Maria Nindhya wrote:Mumpung bahas masalah battery.. Newbee mau tanya.. "katanya" battery nggak boleh kurang dari 3,7 Volt per cel..
Salah. sebenarnya batasnya di 2.7Volt per cell, secara umum untuk aman nya (toleransi dalam fabrikasi) digunakan batas 2.9V sampai 3V percell. cuman, perlu di ingat bahwa kalau sedang di geber di pesawat, tegangan batt juga berfluktuasi naik turun sesuai dengan beban dan throtle. jadi yg terukur oleh alarm nya adalah tegangan rata2 sesaat. jadi supaya aman, batas tegangan tegangan nya di naikkan sedikit. Kalau fluktuasi beban normal, 3.2V sudah cukup. ESC yg bagus sudah ada LVA (low voltage alarm) yg bisa disetel antara 2.9V sampai 3.3V per cell.
Maria Nindhya wrote:lalu saya beli battery alarm, maksudnya biar nggak sampe keabisan.. ternyata alarm baru bunyi di 3,2 Volt.. Nah, gimana tuh..
ini lebih manusiawi. kalau 3.7volt itu sih berarti beban nya benar2 sudah terlalu besar untuk si batt sehingga fluktuasi tegangan nya juga besar.
Maria Nindhya wrote:untuk Charge, biasanya saya pake 75% dari kapasitas.. misalnya battery 1000 mAh, saya charge di 0,7 A.. apakah ini aman ?
ini justru yg paling benar. arus charge max 1C, yg dianjuran adalah 0.7C tapi ini aturan jaman dulu waktu teknologi lipo belum mengenal fast charging. sekarang, batt lipo sudah ada yg boleh di charge sampai 5C (bisa di lihat di spec batt nya masing2). jadi kalau batas arus charging max nya 5C, yg dianjurkan sih jadi 0.7x5C = 3.5C kalau batt nya 1000mAH dengan 5C charging, arus charging yg dianjurkan adalah 3500mA
Maria Nindhya wrote:untuk Charge, biasanya saya pake 75% dari kapasitas.. misalnya battery 1000 mAh, saya charge di 0,7 A.. apakah ini aman ?
ini justru yg paling benar. arus charge max 1C, yg dianjuran adalah 0.7C tapi ini aturan jaman dulu waktu teknologi lipo belum mengenal fast charging. sekarang, batt lipo sudah ada yg boleh di charge sampai 5C (bisa di lihat di spec batt nya masing2). jadi kalau batas arus charging max nya 5C, yg dianjurkan sih jadi 0.7x5C = 3.5C kalau batt nya 1000mAH dengan 5C charging, arus charging yg dianjurkan adalah 3500mA
nah penjelasan ini yang saya tunggu, soalnya sudah sering melakukan charge pake 2C sejak punya charger 20A hehehe.. thx u oom
christoffel wrote: ini lebih manusiawi. kalau 3.7volt itu sih berarti beban nya benar2 sudah terlalu besar untuk si batt sehingga fluktuasi tegangan nya juga besar.
Om christ kebetulan bahas lipo saya juga numpang nanya nih, saya punya quad dan tegangan lipo di pantau lewat telemetry, si lipo ini saat kondisi beban puncak (throttle sekitar 75% keatas) voltase nya drop lumayan jauh, namun setelah throttle berada sekitar 50% voltase berangsur2 menaik kembali, nah sepertinya si lipo ini voltase nya lumayan besar fluktuasi nya, untuk memperbaiki hal ini apa yang perlu dilakukan tanpa menaikkan jumlah cell atau voltase nya?, sebagai info saya pakai lipo 3cell 4400mah 30C hasil pararel dari 2 lipo 3 cell 2200mah 30C, untuk kombinasi motor dan prop saya kira sudah pas dan berat quad saya pun masih jauh dibawah total thrust ke empat motor tersebut
tegangan batt drop banyak dikarenakan internal resistance nya besar. kalau nge-charge batt biasanya nilai ini juga di ukur oleh si charger, jadi bisa kita pantau. batt yg baik, internal resistance nya rendah. semakin rendah semakin baik. seiring umur batt, internal resistance nya juga naik.
batt LiPo yg nilai discharge C nya besar, artinya internal resistance nya juga kecil. Jadi kalau dalam kasus diatas batt om ipin masih baik, artinya memang quad nya butuh batt dg internal resistance yg lebih kecil. solusinya, bisa ganti batt yg lebih tinggi nilai C discharge nya, misalnya yg 50C atau 100C. tentu saja harga batt nya juga jadi lebih mahal ...
HUTOMO123 wrote:Pakai tambahan "Paralel charging" om.... sekali jalan....
setingan cash biasanya Jumlah Ampere Baterai...misal 5 bateray x1300mA .... 6,5A...(karena charger saya maks 5 A.. ya setting diturunini di 4,5A) tapi sesuai saran Om Denny saya turunin jadi 0,5 x jumlah Ampere baterai.... misal mau cash 5 baterai 1300mA...maka di setting 3,2A..
Salam
ini sangat tidak dianjurkan, kecuali kalau batt yg akan diparalel sudah dipastikan dalam kondisi yg sama (tiap cell paralel harus sama/hampir sama) dan itu hampir nggak mungkin terjadi kalau batt2 tersebut dipakai sendiri2 ...
yg terjadi kalau kondisi nya nggak sama, batt yg lebih tinggi tegangan nya akan men-charging batt yg lebih rendah tegangan nya dengan arus yg tidak dapat di kontrol oleh charger. jadi mekipun charger nya hanya di set 1 ampere, bisa jadi arus charge pada batt yg lebih rendah tegangan nya mencapai 5 ampere atau malah lebih.
Txs om.... artinya masih bisa pakai paralel dg catatan kondisi hampir sama tiap cellnya... (cek dulu pakai volt meter sebelum di paralel...) ... masalahnya ngechas 5 baterai kalau satu satu... wahhh.... bisa ngamuk istri "di diam-in"... ..... ehhh "setelah 5 hari di Hutan" dan pulang ke rumah jum'at malam ... e ehh malah ngurusin baterai untuk mabur sabtu pagi....... nanti bisa-bisa dikira punya WIL pula.... he..he..
Salam...
Last edited by HUTOMO123 on 17 Aug 2013, 05:03, edited 1 time in total.
Pa'lik christoffel .... Kalau boleh tahu nilai empiris internal resistance lipo dikatakan bahwa lipo sudah degradasi dibawah rata2 berapa ya nilai resistance nya kebetulan punya alatnya sampai saat ini cuman untuk ngukur2 doang belum dipakai utk memutuskan bahwa lipo dikandangkan atau bisa didismantle ngumpulin yg relatif masih oye ... Tentunya disini yg digabungkan dgn A dan C yang sama
Asyik menyimak porum ini masalahnya konsumsi massal, cukup jelas penjelasan para suhu2. Tapi saya pernah mengalami kejadian menakutkan, battre buncit saya tusuk pake jarum pentul langsung keluar asap sangat kuat bahkan berapi diujung lubang mirip kembang api, sampai2 asap memenuhi ruangan. Sampai sekarang saya gak berani nusuk battre buncit. Bagaimana cara yang benar menusuk battre buncit? Apa penyebabnya battre yang saya tusuk langsung berasap? Mohon penjelasannya, terimakasih......
sutavijaya wrote:Asyik menyimak porum ini masalahnya konsumsi massal, cukup jelas penjelasan para suhu2. Tapi saya pernah mengalami kejadian menakutkan, battre buncit saya tusuk pake jarum pentul langsung keluar asap sangat kuat bahkan berapi diujung lubang mirip kembang api, sampai2 asap memenuhi ruangan. Sampai sekarang saya gak berani nusuk battre buncit. Bagaimana cara yang benar menusuk battre buncit? Apa penyebabnya battre yang saya tusuk langsung berasap? Mohon penjelasannya, terimakasih......
koleksi battre buncit
apa nusuk batere itu dibenarkan om??
jadi inget eksperimentnya alishanmao, yang sengaja eksperiment kaya gini
"judulnya sih lipos are perfectly safe" tapi ini kaya ungkapan "nyeleneh", kalo kita memperlakukan batere lipo dengan "nyeleneh" , hasilnya " nyeleneh" banget