Page 3 of 5
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 08:32
by iwan21
Mau dibangunkan lagi bang, dari tidur panjangnya, dg SUN-fix tentunya..
ini wingnya saat ini, kondisi cover robek2


ada spar yg patah, gak tau kena apa an

Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 08:40
by iwan21
spar di tambal, juga disiapkan penguat utk aileron ( aslinya tanpa aileron)

aileron dipotong

utk aileron pushrod, disiapkan jalurnya lewat dalem, jadi bersih


cover atas ditempel

selesai disetrika, dah kenceng tanpa kerutan

bagian bawah juga udah dicover


setelah kelar, ketawa sendiri, atas pake yg kuning bawah pake yg oranye, padahal awalnya atas mau oranye bawah kuning..( maklum udah malem, jadi kagak sinkron hihihihihhii)
tinggal bikin Fin, Stabilo dan body baru aja ( mau dibikin baru semua, dah lama gak motong2 balsa , kangen juga

) , moga2 besok Sabtu ada waktu luang..
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 08:43
by iwan21
oh iya, berat cover Sun-fix ini utk ukuran sayap segitu, beratnya 25 gr ( masih wajar lah, sebab berat sayapnya tanpa cover 75 gr, jadi total sekarang 100 gr berat sayapnya)
menghayalnya mau bikin semirip mungkin sama aslinya


Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 09:42
by wasiardhi
mang taft...
sekalian tanya mr. roji: kenapa kalo saya perhatikan , modeller selalu yg dibuat wing dulu? kalo saya lebih senang buat fuse dulu...

Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 09:44
by iwan21
wasiardhi wrote:mang taft...
sekalian tanya mr. roji: kenapa kalo saya perhatikan , modeller selalu yg dibuat wing dulu? kalo saya lebih senang buat fuse dulu...

Wing bagian paling kritis buat saya, kao body si gampang
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 09:45
by didin
iwan21 wrote:wasiardhi wrote:mang taft...
sekalian tanya mr. roji: kenapa kalo saya perhatikan , modeller selalu yg dibuat wing dulu? kalo saya lebih senang buat fuse dulu...

Wing bagian paling kritis buat saya, kao body si gampang
Setuju dengan Pak Iwan....Sayap menentukan karakter terbang pesawat....
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 09:46
by Dhonijember
wasiardhi wrote:mang taft...
sekalian tanya mr. roji: kenapa kalo saya perhatikan , modeller selalu yg dibuat wing dulu? kalo saya lebih senang buat fuse dulu...

kalo ane wing dulu
fuse kemudian
alasannya:
bisa nentukan ukuran pemotongan untuk tempat wing nanti.
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 09:48
by iwan21
Sip, selain itu pekerjaan paling ruwet ya di wing, bayangain aja motong rib sebanyak itu dan harus presisi (gak boleh asal)..makanya jadi prioritas utama pengerjan wing
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 10:00
by wasiardhi
apakah karena wing yg saya buat masih di level: w/o aileron, jadi selama ini saya bikin sayap guppy dan slow flyer saya rasa masih gampang2 saja...tapi kalo covering sayap guppy...ampunnnn...susah bngt.
Re: Aeronca L-3 (elektrik park flyer)
Posted: 30 Jul 2010, 10:48
by jitu indra timur
kalau begini saya jadi ingat Pak Budi dengan Glider pelanginnya. sampai sekarang Bukunya " merancang membuat dan menerbangkan Glider" masih menjadi acuan saya hingga hari ini.