Page 3 of 4

Re: elektirk panas

Posted: 15 Aug 2013, 13:41
by denysafari
Jadi thrust = ditentukan oleh power motor

Propeller ( pitch dan diameter ) = ditentukan oleh motor ( KV )

dengan catatan jika pitchnya ditambah , speed akan bertambah tapi thrust akan berkurang.

jika Diameter ditambah , thrust akan bertambah tapi Speed akan berkurang

tapi jika ngerubah 2 props akan mengurangi efisiensi motor jika tidak tepat ( motor cepet panas dsb )

gitu ya suhu?? :hmm

untuk nentuinnya ada rumusnya gak om?? supaya bisa ngitung2 sendiri kalo mau bikin pesawat :thx

Re: elektirk panas

Posted: 15 Aug 2013, 19:20
by Bodyguard
denysafari wrote:Jadi thrust = ditentukan oleh power motor

Propeller ( pitch dan diameter ) = ditentukan oleh motor ( KV )

dengan catatan jika pitchnya ditambah , speed akan bertambah tapi thrust akan berkurang.

jika Diameter ditambah , thrust akan bertambah tapi Speed akan berkurang

tapi jika ngerubah 2 props akan mengurangi efisiensi motor jika tidak tepat ( motor cepet panas dsb )

gitu ya suhu?? :hmm

untuk nentuinnya ada rumusnya gak om?? supaya bisa ngitung2 sendiri kalo mau bikin pesawat :thx


Itu yg sy tebalkan betul skali om...bukan hanya sekedar cepet panas, bahkan bisa2 terbakar kalo kita paksain dgn propeller yg gak sesuai...
(pengalaman pribadi sich om, wktu belum ngerti soal motor) :gg
Biasanya kalo kita beli motor sudah di cantumkan memang berapa ukuran prop yg harus kita gunakan, tpi terkadang ada motor yg tidak menyertakan spek propelernya... :nw Nah kalo sy temukan hal yg seperti itu sy berpatokan di kv motor aja. Misal yg Turnigy 2200 kv,sdh pasti propelernya kisaran 5 x5 dan 6 x4...intinya gini om, semakin tinggi kv motor yg kita pake, maka semakin kecil proppeler yg kita gunakan, seperti analisa om di atas...
Dan untuk thrust, sy juga sering temukan motor yg tidak menyertakan thrustnya...nah hitung2an sederhana yg sy gunakan, sy hanya melihat dri weight motornya, misal motor weightnya 50 gr, maka sdh bisa di perkirakan thrustnya sekitar 750 gram dan itu dapatnya dari 50 x 3 / 0.2 = Thrust... atau bisa juga patokannya di watt motor, apabila motor memiliki watt 120 watt maka dengan patokan 0.3 watt/gr sdh bisa terbang, maka sdh bisa di pastikan motor tsb punya thrust 400 gram...

Semoga bisa membantu dan bermanfaat....amiin... :gg

Re: elektirk panas

Posted: 15 Aug 2013, 19:47
by denysafari
Bodyguard wrote:Itu yg sy tebalkan betul skali om...bukan hanya sekedar cepet panas, bahkan bisa2 terbakar kalo kita paksain dgn propeller yg gak sesuai...
(pengalaman pribadi sich om, wktu belum ngerti soal motor) :gg
Biasanya kalo kita beli motor sudah di cantumkan memang berapa ukuran prop yg harus kita gunakan, tpi terkadang ada motor yg tidak menyertakan spek propelernya... :nw Nah kalo sy temukan hal yg seperti itu sy berpatokan di kv motor aja. Misal yg Turnigy 2200 kv,sdh pasti propelernya kisaran 5 x5 dan 6 x4...intinya gini om, semakin tinggi kv motor yg kita pake, maka semakin kecil proppeler yg kita gunakan, seperti analisa om di atas...
Dan untuk thrust, sy juga sering temukan motor yg tidak menyertakan thrustnya...nah hitung2an sederhana yg sy gunakan, sy hanya melihat dri weight motornya, misal motor weightnya 50 gr, maka sdh bisa di perkirakan thrustnya sekitar 750 gram dan itu dapatnya dari 50 x 3 / 0.2 = Thrust... atau bisa juga patokannya di watt motor, apabila motor memiliki watt 120 watt maka dengan patokan 0.3 watt/gr sdh bisa terbang, maka sdh bisa di pastikan motor tsb punya thrust 400 gram...

Semoga bisa membantu dan bermanfaat....amiin... :gg


komplit sekaleee :mtp makasih suhu :cling

Re: elektirk panas

Posted: 15 Aug 2013, 20:13
by Bodyguard
denysafari wrote:
Bodyguard wrote:Itu yg sy tebalkan betul skali om...bukan hanya sekedar cepet panas, bahkan bisa2 terbakar kalo kita paksain dgn propeller yg gak sesuai...
(pengalaman pribadi sich om, wktu belum ngerti soal motor) :gg
Biasanya kalo kita beli motor sudah di cantumkan memang berapa ukuran prop yg harus kita gunakan, tpi terkadang ada motor yg tidak menyertakan spek propelernya... :nw Nah kalo sy temukan hal yg seperti itu sy berpatokan di kv motor aja. Misal yg Turnigy 2200 kv,sdh pasti propelernya kisaran 5 x5 dan 6 x4...intinya gini om, semakin tinggi kv motor yg kita pake, maka semakin kecil proppeler yg kita gunakan, seperti analisa om di atas...
Dan untuk thrust, sy juga sering temukan motor yg tidak menyertakan thrustnya...nah hitung2an sederhana yg sy gunakan, sy hanya melihat dri weight motornya, misal motor weightnya 50 gr, maka sdh bisa di perkirakan thrustnya sekitar 750 gram dan itu dapatnya dari 50 x 3 / 0.2 = Thrust... atau bisa juga patokannya di watt motor, apabila motor memiliki watt 120 watt maka dengan patokan 0.3 watt/gr sdh bisa terbang, maka sdh bisa di pastikan motor tsb punya thrust 400 gram...

Semoga bisa membantu dan bermanfaat....amiin...


komplit sekaleee :mtp makasih suhu :cling


:gg Hehehehe...jadi malu di panggil suhu...sy juga baru belajar koq om...pengetahuan sy blum ada apa2nya di banding suhu2 lain disini...

Re: elektirk panas

Posted: 16 Aug 2013, 08:32
by flylow
Irwan Bossanova wrote:tuk para suhu mohon nasehat : sy py pswt coro homemade dg AUW 870gr. pke motor turnigy D2826-6, esc turnigy 4oA, dn battry 2200mah, 25c. masalahnya:motor tsb merekom propeler 6x5 ato 7x3 tuk battry 3s. tp terbangnya lemot sekali apalg bl mlwan angin, namun sma elektronik cmn hangat aj. Klo sy ganti propeler 7x5 terbangnya kenceng tp sma elektronik panas sekali, bahkan kadang ada yg terbakar. mhn solusinya: 1. krn sy suka terbang sport jenis motor apa yg sesuai dg plane sy tp elektronik tetap aman alias tdk kepanasan. trm ksh


saya tidak pernah beruntung dengan motor turnigy, selalu kebakar walau perhitungan2 dasar sudah dipake.
ada yg copot shaftnya, kebakar, dll dll
setelah itu kapok gak pernah main pesawat elektrik lagi
gas engine for the win :mtp

rekan2 di SRAC banyakan pake scorpion, mantap kayaknya, tapi harganya jg mantap.
saya lihat yg ekuivalen 50cc gas kalau full throttle dibawah dipegangin 2 orang sampe mau keseret2 :gg

Re: elektirk panas

Posted: 16 Aug 2013, 10:51
by Bodyguard
flylow wrote:saya tidak pernah beruntung dengan motor turnigy, selalu kebakar walau perhitungan2 dasar sudah dipake.
ada yg copot shaftnya, kebakar, dll dll
setelah itu kapok gak pernah main pesawat elektrik lagi
gas engine for the win :mtp

rekan2 di SRAC banyakan pake scorpion, mantap kayaknya, tapi harganya jg mantap.
saya lihat yg ekuivalen 50cc gas kalau full throttle dibawah dipegangin 2 orang sampe mau keseret2 :gg


:ktk Untuk penggunaan motor mungkin tergantung di pemakainya juga sich...alhamdulillah untuk sy pribadi, selama motor bisa di pake dan di perlakukan sesuai kemampuannya, apalagi dgn harga yg terjangkau, kenapa tidak..??!! Ngapain harus beli yg mahal2, kalo ada yg murah meriah... :nw elektrik pun jadi, yg penting bisa mabur... :dc3

Re: elektirk panas

Posted: 16 Aug 2013, 15:29
by denysafari
Bodyguard wrote: :ktk Untuk penggunaan motor mungkin tergantung di pemakainya juga sich...alhamdulillah untuk sy pribadi, selama motor bisa di pake dan di perlakukan sesuai kemampuannya, apalagi dgn harga yg terjangkau, kenapa tidak..??!! Ngapain harus beli yg mahal2, kalo ada yg murah meriah... elektrik pun jadi, yg penting bisa mabur... :dc3


seep yang penting mabur :mtp , maen engine sekali-kali boleh juga tapi. saya gak nolak kalo ada yang hibahin engine :doa :kabur

Re: elektirk panas

Posted: 16 Aug 2013, 17:16
by toto
demen saya sama om suhu begawan BG ..... semangatnya itu loh tiada ujungnya ........ sayang waktu ada kunjungan muhubah om suhu begawan BG saya enggak sempat hadir untuk mendapatkan oleh2 ilmunya itu loh .... sukses ya om keep sharing .......... :mtp




salam

Re: elektirk panas

Posted: 16 Aug 2013, 19:54
by Bodyguard
toto wrote:demen saya sama om suhu begawan BG ..... semangatnya itu loh tiada ujungnya ........ sayang waktu ada kunjungan muhubah om suhu begawan BG saya enggak sempat hadir untuk mendapatkan oleh2 ilmunya itu loh .... sukses ya om keep sharing .......... :mtp




salam

:shy Eeeh...ada eyang suhu, gimana kabar nich eyang??Insya allah sehat selalu ya, amiiin ya rabbal alamin....
:thx makasih lho eyang dah mampir ikut nimbrung, sy hanya sekedar menyampaikan apa yg bisa saya sampaikan eyang....apalagi bisa berbagi sesama saudara aeromodeller, rasanya gimanaa gitu...
Insya allah kalo ada rejeki lagi, sy bakal jalan2 lagi kesana eyang, penasaran nich blum bisa ketemu eyang saat itu...atau siapa tau nanti insya allah eyang punya tugas ke gorontalo, spy kita bisa ketemuan....hehehehe

Re: elektirk panas

Posted: 16 Aug 2013, 20:37
by flylow
denysafari wrote:
Bodyguard wrote: :ktk Untuk penggunaan motor mungkin tergantung di pemakainya juga sich...alhamdulillah untuk sy pribadi, selama motor bisa di pake dan di perlakukan sesuai kemampuannya, apalagi dgn harga yg terjangkau, kenapa tidak..??!! Ngapain harus beli yg mahal2, kalo ada yg murah meriah... elektrik pun jadi, yg penting bisa mabur...


seep yang penting mabur :mtp , maen engine sekali-kali boleh juga tapi. saya gak nolak kalo ada yang hibahin engine


di palembang lagi krisis fuel nitro, banyak rekan pada konversi ke gasolin, pertanyaannya nitro enginenya pada dikemanain...
coba kalo deket main kesini mungkin tinggal nyamper2in di garasi masing2, colek2 terus bungkus :ngl
gak tahu rekan2 lain di pulau jawa apa kesulitan fuel nitro juga gak?

setuju jg sama oom bodyguard, cuma teteb masalahnya itu sy gak beruntung sama motor turnigy, jadi akhirnya pake merk lain yg murah macam e-max
trus ada 1 foamie cessna pesawat pertama udah 2 tahun lebih, merk abal2 motornya jg gak ada merknya tapi tetep aja awet.
amit2 kalo harus beli scorpion mendingan beli kerupuk 1 becak bisa dimakan gak habis setahun
diitung2 scorpion sangat jauh lebih mahal dari pesawat gasolin total2nya

org2 nyangka engine itu lebih mahal, padahal jatuhnya sama2 aja, malah kalau makin besar makin mahalan elektrik.
terus kalo elektrik jarang ada yg bisa terbang autis sampe 30 menit :ngl

di palembang sini juga sebetulnya bukan gak suka pesawat mungil, tapi anginnya besar terus, disini kadang2 bisa lihat pesawat gabus terbang mundur :gg
seminggu sebelum lebaran ada rc paraglider punya pak ketum terbang mundur sampe nyebrang danau jakabaring akhirnya harus dikejar pake motor

peace out