T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
- pamuncak
- Senior Airman
- Posts: 164
- Joined: 24 Nov 2010, 12:22
- Location: Surabaya-kediri
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
http://www.arcair.com/Fea1/301-400/Fea3 ... Hawk-1.jpg
kalo yang saya tahu type nya HS HAWK MK 53 punya TNI AU cat tahun 90 an. sekedar info itu T 50 golden eagle nya sdh ganti warna pakai Millenium Grey ( mg2 tdk salah sebut ) kemaren hari senin melihatnya waktu melintas dikota jombang
kalo yang saya tahu type nya HS HAWK MK 53 punya TNI AU cat tahun 90 an. sekedar info itu T 50 golden eagle nya sdh ganti warna pakai Millenium Grey ( mg2 tdk salah sebut ) kemaren hari senin melihatnya waktu melintas dikota jombang
- julescrafter
- Chief Master Sergeant
- Posts: 768
- Joined: 08 Aug 2013, 10:24
- Location: Gandul Cinere
- Contact:
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
pamuncak wrote:http://www.arcair.com/Fea1/301-400/Fea343-Hawks-Sidharta/TNI-AU_Hawk-1.jpg
kalo yang saya tahu type nya HS HAWK MK 53 punya TNI AU cat tahun 90 an. sekedar info itu T 50 golden eagle nya sdh ganti warna pakai Millenium Grey ( mg2 tdk salah sebut ) kemaren hari senin melihatnya waktu melintas dikota jombang
kalo ga salah T50 TNI AU memang ada 2 kelir, kelir aerobatik yang biru dan kelir camo grey
- pamuncak
- Senior Airman
- Posts: 164
- Joined: 24 Nov 2010, 12:22
- Location: Surabaya-kediri
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
ooo kalo gitu beda pesawat dengan yang melintas sebelum muktamar NU ke 33
- julescrafter
- Chief Master Sergeant
- Posts: 768
- Joined: 08 Aug 2013, 10:24
- Location: Gandul Cinere
- Contact:
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
pamuncak wrote:ooo kalo gitu beda pesawat dengan yang melintas sebelum muktamar NU ke 33
mungkin om, yang kayak gini bukan?

Progress terakhir, udah siap maiden hawknya

- julescrafter
- Chief Master Sergeant
- Posts: 768
- Joined: 08 Aug 2013, 10:24
- Location: Gandul Cinere
- Contact:
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
siap test tanpa landing gear dulu


- pamuncak
- Senior Airman
- Posts: 164
- Joined: 24 Nov 2010, 12:22
- Location: Surabaya-kediri
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
jadi 2 kali kejadian.yang melintas dilangit jombang sebelum muktamar nu ke 33 ( muktamar mulai 1-5 agustus jadi sekitar tanggal 27-30 juli ) kelirnya seperti pesawat yang mas bikin dan hari senin kemarin itu ( tgl 14 september jam 1-2 siang) kelirnya seperti di foto.sekedar info juga pada hari senin itu jam sebelumnya sekitar 11-12 siang saya berhenti diatas jembatan kali brantas Mojokerto dan sedang melintas helikopter 1bh mi 17 dan 2bh mi 35 TNI AD.saya lalu berfikir kok kontras sekali antara kelir TNI AU yang samar2 diangkasa dan kelir hijau tua TNI AD yang terlihat mencolok di langit.semangat terus untuk proyeknya
- julescrafter
- Chief Master Sergeant
- Posts: 768
- Joined: 08 Aug 2013, 10:24
- Location: Gandul Cinere
- Contact:
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
Crash
.
Penyebabnya saya belum tau saya masih menduga2 sampe sekarang. Tapi kecurigaan ada di sistem torque rod yang saya bikin tidak sempurna
rod masih bisa melintir, jadi kurang rigid. Hasilnya aileronnya lembek, walau bisa gerak oleh servo tapi masih bisa didorong pake jari dan aileron itu bisa berubah sudut
apalagi sama angin.
Videonya
kronologi video
1. penerbangan pertama nose heavy banget, jadi pesawat kayak lumba2 waktu hand launched. Awalnya saya pake itungan CG yang stabilizer ikut dihitung namun di jam2 terakhir saya ubah jadi pakai hitungan CG yang flying wing, ternyata nose heavy sekali.
2. Ketika take off pesawat sangat liar, ga seperti pesawat saya yang lain, akhirnya setelah trimming sudah agak jinak, lalu saya turunkan untuk digeser baterenya ke belakang.
3. Penerbangan kedua, pesawat sudah lurus ga lumba2 lagi tapi rollnya masih galak.
4. Ketika belok saya lupa apa yang terjadi tapi terlihat pesawat menukik sambil rolling, dan kontrol aileron seperti ga respon.
perkembangan terakhir, saya sedang bikin ulang pesawatnya, saya kecilkan ukurannya 90% tapi saya pertahankan besar sayapnya.


Penyebabnya saya belum tau saya masih menduga2 sampe sekarang. Tapi kecurigaan ada di sistem torque rod yang saya bikin tidak sempurna
rod masih bisa melintir, jadi kurang rigid. Hasilnya aileronnya lembek, walau bisa gerak oleh servo tapi masih bisa didorong pake jari dan aileron itu bisa berubah sudut
apalagi sama angin.
Videonya
kronologi video
1. penerbangan pertama nose heavy banget, jadi pesawat kayak lumba2 waktu hand launched. Awalnya saya pake itungan CG yang stabilizer ikut dihitung namun di jam2 terakhir saya ubah jadi pakai hitungan CG yang flying wing, ternyata nose heavy sekali.
2. Ketika take off pesawat sangat liar, ga seperti pesawat saya yang lain, akhirnya setelah trimming sudah agak jinak, lalu saya turunkan untuk digeser baterenya ke belakang.
3. Penerbangan kedua, pesawat sudah lurus ga lumba2 lagi tapi rollnya masih galak.
4. Ketika belok saya lupa apa yang terjadi tapi terlihat pesawat menukik sambil rolling, dan kontrol aileron seperti ga respon.
perkembangan terakhir, saya sedang bikin ulang pesawatnya, saya kecilkan ukurannya 90% tapi saya pertahankan besar sayapnya.
- astulani
- Staff Sergeant
- Posts: 285
- Joined: 19 May 2014, 23:42
- Location: Banjarbaru,Kalsel
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
Crash:..
.
Crash....
tetap semangat.....Crash....1....tumbuh seribu....



Crash....
tetap semangat.....Crash....1....tumbuh seribu....


- julescrafter
- Chief Master Sergeant
- Posts: 768
- Joined: 08 Aug 2013, 10:24
- Location: Gandul Cinere
- Contact:
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
astulani wrote:
tetap semangat.....Crash....1....tumbuh seribu....![]()
siap om, udah reinkarnasi nih sekarang pake roda aja

ukuran diperkecil jadi 90% , tapi ukuran sayap tetep yang lama
jadinya semi-scale tapi ga kliatan.

- julescrafter
- Chief Master Sergeant
- Posts: 768
- Joined: 08 Aug 2013, 10:24
- Location: Gandul Cinere
- Contact:
Re: T45 Goshawk / BAe Hawk Pusher Jet 95 cm
progress terakhir : siap maiden lagi


