
Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
Pakde D'jai boleh tau settingan flaperon Katananya? saat penggunaan FLAP brapa persen down, trus elevatornya brapa persen down, apa throttle dimix juga? sukron.. 

- im-sad
- Airman First Class
- Posts: 63
- Joined: 26 Jun 2007, 22:24
- Location: Bukit Sentul/Sentul City
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
Maaf nyelonong masuk ya om. Tapi sepertinya ada kesalahpahaman antara Spoiler dan Spoileron.
Spoiler dan Spoileron sama2 terletak di atas wing dan gunanya untuk menghilangkan lift dari sayap. Namun penggunaannya beda.
Spoileron= SPOILer+ailERON
Spoiler itu fungsinya mengurangi lift tok. Jadi seperti pas kita naik pesawat terus landing, kan suka nongol ke atas spoilernya. Itu biar lift turun, drag naik dan landing bisa dalam jarak yang lebih pendek (Berat pesawat jadi tidak 1/2 melayang 1/2 meluncur di roda tapi seluruhnya membebani roda. Ini meningkatkan effectivitas rem ban.).
Kalau Spoileron prinsipnya sama, (mengurangi lift) namun ini selain digunakan untuk landing, digunakan juga untuk belok. Contohnya adalah b-52(kalo nga salah). Dengan mengurangi lift di satu sayap, otomatis sayap akan jatuh dong. Karena hanya 1 sayap saja yang jatuh maka pesawat mulai banking. Bahayanya adalah bila terlalu banyak lift yang hilang. Pesawat akan berguling dan susah sekali diluruskan lagi karena lift udah ilang terus dicoba belok lagi lift makin hilang.
Spoiler dan Spoileron sama2 terletak di atas wing dan gunanya untuk menghilangkan lift dari sayap. Namun penggunaannya beda.
Spoileron= SPOILer+ailERON
Spoiler itu fungsinya mengurangi lift tok. Jadi seperti pas kita naik pesawat terus landing, kan suka nongol ke atas spoilernya. Itu biar lift turun, drag naik dan landing bisa dalam jarak yang lebih pendek (Berat pesawat jadi tidak 1/2 melayang 1/2 meluncur di roda tapi seluruhnya membebani roda. Ini meningkatkan effectivitas rem ban.).
Kalau Spoileron prinsipnya sama, (mengurangi lift) namun ini selain digunakan untuk landing, digunakan juga untuk belok. Contohnya adalah b-52(kalo nga salah). Dengan mengurangi lift di satu sayap, otomatis sayap akan jatuh dong. Karena hanya 1 sayap saja yang jatuh maka pesawat mulai banking. Bahayanya adalah bila terlalu banyak lift yang hilang. Pesawat akan berguling dan susah sekali diluruskan lagi karena lift udah ilang terus dicoba belok lagi lift makin hilang.
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
sy jg msh binun.....
flap...aile= down x elev up
klo air brake.....
= aile down x elev down ato aile up x elev up
mkn binun
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
klo air brake.....



](./images/smilies/eusa_wall.gif)
- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re:
TrexZation wrote:Pak Jai, sy kemaren coba di REFLEX dgn pswt yg ada flaps. Kenapa itu pswt cuman pake DOWN flap saja tanpa ada UP elevator yah? Apakah flaps itu cukup hanya dgn DOWN elevator saja?
Waktu hari minggu sy jg dah coba di pesawat beneran, tp posisi tinggi di atas. Hasilnya memang pesawat menjadi pelan bila flaps di aktif kan (setting nya ailerons down 20% elevator up 5%) Cuman sy belon berani pake buat landing. Berhubung agin agak kencang sy jd keder sendiri akhirnya landing biasa saja.
Sy jadi bingung antara tetap dibantu oleh elevator ato nggak sebaiknya?
Nambahin dikit aja ya om....
Yang dijelasin sama om2 yg sebelumnya betul, tapi kadang karakter pesawat model itu lain2.
Ada pesawat yg naik apabila flap di aktivkan, makanya pilot harus mengkoreksi posisi itu dengan elevator. Tapi ada juga pesawat yg ga naik walau flap di aktivkan (contohnya di simulator).
Kalau ada program delay (bergerak lambat) lebih enak utk digunakan pada flap, jadi gerakan naik itu pesawat ga ngagetin.
Landing bisa pelan dan mulus.
Salam...
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
pro suhu Dhimas......... ini sy ad pertanyaan yg bkn binun.....
flap..................: aile down x elev up
klo air brake.......: aile down x elev down
ato air brake .....: aile up x elev up ..... mkn binun
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
ato air brake .....: aile up x elev down ....mkn binun kan sy....
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
flap..................: aile down x elev up

klo air brake.......: aile down x elev down
ato air brake .....: aile up x elev up ..... mkn binun

](./images/smilies/eusa_wall.gif)
ato air brake .....: aile up x elev down ....mkn binun kan sy....

- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
membantu jawab dengan bahas sesederhana mungkin deh.
Flap di beberapa pertentu bila di aktifkan, akan meningkatkan Angle of Attack. untuk mengcounter agar Angle of Attack tidak berubah, maka digunakan elevator (elevator down) untuk menjaga ketinggian pesawat.
seperti kata om dimas tadi bahwa tidak semua pesawat yang bila mengaktifkan flap lantas perlu elevator down. ini tergantung lagi ke karakter pesawatnya dan CoG nya. kalau memang begitu aktifin flap pesawat lantas mendongak terus, ya mau ga mau koreksi pake elevator. trus benar banget kata om dimas, bila perlu ada delay untuk memperlambat pergerakan flap biar ga terkejut.
airbrake / spoiler itu arahnya ke atas om, trus elevator ya tergantung keperluan, kalau dibuat elevator down, itu ya semata mata agar roda pesawt tetap descent dan tetap menjejak bumi setelah touch down
ini gambar airbrakes deployed (yang ke arah atas) dan flaps fully extended (yang kebawah)

jadi kesimpulannya = flaps / airbrakes / spoilers tidak ada hubungan nya dengan elevator. elevator semata mata menjaga AoA aja. flaps digunakan untuk mengurangi kecepatan, tapi meningkatkan lift. sedangkan airbrakes (digunakan di udara) untuk mengurangi kecepatan (misalnya pesawat udah hampir overspeed), kemudian spoilers (asal kata spoil = merusak) digunakan di darat yang fungsi nya menghancurkan gaya angkat.
semoga membantu
Flap di beberapa pertentu bila di aktifkan, akan meningkatkan Angle of Attack. untuk mengcounter agar Angle of Attack tidak berubah, maka digunakan elevator (elevator down) untuk menjaga ketinggian pesawat.
seperti kata om dimas tadi bahwa tidak semua pesawat yang bila mengaktifkan flap lantas perlu elevator down. ini tergantung lagi ke karakter pesawatnya dan CoG nya. kalau memang begitu aktifin flap pesawat lantas mendongak terus, ya mau ga mau koreksi pake elevator. trus benar banget kata om dimas, bila perlu ada delay untuk memperlambat pergerakan flap biar ga terkejut.
airbrake / spoiler itu arahnya ke atas om, trus elevator ya tergantung keperluan, kalau dibuat elevator down, itu ya semata mata agar roda pesawt tetap descent dan tetap menjejak bumi setelah touch down
ini gambar airbrakes deployed (yang ke arah atas) dan flaps fully extended (yang kebawah)

jadi kesimpulannya = flaps / airbrakes / spoilers tidak ada hubungan nya dengan elevator. elevator semata mata menjaga AoA aja. flaps digunakan untuk mengurangi kecepatan, tapi meningkatkan lift. sedangkan airbrakes (digunakan di udara) untuk mengurangi kecepatan (misalnya pesawat udah hampir overspeed), kemudian spoilers (asal kata spoil = merusak) digunakan di darat yang fungsi nya menghancurkan gaya angkat.
semoga membantu
- PoNkY1
- trainee
- Posts: 18
- Joined: 11 Jan 2009, 21:36
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
kalo pake delay channel atau servo berarti bisa dong kak dimas?
- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
PoNkY1 wrote:kalo pake delay channel atau servo berarti bisa dong kak dimas?
maksud gimana ponk, ...... pake delay channel atau servo...... ?
Salam...
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
Kalo radio canggih yg ch9 ke atas mungkin udah ada build in delay flap servo, nah kal yg radio² yg gak ada gituan mesti ditambah rangkaian "servo rate reducer" dari output receiver ke servo..
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
dino wrote:pro suhu Dhimas......... ini sy ad pertanyaan yg bkn binun.....![]()
![]()
![]()
1. flap..................: aile down x elev up
2. klo air brake.......: aile down x elev down
3. ato air brake .....: aile up x elev up ..... mkn binun![]()
4. ato air brake .....: aile up x elev down ....mkn binun kan sy....
waktu ikut groun dschool dulu..(ampun,.,maksudnya sekolahnya beralas tanah alias kagak pake keramik atawa semen....

dari mulain nomer satu sampe 4 kagak ada tuh
1. Flap ..ya flap , terpisah dari aileron, difungsikan ya geraknya cuma kebawah, dg sudut yg diatur sesuai keperluan ( berat pesawat dan panjang landasan)
2. Airbrake , bukan kombinasi dari aileron down dan elevator up ( lah yg namanya aileron itu kan gerak kiri sama kanan gak sama, satu keatas satu kebawah, utk kontrol roll, kalo down itu pasti cuman salah satu ajah, kaag dua2nya.

3. idem sama nomer 2
4. idem ama nomer 2
saya juga jadi tambah bingung..
