Charles wrote:Kalau pake blade hely beneran apa bisa??? Saya lihat banyak hely Wasp milik TNI AL yg sudah grounded dan dijadikan monumen, seperti yang di depan gerbang Lanudal Juanda. Mungkin masih ada bladenya yang masih tersimpan di gudang, tinggal bagaimana melobby supaya bisa dapat itu blade.
Untuk Gyrocopter kita pake jenis Asymmetrical 8-H-12 airfoil, spt digambar jenis flat bottom, kalo diheli kebanyakan jenis yg symmetrical NACA 0012, Thank Pak Charles infonya....
ferry wrote:Untuk Gyrocopter kita pake jenis Asymmetrical 8-H-12 airfoil, spt digambar jenis flat bottom, kalo diheli kebanyakan jenis yg symmetrical NACA 0012, Thank Pak Charles infonya....
Kalau baca data yang ditulis diatas, ini sudah termasuk omongan pakar Aeronatica.
ferry wrote:Untuk Gyrocopter kita pake jenis Asymmetrical 8-H-12 airfoil, spt digambar jenis flat bottom, kalo diheli kebanyakan jenis yg symmetrical NACA 0012, Thank Pak Charles infonya....
Kalau baca data yang ditulis diatas, ini sudah termasuk omongan pakar Aeronatica.
....mantafff om ferry........,baikan kalo mo experimen nggabung saja dgn klub terbang / fasi , takutnya kalo nanti disita krn dianggap brg berbahaya . disemarang / ungaran tepatnya , ada temen yg suka experimen dgn wahana terbang , dia dah buat hovercraft bberapa jenis dan terakhir mo buat gyro / personal heli , masalahnya ya di "main blade" , mo coba pakai mainblade ex hughes 300 yg dipotong (resize), tapi gagal krn kalo dipotong struktur blade jadi rusak (bahan titanium alloy). soal mesin , temen (lagi) dari solo pernah memasang mesin yamaha rx king di pesawat (sayap / wing) gontole tapi gagal krn under power. kalo perlu ntar saya PM no telp temen di ungaran.
eja wrote:dahsyat om... btw layangannya keren juga ya
Halo Om Eja,....pa kabar?....
kabar baik2 sajo om... lama ga ketemu, tiba2 muncul dengan ide yang luar biasa ini.. saya naksir banget tuh ama layangannya, ada tutorial bikinnya nggak ya
NF wrote::ok ....mantafff om ferry........,baikan kalo mo experimen nggabung saja dgn klub terbang / fasi , takutnya kalo nanti disita krn dianggap brg berbahaya . disemarang / ungaran tepatnya , ada temen yg suka experimen dgn wahana terbang , dia dah buat hovercraft bberapa jenis dan terakhir mo buat gyro / personal heli , masalahnya ya di "main blade" , mo coba pakai mainblade ex hughes 300 yg dipotong (resize), tapi gagal krn kalo dipotong struktur blade jadi rusak (bahan titanium alloy). soal mesin , temen (lagi) dari solo pernah memasang mesin yamaha rx king di pesawat (sayap / wing) gontole tapi gagal krn under power. kalo perlu ntar saya PM no telp temen di ungaran.
Terimakasih Pak Cip (Om NF) saran yang bagus, iya pak kayaknya kalo sendiri jg bikinnya berat, kalo banyakan bisa sharing bareng dengan teman-teman seide, sy mau coba hubungi teman2 komunitas disekitar Surabaya siapa tau dapat ide2 segar utk kemajuan bersama, appreciate buat teman yang sudah mencoba walaupun belum berhasil paling tidak bisa belajar dari kekurangan waktu dilapangan untuk mesin kita butuh antara 40~70 HP inipun jg belum nemu kok pak, target blade tersedia bisa towing dan muluk sdh happy,....boleh pak PMnya buat tambah teman diskusi tks,....@Om Eja utk layangan gak punya tutorialnya om,.....tapi secara prinsip sama.....
ferry wrote: Beberapa video yg saya temui ada yg pake mesin suzuki, yamaha dll, mungkin ada modif disisi carburator kita gak tau, kalo pake standart aircraft spt Rotax harganya mahal banget, yg perlu dipelajari seberapa miring gyrocopter dalam bermanuver krn jenis ini tdk banyak untuk keperluan aerobatik, loop, rool dll, dan saat posisi engine mati, kemungkinan masih bisa landing normal masih terbuka.....hehehe...tapi ngeri ach mudah2an gak sampe kejadian engine mati diudara
lha itu dia om ... mereka yg pake engine biasa tersebut, mengasumsikan pesawat nggak buat inverted, jadi nggak apa2 pake karbu biasa ... cuman kalau saya sih cari aman-nya aja soalnya miring 30 derajat saja itu karburator udah tinggal separuh permukaan bensinnya ... (sin 30 = 1/2)
@om charles : blade hely beneran terlalu berat pak. blade untuk gyroplane harus cukup ringan supaya mudah berputar walau angin nggak terlalu besar. @om ferry: coba konsultasi dg om wonodikromo yg ahli gyroplane tuh ... kalau perlu model untuk blade, saya punya yg versi r/c nya yg 3 blade dari HK lengkap dg head nya ...