nanya setting ASP 21

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: nanya setting ASP 21

Post by anelah »

wasiardhi wrote:ASP .21 saya kok masih rewel saja, belum ketemu settingan tepatnya..
mohon info untuk berapa puntir settingan low dan high needle-nya?
terima kasih.


gampang kok start nya, tapi memang keras puntirannya, kadang starter elektrik ngga kuat.
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: nanya setting ASP 21

Post by Arya m 1991 »

anelah wrote:
wasiardhi wrote:ASP .21 saya kok masih rewel saja, belum ketemu settingan tepatnya..
mohon info untuk berapa puntir settingan low dan high needle-nya?
terima kasih.


gampang kok start nya, tapi memang keras puntirannya, kadang starter elektrik ngga kuat.


Dulu punya jg sama rewel haha
Mungkin gara2 pernah puter2 low needlenya jd ngaco :ha3

Thro di hentak bagus, giliran naik pelan2 malah prepet prepet batuk
User avatar
wasiardhi
Captain
Captain
Posts: 1655
Joined: 07 Apr 2010, 11:00
Location: Semarang
Contact:

Re: nanya setting ASP 21

Post by wasiardhi »

Arya m 1991 wrote:
wasiardhi wrote:ASP .21 saya kok masih rewel saja, belum ketemu settingan tepatnya..
mohon info untuk berapa puntir settingan low dan high needle-nya?
terima kasih.


Dulu punya jg sama rewel haha
Mungkin gara2 pernah puter2 low needlenya jd ngaco :ha3

Thro di hentak bagus, giliran naik pelan2 malah prepet prepet batuk


nah...inilah yang terjadi pada ASP.21 saya...
ada solusi ngga ya?
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 307
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Re: nanya setting ASP 21

Post by richard »

Untuk setting low needle, high needle yang terlanjur berubah, bisa dicoba cara berikut ini untuk mendapatkan titik awal/starting point.
Cara ini sangat manjur untuk mesin merk Super Tiger baik yang ex Italia maupun ex China.
Caranya sbb:
1. Pastikan mesin dan karburator dalam keadaan bersih, tidak ada residu bahan bakar.
2. Siapkan selang bahan bakar yang cukup panjang, terhubung ke fuel-intake (niple tempat bahan bakar masuk) di karburator
3. Tutup habis low needle, dan hi-needle buka 2,5 putaran atau sebanyak putaran yang biasa dipakai atau putaran awal sewaktu mesin baru.
4. Tutup barel gas (throttle) hingga celah yang tersisa hanya sebesar diameter jarum pentul (dikira-kira saja).
5. Tiupkan udara dengan mulut ke karburator melalui selang silikon.
6. Pelan-pelan buka low needle sampai terdengar ada suara angin (berdesis) yang keluar dari celah barel gas yang hanya terbuka sebesar diameter jarum pentul tadi.
7. Cukup sampai terdengar udara keluar saja, itulah titik awal setting low needle.

Silahkan dicoba, siapa tahu dapat juga dipraktekkan pada mesin ASP.

Richard
Post Reply