irsansaputra wrote:Kalo cara saya ngetes Main Shaft lebih repot dan riskan, tapi jauh lebih presisi. Rotor Head seluruhnya dilepas hingga Swashplate nya, lalu sambil menyalakan motor Heli dengan RPM yang tak usah terlalu tinggi kemudian gunakan kuku jari kita untuk menyentuh bagian Shaft yang berputar. Jika pada Shaft ada bengkok sedikit saja maka kuku kita akan merasa terantuk/terbentur-bentur berulang2 pada shaft tsb. Jika shaft perfect maka kuku kita tetap tenang saja menyentuh perputaran Shaft tsb. Cara ini lebih riskan, namun bengkok sehalus apapun bisa terdeteksi. Prinsipnya sama seperti jika seseorang melakukan pekerjaan bubut, untuk mengetahui hasil bubut rapi atau tidak maka biasanya di Dial. Kalau di gelinding di kaca boleh juga, tapi kalo bengkoknya halus sulit setengah mati untuk mendeteksinya.
Salam..
Benar pak... memang kalau udah main shaftnya yang kena lebih baik ganti daripada beresiko... sebetulnya heli masih bisa terbang ya meskipun main shaft agak bengkok tapi getarannya itu yang gak nguati... bisa2 berpegnaruh pada keseluruhan fungsi mekanik heli...
irsansaputra wrote:Kalo cara saya ngetes Main Shaft lebih repot dan riskan, tapi jauh lebih presisi. Rotor Head seluruhnya dilepas hingga Swashplate nya, lalu sambil menyalakan motor Heli dengan RPM yang tak usah terlalu tinggi kemudian gunakan kuku jari kita untuk menyentuh bagian Shaft yang berputar. Jika pada Shaft ada bengkok sedikit saja maka kuku kita akan merasa terantuk/terbentur-bentur berulang2 pada shaft tsb. Jika shaft perfect maka kuku kita tetap tenang saja menyentuh perputaran Shaft tsb. Cara ini lebih riskan, namun bengkok sehalus apapun bisa terdeteksi. Prinsipnya sama seperti jika seseorang melakukan pekerjaan bubut, untuk mengetahui hasil bubut rapi atau tidak maka biasanya di Dial. Kalau di gelinding di kaca boleh juga, tapi kalo bengkoknya halus sulit setengah mati untuk mendeteksinya.
Salam..
Benar pak... memang kalau udah main shaftnya yang kena lebih baik ganti daripada beresiko... sebetulnya heli masih bisa terbang ya meskipun main shaft agak bengkok tapi getarannya itu yang gak nguati... bisa2 berpegnaruh pada keseluruhan fungsi mekanik heli...
Wah tehnik meluruskan main shaft om Aris patut di coba nih,tapi ini membutuhkan kesabaran. Tapi kalo kita lakukan pada heli Enggine yang pake hardened main shaft apa gak malah benjol2 nanti akhirnya
Syafik wrote:Benar pak... memang kalau udah main shaftnya yang kena lebih baik ganti daripada beresiko... sebetulnya heli masih bisa terbang ya meskipun main shaft agak bengkok tapi getarannya itu yang gak nguati... bisa2 berpegnaruh pada keseluruhan fungsi mekanik heli...
Wah tehnik meluruskan main shaft om Aris patut di coba nih,tapi ini membutuhkan kesabaran. Tapi kalo kita lakukan pada heli Enggine yang pake hardened main shaft apa gak malah benjol2 nanti akhirnya
Ya itu kan cuma salah satu cara ngetes (kalo menurut saya lebih presisi) kondisi Main Shaft. Bagaimanapun kalo bengkok mendingan ganti lah, ribet ngetok melulu kapan mainnya he..he.. Kalo Tail Boom bisa ngetok masih okelah, tapi rasanya sulit untuk ngetok Main Shaft dan Spindle. Lagipula di Engine ngetes dengan cara saya ngeri juga rasanya, lagian karena RPM Engine lebih rendah sehingga resiko vibrasi yang dihasilkan oleh Main Shaft relatif lebih kurang daripada heli electric yang notabene RPM Rotor Shaft nya lebih tinggi. Semakin tinggi RPM mesti semakin membutuhkan kesempurnaan yang lebih baik
Syafik wrote:Benar pak... memang kalau udah main shaftnya yang kena lebih baik ganti daripada beresiko... sebetulnya heli masih bisa terbang ya meskipun main shaft agak bengkok tapi getarannya itu yang gak nguati... bisa2 berpegnaruh pada keseluruhan fungsi mekanik heli...
Wah tehnik meluruskan main shaft om Aris patut di coba nih,tapi ini membutuhkan kesabaran. Tapi kalo kita lakukan pada heli Enggine yang pake hardened main shaft apa gak malah benjol2 nanti akhirnya
Ya itu kan cuma salah satu cara ngetes (kalo menurut saya lebih presisi) kondisi Main Shaft. Bagaimanapun kalo bengkok mendingan ganti lah, ribet ngetok melulu kapan mainnya he..he.. Kalo Tail Boom bisa ngetok masih okelah, tapi rasanya sulit untuk ngetok Main Shaft dan Spindle. Lagipula di Engine ngetes dengan cara saya ngeri juga rasanya, lagian karena RPM Engine lebih rendah sehingga resiko vibrasi yang dihasilkan oleh Main Shaft relatif lebih kurang daripada heli electric yang notabene RPM Rotor Shaft nya lebih tinggi. Semakin tinggi RPM mesti semakin membutuhkan kesempurnaan yang lebih baik
Pak Aris,
Kalo saya si..milih ketok aja...sekalian sambil ngetes kesabaran.. btw, ada bangkai tail boom lagi ga,Pak?...
Boleh ikutan gak? saya juga T-Rex Lover nih!
udah setahun lebih ini saya pake T-Rex, bukan versi yang "edan", tapi yang paling simple (kalo gak salah sih sekarang udah discontinued ya? hiks... ), yaitu versi XL. Gak ada yang dioption, semuanya standar, plastik. Tapi ya itu dia, ini heli "tangguh" banget. Saya dari belum bisa terbang, belajar hover pake Dragonfly DF4, begitu bisa hover, langsung pindah T-Rex.
Jumlah Blade, main-shaft & spindle yang udah dipake tak terhitung jumlahnya, tapi dari crash by crash itu, lama2 begitu udah bisa, wah, seru bener ya... Skrg banyak bgt barang2 baru yang sejenis (Belt CP, Mini Titan, dll), tapi saya belum "tergoyahkan" nih, masih tetep pake T-Rex, tapi sedikit "tergoyahkan" sama heli engine... hehehehehe.....
Tapi karena basicnya pake T-Rex, maenin heli engine jadi guampaaaaang banget! hehehehehe....
Dulu awal2 saya punya Trex XL yang CDE. Semuanya tidak ada yg diupgrade, dan memang heli ini paling enak di kelasnya. Puas banget maininnya.
Saking enaknya, saya sampe beli lagi Trex SE. Dan memang gak nyesel..
Sekarang lagi meracuni flyer lokal nih buat ikutan main Heli. Soalnya banyakan yg main fix wing sih..