anelah wrote:Beritanya diulang: setelah dicharge dengan mode nimh sampai tegangan cukup, berhasil dicharga pada mode lipo. sekarang lagi tunggu sampai full.
Sip.. kudu nyoba sendiri pak.. baru ngerti prakteknya.. saya sekarang lagi nyoba batterry 2 sel, di ganti salah satu selnya yang rusak.. semoga ora njebluk.. ha.. ha.. ha..
anelah wrote:Full... Brarti tidak rusak kan... Besok ditest.
Pak anelah, full bukan berarti tidak rusak, batt mungkin bisa saja telah disorientasi. Nanti bisa pengaruh kepada flight performa. Kalo biasanya terbang sekian menit....sekarang bisa jadi berkurang. Atau biasanya bisa full power...sekarang bisa jadi agak lemot. Mohon hati2 terbangnya. Ini dari apa yang saya baca dan beberapa cuil pengalaman saya. Satu lagi tentang lipo kembung, all risk adalah ditanggung sendiri. Namanya saja risiko, belum tentu akan terjadi. Tapi saya mempunyai pengalaman dengan lipo kembung yang meledak sendiri. Jadi, mohon hati2 mereka seperti bom yang siap meledak CMIIW
BZ123456 wrote: Pak anelah, full bukan berarti tidak rusak, batt mungkin bisa saja telah disorientasi. Nanti bisa pengaruh kepada flight performa. Kalo biasanya terbang sekian menit....sekarang bisa jadi berkurang. Atau biasanya bisa full power...sekarang bisa jadi agak lemot. Mohon hati2 terbangnya. Ini dari apa yang saya baca dan beberapa cuil pengalaman saya. Satu lagi tentang lipo kembung, all risk adalah ditanggung sendiri. Namanya saja risiko, belum tentu akan terjadi. Tapi saya mempunyai pengalaman dengan lipo kembung yang meledak sendiri. Jadi, mohon hati2 mereka seperti bom yang siap meledak CMIIW
pilot Cibeureum ke 3 nih yg ngalamin lipo mleduk (2 lagi off the record, pastinya bukan saya)
selamat om anelah ... bisa di charge full merupakan satu awalan yg baik. paling tidak berarti batt bisa di pakai lagi. masalah nya sekarang berapa persen pulih nya ? jadi langkah selanjutnya discharge. Langsung di pakai juga boleh sih, cuman kan kita nggak tahu kondisi batt pulih nya berapa persen. kalau bisa lebih baik di discharge dengan charger nya. setelah selesai, di lihat bisa keluarin berapa mA. dari sini kita bisa lihat kira2 pulih nya berapa persen. setelah itu baru kita charge ulang sampai penuh, kali ini sudah langsung dengan mode lipo tentunya. setelah penuh, kita lihat lagi berapa mA masuk nya. angka ini nggak boleh terlalu jauh dari angka discharge tadi.
anelah wrote:Full... Brarti tidak rusak kan... Besok ditest.
Kalau low bat berarti belum rusak pak De . .masih bisa di recharge. Yang dibilang rusak itu kalau sudah begini . . Ternyata dalamnya adalah kumpulan lipatan lembaran2 tembaga tipis pada setiap sel nya.
anelah wrote:Beritanya diulang: setelah dicharge dengan mode nimh sampai tegangan cukup, berhasil dicharga pada mode lipo. sekarang lagi tunggu sampai full.
Sip.. kudu nyoba sendiri pak.. baru ngerti prakteknya.. saya sekarang lagi nyoba batterry 2 sel, di ganti salah satu selnya yang rusak.. semoga ora njebluk.. ha.. ha.. ha..
asal diganti dengan cell yg memiliki spek sama, ditambah nekat, saya pernah beberapa kali mencoba... dan 'slamet'. tapi praktek2 seperti itu sudah lama tidak lagi dilakukan. gara2 ada pengalaman, belum selesai dengan aksinya terpaksa harus meninggalkan tkp karena ada urusan dengan kebelakang. lipo kecil2 tsb dikira kotoran, disapu oleh pak slamet ...buuush... kecuali lipo hanya pak slamet yang tetap slamet, coba kalau liponya 2000mA.
misal batt 1000mAh, bisa di charge 1000mA, normalnya habis dalam 1 jam. kalau setengah jam sudah habis, berarti capasitas sudah tinggal separoh nya. di charger nya juga ada tulisan nya sekian mA ...
ini kalau mau tau pulih nya berapa persen. kalau nggak, bisa juga langsung di pakai saja. kalau biasanya bisa dipake terbang 10 menit, trus sekarang dipake terbang 5 menit sudah cutt off berarti capasity nya tinggal separuh ...