Page 3 of 4
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 01 Jun 2010, 20:47
by iwan21
dulbehek wrote:bukan ga pressisi suhu
tapi beda filosofi sama barat
Perbedaan filosofi mesin perang Russia dan Barat;
Russia : Maintenance by replacement.
Barat : Maintenance by repair.
jadi denger2 karena SDM disana rada2 ngawur jadi dibikin kayak gitu biar lebih cepet terbang lagi klo ada kerusakan
tapi ini sebab dulu pesawat2 kita waktu jaman pak karno ga bisa terbang lagi setelah di embargo sama soviet
itu karena teknologi saat itu (era 60-an ) belum seperti sekarang ,dimana umur pakai partnya memang pendek.
kalo sekarang teknologi rusia udah lebih baik, hampir setara dg barat kok ( umur pakai mesin2 Lyulka Saturn contohnya, yg dipake seri Flanker, udah lumayan panjang dibanding mesin2 generasi Tumansky yg dipake Mig-21 kebawah)
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 01 Jun 2010, 23:42
by rachmatjeny
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 08:26
by iwan21
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 10:08
by dulbehek
ayo suhu mulai bikin daku sebagai nubitot jember jadi suporter
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 10:09
by iwan21
dulbehek wrote:ayo suhu mulai bikin daku sebagai nubitot jember jadi suporter
saya belom mampu om, masih pemula..

Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 10:37
by dulbehek
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 14:32
by iwan21
bang Joun tuh yg suhu dg segudang ide, kalo saya pas mentok gak ada ide ya udah..brenti langsung..

.
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 14:36
by rachmatjeny
rasanya gak mungkin para suhu di sini gak bisa bikin

(kompor on:)
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 14:40
by iwan21
masih ngeri bikinnya, liat luasan sayapnya yg kecil gitu ( high wingloading, gak cocok buat saya yg sukanya slow flyer doang, tanda2 masih pemula...)
Re: PAKFA sang RAPTORSKY rusia
Posted: 02 Jun 2010, 21:05
by KBSantoso
iwan21 wrote:masih ngeri bikinnya, liat luasan sayapnya yg kecil gitu ( high wingloading, gak cocok buat saya yg sukanya slow flyer doang, tanda2 masih pemula...)
Suhu Iwan,kalo dilihat dari bentuknya, pesawat ini fuselagenya juga bisa menghasilkan "lift" , karena di tengah-tengah antara 2 "tabung" mesin ada bidang yang bentuknya bisa disetarakan dengan airfoil. Jadi wingloading-nya ditambah dengan fuselage-loading jadi ga terlalu gede. Ini cuma teori saya, karena banyak lihat video model F-22, Flanker yang bisa diajak terbang lambat dengan AOA agak besar.