TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
sony
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 219
Joined: 08 Jul 2007, 06:05

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by sony »

DIMAS wrote:Mohon ijin om moderator (om su-31) dan senior2 yang lain, juga mohon koreksi/penyempurnaan kalau ada salah...

Penyetelan CG :
- Throtle ditutup, elevator 0, maka pesawat harus glide (meluncur) dengan dengan lurus.
- Kalau pesawat naik (up) maka pesawat kurang berat depan.
- Saya lebih suka sedikit berat depan, saat glide cenderung menukik sedikit.

- Terbang inverted denga throtle utk terbang normal (elevator 0), pesawat juga harus terbang lurus.
- Atur CG sampai bisa terbang yg dimaksud.

Penyetelan Right Thrust :
- Pesawat diterbangkan vertikal ke atas (climb up), throtle diatur supaya pesawat bisa naik terus.
- Rudder 0, pesawat harus naik dengan lurus, tidak belok ke kanan atau kekiri.
- Kalau pesawat ke kiri, right thrust perlu ditambah, begitu sebaliknya.

Penyetelan incident (di sayap atau di elevator) :
- Pesawat diterbangkan miring (knife edge), throtle harus dijaga supaya pesawat tidak turun.
- Kalau pesawat bergerak ke arah landing gear (belly in), incident harus ditambah.
- Kalau pesawat bergerak ke arah canopy (belly out), incident harus dikurangi.

Besok lanjut lagi ya, salam...


Dim mau tanya bagaimana caranya menambah right thurst atau sebaliknya?
kemudian yg di maksud incident itu apa ya trus bagaimana pula caranya mengurangi atau menambahnya?
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

Istilah ini mungkin udah sering dibahas, tapi ga apa, diulang sedikit ga apa.
Kalau ada yang mau nambah silahkan ya .....

Right Thrust
- Sudut kemiringan mesin terhadap garis lurus pesawat dan elevator (dari atas).
- Bisa ditambah atau dikurang, dengan cara mengganjal dudukan mesin pada firewall.
- Untuk pesawat patern biasanya firewall sudah ada sudut kemiringan utk right thrust.

Incident :
- Sudut antara garis datum (garis hayal lurus disisi pesawat ) dengan airfoil wing atau elevator.
- Untuk pesawat patern biasanya sudah tersedia perangkat yang ada di wing atau elevator untuk penyetelan.
- Kalau tidak ada, maka dowl yg menentukan posisi sudut sayap harus disetting lagi.

Baru ketemu gambar maneuver untuk intermediate :
Image
Salam...
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by sahid »

wah asyik menyimak...tak terasa kopi jadi dingin... :shy

@ Cuan : Pesawatmu wis ok toh kayaknya setelanya sdh muantaff....tinggal latihan terus :plk
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

sahid wrote:wah asyik menyimak...tak terasa kopi jadi dingin... :shy

@ Cuan : Pesawatmu wis ok toh kayaknya setelanya sdh muantaff....tinggal latihan terus :plk


Salam untuk om-om di Pekan baru.
Salam...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

Area terbang juga harus diperhatikan :
Image
Ini adalah ketinggian areal terbang yang diharuskan.
- Diarea yang diarsir maka nilai gerakan yang kita laksanakan menjadi 0 (zero).
- Diarea merah maka nilai gerakan dikurangi.

Salam...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

[quote="sony]Dim mau tanya bagaimana caranya menambah right thurst atau sebaliknya?
kemudian yg di maksud incident itu apa ya trus bagaimana pula caranya mengurangi atau menambahnya?[/quote]

Kebetulan ketemu gambar untuk penjelasan Right Thrust yg dimaksud.
Image

Penyetelan tinggal tambah ring dibelakang mesin / dudukan mesin.
Salam...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

kula wrote:wah..point yg ini nich yg daku baru tau..
- Terbang inverted denga throtle utk terbang normal (elevator 0), pesawat juga harus terbang lurus.
- Atur CG sampai bisa terbang yg dimaksud.
td nya aku pikir semua pesawat kalo terbang invert selalu akan turun shg hrs selalu dikoreksi dgn elevator supaya tetap level.. ternyata bisa dibuat tetap level dgn pengaturan CG.
tengkiu Om Dimas.. bsk minggu lsg di coba dgn main2 di pengaturan CG.


Nambahin dikit aja nih...
Down Thrust juga bisa dicoba untuk disetel selain CG.
Efek yang sangat terasa dari apabila sudut down thrust kurang yaitu pesawat akan naik apabila ditambah throtle.

Image

Salam...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

Gambar ini menjelaskan yang dimaksud dengan :

Garis datum :
Image

Sudut Incidence :
Image

Salam...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by DIMAS »

Jarak terbang ke KIRI dan ke KANAN bisa dilihat di bawah ini :
Image

Semakin jauh kita terbang, maka panjang area terbang juga bertambah, tapi kalau terlalu jauh pesawat juga jadi kecil.
Gambar di atas untuk heli, tapi sama juga untuk pesawat.
Yaitu 120 derajat di kiri dan kanan dari posisi juri yang digambar no. 1, 2, 3, 4, 5
Salam...
User avatar
cuan88
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 84
Joined: 07 Apr 2009, 17:28

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Post by cuan88 »

:thx :thx, ya dim infonya.
Post Reply