngga ESC tail motornya di paralel sj dengan ESC Induknya....ya....misal pake 40 A di up ke 50 A.....thanx


Sudah pernah pak ; soalnya waktu itu rxnya cuman 6 channel ; mau ndak mau ya terpaksa kongsi dengan dengan channel throttle .
ESC pakai yg 30 Ampere utk main motor dan 15 ampere buat tail motor . (tail motornya kira 20 gram lah )
Jadi agak berat di belakang , tapi saya pakai baterai 2650 mAH .. sehingga cg pas lagi .
Tambah berat , tapi helinya jadi lebih jinak ( soalnya berat sih hehehe ) .

Saya sudah pernah coba juga di heli Falcon Art Tech , pakai motor bl yg shaftnya 2 mm .
No problemo dengan locking tailnya ; yang masalah itu saya memang sering crash hahahaha ...

:lmao: :lmao: :lmao: :lmao: suhu.....suhu...ternyata penyakit kita serupa.....
karena sy pengen banget ganti main gear bcp ke cloningan trex.hanya sj tail gear tdk bisa di ganti berhubung dudukan lahar tail belt nya sdh patent suhu....jadi tdk bisa ikut ke ganti.hanya main gear saja..sdh pernah seh sy tanyakan hal ini dan seorang rekan kita di Semarang sdh berhasil menggantinya....
sy tgg inovasinya Suhu WR.....mohon bantuannya
Salam Hangat selalu
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Wind Raider »

Tidak sesulit yang dibayangkan .
Modifnya sederhana saja kok .
Just do it ... beres dahh
Apalagi ....
Spoiler: show
Ada suhu unding , yang sudah mirip tabib klinik Tong Fang ..
Apapun masalahnya pasti beres ditangan beliau hehehe


Helinya sudah di test dengan crash berkali2 tapi tail motor tidak terkena ; palingan boom , main gear , feathering shaft , jeruji pedal , ...
Alamak ... males banget membetulinnya :eep:
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1457
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Kiki_54 »

doditsky wrote:betul om Agus yang di nasehatkan suhu suhu...
saya belajar pake TT juga...asal minta tolong setting hely super lemot dijamin landing bisa smoth.......hehehehe kalo saya hati sudah nggak sregg ya landing dulu.......walaupun hanya naik semeter turun lagi...lama2 kan tinggi juga....hihihihii yang penting tidak bikin kantong jebol walaupun main hely :ha3 :ha3 .....semangat semangat !!!!!! :plk :plk :plk


Kapan Oom bisa mampir ke Cirebon untuk seting Helly saya supaya bisa lemot?
Ditunggu jawabanmu segera ......hahahahahaha
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Budiman »

suhaimihk wrote:Documentasi pribadi om agus waktu dulu

:plk :plk :plk


Harus latihan hover dulu dengan tenang..pertahankan ketinggian heli kira2 sekitar uluhati dulu dan belajar untuk hover di satu point dulu...kalo heli kebanyakan terlalu rendah, apalagi jenis2 450 ini sangat susah diajak diem, karena selalu kena pantulan balik angin main blade dari tanah(ground effect)....
Prinsipnya, semakin tinggi heli di udara, semakin mudah untuk di-stabil-kan...
User avatar
agusfirmansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 335
Joined: 14 Jun 2012, 16:31
Location: Cipondoh-Tangerang
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by agusfirmansyah »

Budiman wrote:
suhaimihk wrote:Documentasi pribadi om agus waktu dulu

:plk :plk :plk


Harus latihan hover dulu dengan tenang..pertahankan ketinggian heli kira2 sekitar uluhati dulu dan belajar untuk hover di satu point dulu...kalo heli kebanyakan terlalu rendah, apalagi jenis2 450 ini sangat susah diajak diem, karena selalu kena pantulan balik angin main blade dari tanah(ground effect)....
Prinsipnya, semakin tinggi heli di udara, semakin mudah untuk di-stabil-kan...


Trimakasih Suhu Budiman atas masukannya, Hover nya sih bisa lembut om..... cuma mempertahankan posisi hellinya biar bisa diem di satu poin yg belum lancar dan kalo lg gerogi throtel suka kedorong kaget yg melambungkan heli dan saya lepas kendali..........

Salam sejahtera om Budiman............ :thx :thx :thx
Post Reply