DIMAS wrote:Mohon ijin om moderator (om su-31) dan senior2 yang lain, juga mohon koreksi/penyempurnaan kalau ada salah...
Penyetelan CG :
- Throtle ditutup, elevator 0, maka pesawat harus glide (meluncur) dengan dengan lurus.
- Kalau pesawat naik (up) maka pesawat kurang berat depan.
- Saya lebih suka sedikit berat depan, saat glide cenderung menukik sedikit.
- Terbang inverted denga throtle utk terbang normal (elevator 0), pesawat juga harus terbang lurus.
- Atur CG sampai bisa terbang yg dimaksud.
Penyetelan Right Thrust :
- Pesawat diterbangkan vertikal ke atas (climb up), throtle diatur supaya pesawat bisa naik terus.
- Rudder 0, pesawat harus naik dengan lurus, tidak belok ke kanan atau kekiri.
- Kalau pesawat ke kiri, right thrust perlu ditambah, begitu sebaliknya.
Penyetelan incident (di sayap atau di elevator) :
- Pesawat diterbangkan miring (knife edge), throtle harus dijaga supaya pesawat tidak turun.
- Kalau pesawat bergerak ke arah landing gear (belly in), incident harus ditambah.
- Kalau pesawat bergerak ke arah canopy (belly out), incident harus dikurangi.
Besok lanjut lagi ya, salam...
Dim mau tanya bagaimana caranya menambah right thurst atau sebaliknya?
kemudian yg di maksud incident itu apa ya trus bagaimana pula caranya mengurangi atau menambahnya?