Break in pada Engine baru.
Moderator: sudjai sarmo
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Kertas penyaring bisa didapat di toko bahan kimia, kapur gamping betul yang dipakai untuk ngecat tembok zaman dulu tetapi itu kan sudah hancur dan berupa bubuk kayak tepung, Anda cari yang masih berupa bongkahan batu kapur yang baru dibakar kemudian dipecah kecil2 lalu dimasukkan ke methanol yang mau dimurnikan. Jadi kapurnya jangan yang sudah bercampur air karena nanti penyerapanya tidak maksimal.
- wa2n
- Technical Sergeant
- Posts: 341
- Joined: 17 Feb 2007, 13:23
- Location: Banjarbaru (KalSel)
- Contact:
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 992
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
JetFlyer wrote:...Break-In ABC, harus langusung dioperate di "proper operating" temperature.
Hello Pak Nick,
Wah saya jadi inget...
Ya saya pernah mengalami kejadian ngerusakin engine.
Mungkin kebiasaan dulu2 engine ringed piston semua, atau Non ABC.
Saya break-in engine ABC dengan cara Full Throttle, Low RPM dengan membuka Needle se Rich mungkin...
Jadi mendekati idle (3000an Rpm).
Akibatnya fatal, umurnya ndak lama..., kompresi menurun.
Sudah 3 engine ABC saya korban.
Jadi bener untuk engine jenis ABC, justru harus High RPM (tapi tidak sampai Lean)..., supaya, ya itu dia.., tercapai Operating Temp.
Sebab memang ABC itu silindernya mengecil diatas kan?
Dan nentuin engine ABC atau bukan, waktu masih baru coba diputer.., pasti susah/seret, tidak se lancar Ringed atau Non ABC (Lapped).
Ya ada juga engine yg ndak pakai Ring, tapi bukan ABC...(Not tight on Top)...
@Pak Ja'i
Naaah ini dia, kalo Yin Yang atau Taifun Jr saya, ndak pakai ring tapi bukan ABC ya...
He he, pakai Ether.... (hari gini apa masi ada ya?).
Just my Rp.50
- nedi
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 30 Mar 2007, 17:51
- Location: Cibinong, BOGOR
- Contact:
setelah membaca keterangan dari pak dja'i , jadi sudah jelas kenapa engine saya tidak stabil putarannya dan kadang2 mati kalau menggunakan fuel oplosan methanol + minyak jarak dengan perbandingan 4 :1 yang bahannya saya beli di toko kimia. rupanya kadar air yang berlebihan ya pak.
trims atas infonya.
trims atas infonya.
- scratcher
- Airman First Class
- Posts: 95
- Joined: 22 Jan 2007, 13:15
- Location: Banten
Pengalaman saya...
Kualitas metanol juga bisa dilihat dari warnanya setelah kita oplos dgn castor. kalau metanolnya bagus, warna ke-kuning2an (yg berasal dari castor) akan bertahan lama berminggu-minggu, sementara kalau jelek (banyak air?) seminggu saja sudah berubah kecoklatan. Yg begini ni biasanya bikin mesin suka ngadat /nyendat2 kalau idle...
Perubahan warna juga bisa karena fuel bekas yg nggak habis saat terbang dikembalikan lagi ke galon. fuel bekas jelas sudah tercemar air karena udara yg terhisap jelas mengandung uap air ...
Kualitas metanol juga bisa dilihat dari warnanya setelah kita oplos dgn castor. kalau metanolnya bagus, warna ke-kuning2an (yg berasal dari castor) akan bertahan lama berminggu-minggu, sementara kalau jelek (banyak air?) seminggu saja sudah berubah kecoklatan. Yg begini ni biasanya bikin mesin suka ngadat /nyendat2 kalau idle...
Perubahan warna juga bisa karena fuel bekas yg nggak habis saat terbang dikembalikan lagi ke galon. fuel bekas jelas sudah tercemar air karena udara yg terhisap jelas mengandung uap air ...
- Olland
- trainee
- Posts: 22
- Joined: 22 Feb 2007, 22:33
- Location: Kota Jayapura-Papua
- Contact:
- e12ry
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 06 May 2007, 20:05
- Location: -Earth-
menurut yg aku baca.... dan yg aku praktekan di heli ku.....
1. run rich...... 1,5-2 putaran low needle....
2. di kasih beban tapi jangan banyak2....
3. low rpm.... jangan di geber dulu....
4. proses break in harus melalui proses panas dingin....(bukan demam hehehe) alias.... hover bentar.... biar sedikit anget.... trus turunin biarin idle...... trus hover bentar.... biar sedikit anget.... trus turunin biarin idle.....
Kalo mau di leanin.....
cek back platenya..... sehabis di terbangkan...... pake sensor jari aja.... murah hehehehe....
kalo suara hati..... bilang kok dingin kaya mayat ya.... di lean kan sedikit..... kalo anget2 *** ayam.... berarti sudah ok..... kalo.... WAAADOOOWWWW..... PANAS SEKALI..... berarti terlalu lean.....
Ada yg mau menambahkan.....?? monggo...... hehehe =)
Semoga membantu...
1. run rich...... 1,5-2 putaran low needle....
2. di kasih beban tapi jangan banyak2....
3. low rpm.... jangan di geber dulu....
4. proses break in harus melalui proses panas dingin....(bukan demam hehehe) alias.... hover bentar.... biar sedikit anget.... trus turunin biarin idle...... trus hover bentar.... biar sedikit anget.... trus turunin biarin idle.....
Kalo mau di leanin.....
cek back platenya..... sehabis di terbangkan...... pake sensor jari aja.... murah hehehehe....
kalo suara hati..... bilang kok dingin kaya mayat ya.... di lean kan sedikit..... kalo anget2 *** ayam.... berarti sudah ok..... kalo.... WAAADOOOWWWW..... PANAS SEKALI..... berarti terlalu lean.....
Ada yg mau menambahkan.....?? monggo...... hehehe =)
Semoga membantu...
- spyspeed
- Posts: 1
- Joined: 24 May 2008, 18:07
- Location: Pekalongan
Saya baru ngebuka treat Breakin Engine ini.. dan cuman mo nambahin info aj...
Untuk ngebedain engine Ringed dan ABC
-Ringed engine pada bagian pistonnya ad semacam ring buat menjaga agar mesin ad kompresinya (pd waktu mesin dingin pun kompresi tidak terasa seret)
-ABC atau kepanjangan dari A=Aluminum B=Brass C=Chrom (Pistonnya Aluminum,Sili dernya Brass,Linnernya lapisan Chrom) rata2 engine ABC pd waktu engine dingin piston susah diputar/seret diatasnya..
Ini pengalaman saya di engine R/C Car yg rata2 pake engine ABC, ada juga yg ABN (Aluminum Brass Nickel) dan AAC (Aluminum Aluminum Nickel) dsb..
(Pak Dja'i mohon koreksi barangkali info saya ad yg salah..)
Untuk ngebedain engine Ringed dan ABC
-Ringed engine pada bagian pistonnya ad semacam ring buat menjaga agar mesin ad kompresinya (pd waktu mesin dingin pun kompresi tidak terasa seret)
-ABC atau kepanjangan dari A=Aluminum B=Brass C=Chrom (Pistonnya Aluminum,Sili dernya Brass,Linnernya lapisan Chrom) rata2 engine ABC pd waktu engine dingin piston susah diputar/seret diatasnya..
Ini pengalaman saya di engine R/C Car yg rata2 pake engine ABC, ada juga yg ABN (Aluminum Brass Nickel) dan AAC (Aluminum Aluminum Nickel) dsb..
(Pak Dja'i mohon koreksi barangkali info saya ad yg salah..)
- dino
- Major
- Posts: 1793
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
bang jai... maaf ngerepotin... mau nanya newbe...
temp kerja engine abc full thot... dan idle nya berapa derajat celcius mohon pencerahan.....
reg dino
temp kerja engine abc full thot... dan idle nya berapa derajat celcius mohon pencerahan.....
reg dino